fbpx
amazon web services

Kenapa Klikdokter Menggunakan Teknologi Amazon Web Services

Hi Alan Lovers, Klikdokter adalah sebuah platform digital yang menyediakan layanan kesehatan dan informasi medis secara online. Sedangkan Amazon Web Services (AWS) adalah sebuah layanan cloud computing dari Amazon yang menyediakan infrastruktur IT seperti server, penyimpanan data, dan layanan aplikasi.

Lalu, kenapa Klikdokter memilih Cloud Service ini, bagaimana penerapannya untuk platform ini sehingga memberikan keuntungan untuk Klikdokter. Simak artikel berikut ini.

Kenapa Klikdokter memilih AWS

Klikdokter memilih teknologi Amazon Web Services (AWS) sebagai infrastruktur IT mereka karena beberapa alasan, antara lain:

Keandalan

AWS dikenal memiliki performa yang sangat handal dan stabil. AWS memiliki beberapa data center di seluruh dunia, sehingga memastikan website Klikdokter tetap berjalan dengan baik dan minim downtime. Selain itu, AWS juga menyediakan layanan otomatis untuk pemantauan dan manajemen sistem yang memungkinkan tim Klikdokter untuk mendeteksi masalah dan mengatasi masalah dengan cepat.

Skalabilitas

AWS memungkinkan Klikdokter untuk meningkatkan atau menurunkan kapasitas layanan mereka sesuai dengan kebutuhan bisnis. Dengan fitur autoscaling, Klikdokter dapat menambah atau mengurangi jumlah server secara otomatis tergantung pada permintaan dari pengguna, sehingga website Klikdokter dapat menangani lonjakan pengunjung tanpa gangguan.

Keamanan

AWS memiliki banyak fitur keamanan yang membantu melindungi data pengguna dan infrastruktur Klikdokter. Beberapa fitur keamanan AWS meliputi firewalls, enkripsi, pengelolaan akses, dan pengelolaan identitas. Hal ini memberikan jaminan bagi Klikdokter bahwa data pengguna aman dan terlindungi.

Biaya yang efisien

AWS menyediakan layanan berbasis pay-as-you-go, artinya Klikdokter hanya membayar untuk layanan yang mereka gunakan, sehingga mereka dapat menghemat biaya operasional. Selain itu, dengan menggunakan AWS, Klikdokter tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk infrastruktur IT yang harus mereka bangun sendiri, sehingga mereka dapat fokus pada pengembangan produk dan layanan mereka.

Penerapan AWS di Klikdokter

Klikdokter menggunakan berbagai layanan dari Amazon Web Services (AWS) untuk membangun dan mengelola infrastruktur IT mereka. Beberapa layanan AWS yang digunakan oleh Klikdokter antara lain:

Amazon EC2 (Elastic Compute Cloud)

EC2 adalah layanan komputasi awan yang digunakan oleh Klikdokter untuk menjalankan aplikasi dan layanan web mereka. EC2 memungkinkan Klikdokter untuk menambah atau mengurangi kapasitas layanan mereka sesuai dengan permintaan pengguna.

Amazon RDS (Relational Database Service)

RDS adalah layanan manajemen database yang digunakan oleh Klikdokter untuk mengelola database mereka. RDS menyediakan skalabilitas dan keamanan yang diperlukan untuk menjaga integritas data pengguna.

Amazon S3 (Simple Storage Service)

S3 adalah layanan penyimpanan awan yang digunakan oleh Klikdokter untuk menyimpan data, termasuk gambar, video, dan dokumen. S3 menyediakan keamanan, daya tahan, dan skala yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan Klikdokter.

Contoh penggunaan AWS di Klikdokter antara lain:

Peningkatan Skalabilitas

Ketika Klikdokter mengalami lonjakan pengunjung, mereka menggunakan fitur autoscaling EC2 untuk menambah kapasitas server secara otomatis. Hal ini memastikan bahwa pengunjung dapat mengakses website Klikdokter dengan lancar dan tanpa gangguan.

Pengelolaan Database

Klikdokter menggunakan RDS untuk mengelola database mereka. RDS menyediakan fitur otomatis untuk backup, pengamanan, dan pemulihan data yang memastikan data pengguna tetap aman dan tersedia.

Penyimpanan dan Distribusi Konten

Klikdokter menggunakan S3 untuk menyimpan konten seperti gambar, video, dan dokumen. S3 juga digunakan untuk mendistribusikan konten tersebut ke pengguna di seluruh dunia dengan cepat dan aman.

Baca Juga: Blibli dan Teknologi Mobile: Mempermudah Belanja Online Kapan Saja dan di Mana Saja

amazon web services
Ilustrasi Kenapa Klikdokter Menggunakan Teknologi Amazon Web Services | Sumber: Freepik

Keuntungan Klikdokter dengan menggunakan AWS

Klikdokter telah memilih untuk menggunakan layanan Amazon Web Services (AWS) untuk membangun dan mengelola infrastruktur IT mereka. Penggunaan AWS memberikan beberapa keuntungan bagi Klikdokter, antara lain:

Peningkatan Kinerja Website Klikdokter

Dengan menggunakan AWS, Klikdokter dapat meningkatkan kinerja website mereka. AWS menyediakan fitur autoscaling dan load balancing yang memastikan website Klikdokter dapat menangani lonjakan trafik pengunjung dengan lancar dan tanpa gangguan.

Efisiensi Biaya Operasional Klikdokter

AWS memungkinkan Klikdokter untuk mengelola infrastruktur mereka dengan biaya yang lebih efisien. Dalam penggunaannya, Klikdokter tidak perlu membeli dan mengelola perangkat keras dan software yang mahal, melainkan dapat menggunakan layanan cloud computing yang disediakan oleh AWS.

Kemudahan dalam Mengelola Infrastruktur

AWS menyediakan dashboard dan fitur manajemen yang memudahkan Klikdokter untuk mengelola infrastruktur IT mereka. Dalam hal ini, Klikdokter dapat mengelola dan memantau layanan yang digunakan, termasuk server, database, dan storage.

Penutup

Secara garis besar, penggunaan AWS telah memberikan banyak manfaat bagi Klikdokter, baik dari segi kinerja, efisiensi biaya, maupun kemudahan dalam mengelola infrastruktur IT. Kedepannya, Klikdokter perlu terus memperhatikan perkembangan teknologi dan mengadaptasi layanan AWS dengan baik untuk memastikan keberhasilan dan pertumbuhan bisnis mereka.

Menggunakan tenaga profesional mungkin dapat membantu kamu membuat aplikasi mobileĀ  secara tepat dan cepat. Alan Creative hadir sebagai solusi perancangan aplikasi mobile kamu jadi lebih optimal. Yuk, hubungi Alan Creative sekarang juga, konsultasikan kebutuhan website dan mobile apps kamu disini.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

Categories

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

tips berpuasa

Tips Berpuasa bagi Penderita Diabetes

Hi Alan Lovers, berpuasa merupakan salah satu kewajiban bagi umat muslim dalam menjalankan ibadah pada bulan Ramadhan. Namun, bagi penderita diabetes, berpuasa dapat menjadi hal

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative