fbpx

5 Cara Maksimalkan Ibadah Selama Bulan Ramadhan

Halo Alan Lovers, bagaimana ramadhanmu sejauh ini? Menjadi bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim, tentunya kamu tidak ingin melewatkan keberkahan yang ada di bulan ini. Oleh karena itu, kamu perlu untuk mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan ibadah selama bulan ramadhan lewat artikel yang satu ini.

Baca juga: 6 Tips Mudah Mengatur Waktu Saat Ramadhan

5 Cara Maksimalkan Ibadah Selama Bulan Ramadhan

Jika ingin memaksimalkan bulan penuh berkah, tentunya kamu harus lebih fokus dalam beribadah. Mendekatkan diri kepada Allah SWT sekaligus memberikan aura positif pada hidup kita masing-masing. Yuk coba lakukan beberapa cara di bawah ini untuk maksimalkan ibadah selama bulan ramadhan.

1. Gunakan Teknologi untuk Mempermudah Ibadah

Tips maksimalkan ibadah selama bulan ramadhan yang pertama adalah memanfaatkan teknologi. Tidak hanya mempermudah aktivitas sehari-hari, teknologi mampu menjadi bantuan untuk membuat ibadahmu jadi lebih maksimal. Bagaimana caranya? Saat ini telah banyak aplikasi yang tersedia di Play Store maupun App Store. Beberapa diantaranya adalah Muslim Pro, MyQuran, Umma dan lain sebagainya.

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat membantumu meningkatkan ibadah dengan berbagai fitur yang ditawarkan. Apa contohnya? Misalnya fitur notifikasi untuk imsak dan berbuka puasa  yang akurat dari Muslim Pro. Lalu, ada juga fitur personal tracker untuk membantumu melihat kembali apakah kamu melakukan ibadah salat wajib secara penuh atau tidak. Pengingat salat wajib juga bisa disertai dengan alarm azan, kemudian ada juga pelacak arah kiblat, bacaan doa yang bisa dibaca untuk mengiringi berbagai kegiatan dan lain sebagainya.

2. Lakukan Kegiatan yang Bermanfaat

Selanjutnya, kamu bisa mengisi hari-hari dalam ramadhanmu dengan kegiatan yang bermanfaat. Ibadah puasa bukan menjadi alasan untuk kamu bermalas-malasan, sekedar tiduran tetapi masih banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan. Dibanding terlalu banyak tiduran membuat tubuh sakit, lebih baik habiskan waktu untuk melakukan amalan-amalan, misalnya seperti membaca Alquran.

3. Sisihkan Dana untuk Sedekah dan Zakat

Pada akhir bulan Ramadhan, umat muslim harus membayar zakat fitrah. Agar tidak mengalami kendala di kemudian hari, kamu dapat mulai menyisihkan dana untuk sedekah dan juga zakat. Apabila menggunakan bantuan aplikasi, kamu juga dapat memanfaatkan fitur kalkulator zakat agar perhitunganmu tidak keliru. Ibadah jadi lebih maksimal, keuangan juga semakin tertata.

4. Terapkan Pola Makan Sehat

Meskipun berpuasa, kamu harus tetap memperhatikan pola makan. Ini akan berpengaruh pada kelancaran aktivitas, termasuk juga motivasi untuk beribadah secara lebih giat. Apabila tubuh kekurangan asupan atau pencernaan kurang lancar, maka berkah di bulan Ramadhan bisa saja kamu lewatkan. Jadi, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan saat sahur dan berbuka. Penuhi asupan nutrisi mulai dari karbohidrat, protein, serat dan lain sebagainya.

Bagaimana jika kamu tidak menerapkan pola makan sehat saat Ramadhan? Biasanya tubuh menjadi kekurangan energi, lemas dan tidak optimal dalam beraktivitas. Seharian tidak mengonsumsi apapun, lalu sahur dan berbuka kurang nutrisi tentunya berpengaruh pada kondisi tubuh. Tidak heran, banyak orang yang malah jatuh sakit saat Ramadhan tiba. Inilah mengapa sangat penting untuk menerapkan pola makan sehat.

Baca juga: Tips Khatam Al Quran di Bulan Ramadhan

5. Konsisten dalam Beribadah

Cara yang terakhir adalah berusahalah untuk tetap konsisten dalam beribadah. Selama ini, banyak sekali umat muslim yang sulit menerapkan cara yang satu ini. Misalnya saat menjalani ibadah tarawih, apakah kamu sering melihat jamaah masjid membludak di awal-awal ramadhan? Nah, hal tersebut akan berbeda jika ramadhan sudah berlangsung separuh waktu menjelang selesai.

Untuk mengatasi masalah konsistensi tersebut, kamu bisa membuat alarm khusus. Misalnya saat sudah tiba waktu salat baik wajib maupun sunnah, membaca Al Qur’an dan lain sebagainya. Meskipun tidak membantu banyak, tetapi alarm ini dapat membuatmu lebih menyadari waktu-waktu penting yang seharusnya tidak dilewatkan.

Nah, itulah tadi beberapa cara maksimalkan ibadah selama bulan Ramadhan yang dapat kamu coba. Momen sekali dalam setahun, yuk manfaatkan bulan penuh berkah ini dengan sebaik mungkin.

Ingin tahu informasi seputar dunia teknologi ataupun digital marketing? Yuk intip Alan Creative sekarang juga. Khusus di bulan Ramadhan ini, kami juga secara khusus memberikan informasi penuh berkah untukmu loh.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Tips Membuat Brand Guidelines yang Baik

Halo, Alan Lovers! Brand guidelines adalah dokumen yang dapat kalian gunakan untuk membantu mengidentifikasi, membangun, dan mengembangkan brand. Panduan ini digunakan untuk memastikan konsistensi dan

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative