Halo, Alan Lovers! Dalam dunia bisnis, menjaga konsistensi brand sangat penting untuk membangun citra perusahaan yang kuat dan mendapatkan awareness yang cepat. Oleh karena itu, brand guidelines menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh perusahaan besar di seluruh dunia.
Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa contoh brand guidelines dari perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia. Dengan mempelajari contoh-contoh ini, kita dapat memahami bagaimana perusahaan-perusahaan besar membangun brand identity mereka dan menjaga konsistensi merek melalui brand guidelines yang kuat.
1. Medium
Brand guidelines Medium dapat dilihat sangat sederhana. Mereka menekankan penggunaan logo, wordmark, dan simbolnya. Logo Medium adalah elemen grafis utama brand dan dibuat untuk terasa “percaya diri, premium, abadi, dan modern”.
2. Walmart
Walmart adalah salah satu brand terbesar dan paling dikenal di dunia, sehingga tidak mengherankan jika panduan mereknya sangat lengkap.
Panduan tersebut mencakup logo, fotografi, tipografi, ilustrasi, ikonografi, suara, gaya editorial, dan lainnya. Palet warna Walmart sangat penting bagi identitas brand-nya sehingga warna utamanya disebut “Blue Walmart”.
3. Spotify
Brand guidelines Spotify terlihat sederhana dengan warna hijau, namun ada lebih dari sekedar lingkaran hijau limau. Palet warna Spotify terdiri dari tiga kode warna, sementara panduan branding perusahaan ini lebih fokus pada variasi logo.
Brand guidelines bahkan memungkinkan kalian untuk mengunduh versi ikon logo, sehingga lebih mudah menggambarkan perusahaan tanpa harus membuatnya secara manual.
4. Starbuck
Brand style guide interaktif milik Starbucks mencakup detail tentang cara menggunakan elemen inti seperti logo Siren ikonik dan palet warna hijau.
Selain itu, panduan ini menampilkan spektrum visual tentang bagaimana aset kreatif mereka dapat digunakan di berbagai tempat, serta case study di berbagai campaign dan peluncuran produk yang berbeda.
5. Paris 2024
Brand identity Paris 2024 menghormati Olimpiade 1924 melalui desain yang terinspirasi Art Deco. Pedoman merek yang dimilikinya menjelaskan secara detail tentang simbol emblematis, skema warna, jenis huruf, dan ikonografi yang digunakan.
Hal terbaik dari semuanya, para desainer telah menerapkan metode eco-branding pada bahan-bahan merek Paris 2024 untuk mengurangi jumlah tinta dan kertas yang dibutuhkan untuk bahan fisik, serta membatasi penggunaan daya dan data pada elemen digital.
6.TikTok
Brand guidelines TikTok bukan hanya sekadar panduan – tetapi sebuah brand book interaktif. Panduan ini memberikan gambaran mendalam tentang bagaimana merek ini dihidupkan melalui desain. Kemudian, memberikan ikhtisar tentang logo, co-branding, warna, dan tipografi. Pada intinya, TikTok adalah brand yang “merayakan energi, kreativitas, dan ekspresi yang tak kenal lelah dari penggunanya.”
7. Netflix
Dalam hal aset brand publiknya, Netflix fokus terutama pada treatment terhadap logonya. Perusahaan ini menawarkan seperangkat aturan sederhana yang mengatur ukuran, spasi, dan penempatan tipe huruf kapital yang terkenal, serta satu kode warna untuk logo merah klasiknya.
Bagi kalian yang tertarik untuk mendapatkan artikel unik lainnya, ikuti terus Alan Creative. Bukan hanya artikel unik, tetapi kalian juga bisa mendapatkan artikel informatif seputar teknologi hingga digital marketing. Lalu, jika kalian tertarik untuk mengembangkan brand tapi bingung gimana caranya? Jangan khawatir, Alan Creative hadir untuk membantu menyelesaikan masalah kalian. Kami menyediakan layanan branding kit dengan profesional. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan penawaran terbaik!