fbpx
7 Fungsi Database Dalam Pengembangan Aplikasi (Sumber: Unsplash)

7 Fungsi Database Dalam Pengembangan Aplikasi

Halo, Alan Lovers! Beberapa fungsi database berikut ini wajib untuk Anda ketahui. Pasalnya, database memiliki peranan penting dalam pengembangan aplikasi.

Sebagai contoh, ketika Anda menggunakan aplikasi seperti sistem manajemen keuangan, sistem manajemen penjualan, hingga sistem manajemen inventaris, semua data diolah dan disimpan dalam database.

Lantas, apa saja fungsi database lainnya? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas ya, Alan Lovers!

Baca Juga: Keunggulan Amazon RDS, Lebih Efisien dari Self Hosting?

Apa itu Database?


7 Fungsi Database Dalam Pengembangan Aplikasi (Sumber: Unsplash)
7 Fungsi Database Dalam Pengembangan Aplikasi (Sumber: Unsplash)

Secara singkat, database merupakan kumpulan data yang terstruktur dan terorganisasi dengan baik, disimpan dalam perangkat penyimpanan, dan dapat diakses, dikelola, serta dimanipulasi menggunakan DBMS (Database Managaement System).

Lebih lanjut, Database juga memiliki peran agar aplikasi dapat mengakses dan mengolah data dengan mudah menggunakan bahasa query. Sehingga, seluruh data yang dibutuhkan dapat tersedia lebih mudah, cepat, dan efektif.

7 Fungsi Database

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, berikut adalah beberapa fungsi database yang wajib untuk Anda ketahui:

Redudansi Data

Dengan adanya database, data akan terorganisasi secara secara tepat. Sehingga, menghindari adanya redudansi atau duplikasi data yang tidak diinginkan.

Biasanya, DBMS akan memberikan notifikasi kepada pengelola database apabila kemungkinan redudansi data terjadi.

Integrasi Data

Lebih lanjut, database juga akan mengumpulkan seluruh data yang ada dan disimpan kedalam satu tempat. Hal ini memungkinkan data dari berbagai aplikasi atau website dapat digunakan secara bersamaan.

Keamanan Data

Sistem keamanan yang diterapkan oleh database memungkinkan agar data sensitif hanya bisa diakses oleh pengguna. Nantinya, database hanya akan memberikan otorisasi dan hak akses terhadap pengguna tertentu agar terhindar dari tindak kejahatan cyber.

Pengindeksan Data

Selain itu, database juga memungkinkan agar data yang disimpan bisa diidentifikasi dengan mudah melalui pengelompokan data atau filtering.

Dengan begitu, data bisa ditemukan dengan mudah sesuai dengan pengelompokan yang sudah dibuat sebelumnya.

Skalabilitas

Database memungkinkan skala yang luas, sehingga dapat menangani jumlah data yang besar dan pertumbuhan yang cepat.

Pemulihan Data

Selain mengumpulkan data, database juga menyediakan fitur untuk mencadangkan dan memulihkan data. Dengan begitu, data yang hilang atau diretas nantinya akan mudah ditemukan.

Hemat Biaya

Dengan sistem yang terpusat, database membuat Anda tidak harus melakukan pengeluaran lebih untuk tempat penyimpanan lainnya. Cukup satu server, data sudah tersimpan sesuai dengan kebutuhan.

Kesimpulan

Dengan fungsi yang telah disebutkan di atas, database menjadi salah satu komponen terpenting dalam suatu pengembangan aplikasi. Terlebih lagi, database membuat data dapat diakses dengan cepat, mudah dan relevan.

Butuh layanan pembuatan website secara profesional untuk kebutuhan bisnis? Alan Creative bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Dengan jaminan support dan pemeliharaan, Alan Creative siap mewujudkan website impian Anda! Tunggu apa lagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

link berkualitas

Membangun Link Berkualitas

Hi Alan Lovers, tautan berkualitas memainkan peran penting dalam optimasi mesin pencari dan meningkatkan visibilitas situs web. Dalam artikel ini, kita akan membahas strategi dan

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative