fbpx
8 Contoh Penerapan Teknologi Real-Time Data di Masa Kini

8 Contoh Penerapan Teknologi Real-Time Data di Masa Kini

Halo, Alan Lovers! Contoh penerapan teknologi real-time data pada teknologi masa kini menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Pasalnya, real-time data memiliki peranan penting dalam berkembangnya teknologi pada zaman yang serba canggih ini.

Secara singkat, real-time data mengacu pada informasi atau data yang tersedia secara instan dan berubah seiring waktu, hampir tanpa ada jeda waktu yang signifikan antara peristiwa yang terjadi dan ketersediaan data tersebut untuk pengguna.

Lantas, apa saja contoh penerapan teknologi real-time data pada teknologi sekarang? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas, ya!

Apa Saja Contoh Penerapan Teknologi Real-Time Data?

8 Contoh Penerapan Teknologi Real-Time Data di Masa Kini
8 Contoh Penerapan Teknologi Real-Time Data di Masa Kini (Sumber: Freepik)

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, berikut adalah beberapa contoh penerapan teknologi real-time data di masa kini:

1. Sistem Keamanan dan Pemantauan

Penerapan pertama, sistem keamanan rumah pintar (smarthome) menggunakan data real-time untuk memantau pergerakan yang terjadi di setiap sudut rumah. Hal ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pemberitahan secara instan melalui ponsel apabila terjadi pergerakan yang tidak normal.

Selain itu, real-time data juga diterapkan dalam pemantauan keamanan publik seperti kamera CCTV dan sistem pemantauan lalu lintas.

2. Platform Media Sosial

Selanjutnya, platform media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook menggunakan data real-time untuk menampilkan unggahan, komentar, dan berita terbaru. Dengan begitu, pengguna dapat berinteraksi dengan konten dan informasi yang terjadi pada saat itu juga.

3. Analisis Pasar Keuangan

Di pasar keuangan, data real-time terbilang sangat penting. Hal tersebut dikarenakan, pedagang saham dan investor menggunakan alat analisis yang mengintegrasikan data real-time untuk membuat keputusan perdagangan dalam hitungan detik.

4. Transportasi Publik

Sementara itu, aplikasi layanan dan layanan transportasi seperti Uber, GoJek, dan Grab juga mengguanakan data real-time untuk melacak lokasi kendaraan, menghitung estimasi waktu kedatangan, hingga mengoordinasikan perjalanan pelanggan.

Baca Juga:

5. Kesehatan

Adapun, penerapan data real-time di bidang kesehatan meliputi pemantauan pasien secara kontinu, pengumpulan data dari perangkat medis, dan pemberian peringatan medis segera ketika ada perubahan signifikan dalam kondisi pasien.

6. Manufaktur

Dalam manufaktur, data real-time digunakan untuk memantau dan mengontrol proses produksi secara otomatis, mengidentifikasi masalah potensial, serta memaksimalkan efisiensi operasional.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Kelebihan dan Kekurangan Angular, Apa Saja?

Kelebihan dan Kekurangan Angular, Apa Saja?

Halo, Alan Lovers! Beberpa kelebihan dan kekurangan Angular berikut ini wajib untuk Anda ketahui. Salah satunya, Angular memiliki kemampuan untuk membagi aplikasi menjadi modul-modul yang

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative