fbpx
iStock-539468564

Apa Itu Marketing Mix?

Halo, Alan Lovers! Siapa yang mau bangun atau ngembangin bisnis? Kayaknya sekarang ini banyak orang yang tertarik untuk bangun bisnis ya? Itu pertanda bagus lho, karena salah satu indikator negara maju adalah memiliki 14% pelaku entrepreneur dari total populasi. Kamu pasti bisa jadi salah satunya!

Tapi, sebelum mulai bisnis, kamu perlu tau dulu berbagai konsep penting yang bakal bantu kamu bangung bisnis. Salah satunya adalah marketing mix. Apa itu marketing mix? Apa pentingnya buat bisnis? Yuk simak terus artikel ini!

Apa Itu Marketing Mix?

Marketing mix atau bauran pemasaran adalah sekumpulan variabel pemasaran yang digunakan untuk meraih tujuan bisnis. Pada dasarnya, ada empat elemen yang ada di dalam marketing mix:

  • Product – Apakah kualitas produk sesuai dengan kebutuhan target pasar?
  • Price – Apakah harga produknya bisa dijangkau oleh calon pembeli?
  • Place – Apakah pembeli bisa mengakses dan menemukan produknya dengan mudah?
  • Promotion – Apakah produknya sudah dipromosikan dengan baik?

Dengan berkembangnya konsep tersebut, marketing mix kini dikenal tidak hanya 4P, tetapi juga 7P. Dengan kata lain, ada tujuh variabel dalam bauran pemasaran. Tiga variabel baru tersebut adalah physical evidence (bagaimana produk dikemas), people (yang membuat produk), dan process (bagaimana produk dibuat).

Kunci Penting:

  • Marketing mix sering mengacu pada 4P E. Jerome McCarthy: product, price, place, dan promotion.
  • Berbagai elemen marketing mix bekerja bersama satu sama lain.
  • Marketing mix yang berpusat pada konsumen menggabungkan fokus pada pelanggan ke dalam pendekatan mereka.

Fungsi Marketing Mix

Produk yang bagus saja tidak cukup. Kamu memerlukan strategi pemasaran yang efektif untuk membuat orang mengetahui produkmu dan manfaat yang bisa mereka dapatkan darinya.

Nah, tugas marketing mix adalah membantu dalam merumuskan strategi pemasaran yang efektif. Dengan cara ini kamu dapat mengkomunikasikan produk ke target pasar yang tepat dan dengan pesan yang tepat.

Selain itu, salah satu penyebab utama kebangkrutan perusahaan biasanya adalah kegagalan memasarkan produknya. Jadi, dengan memahami konsep ini, pemilik bisnis akan lebih memahami apa yang mereka butuhkan untuk memasarkan produknya. 

Jika bingung untuk melakukan pemasaran, saat ini sudah banyak pihak penyedia jasa pemasaran. Salah satunya adalah Alan Creative. Kami sudah berdiri lebih dari 7 tahun dan dipercaya oleh berbagai klien mulai dari UMKM, korporasi, hingga instansi pemerintahan dan kementerian. Kami menyediakan layanan branding kit yang dapat membantu mengembangkan bisnis kamu.

Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan penawaran terbaik!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Cara Install Vue.js Dengan Mudah

Cara Install Vue.js Dengan Mudah

Halo, Alan Lovers! Kamu developer front end dan tertarik untuk menggunakan Vue.js? Gak heran sih, soalnya Vue.js emang jadi salah satu framework pilihan terbaik untuk

Apa Itu Marketing Mix?

Halo, Alan Lovers! Siapa yang mau bangun atau ngembangin bisnis? Kayaknya sekarang ini banyak orang yang tertarik untuk bangun bisnis ya? Itu pertanda bagus lho,

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative