fbpx
Blogspot vs WordPress: Mana yang Tepat untuk Anda?

Blogspot vs WordPress: Mana yang Tepat untuk Anda?

Halo, Alan Lovers! Blogspot vs WordPress menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Pasalnya, Blogspot dan WordPress digadang-gadang menjadi platform terbesar dalam dunia blogging.

Jika bertanya kepada rekan Anda, tak jarang mereka merekomendasikan untuk membuat website menggunakan Blogspot. Namun, sebagian dari mereka juga menyarankan untuk menggunakan WordPress.

Tentunya, hal tersebut membuat Anda semakin bingung untuk mengambil keputusan, bukan begitu? Tenang! Melalui artikel ini, Anda akan menemukan perbandingan antara Blogspot vs WordPress. Pastikan Anda menyimak hingga tuntas, ya!

Perbandingan Blogspot vs WordPress

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, berikut adalah perbandingan antara Blogspot vs WordPress yang wajib untuk Anda ketahui:

Kemudahan Penggunaan

Jika Anda mencari dari tingkat kemudahan dalam pembuatan, Blogspot bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya, Anda hanya membutuhkan akun Gmail agar bisa membuat akun Blogspot. Selain itu, Anda juga bisa membuat dan mengelola beberapa akun Blogspot menggunakan satu akun yang sama.

Di lain sisi, Anda diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu jika ingin membuat akun WordPress. Tak hanya itu, Anda juga perlu mendaftarkan hosting dan mengecek nama domain jika ingin menggunakan WordPress berbayar.

Baca Juga: Perbedaan Wix dan WordPress: Mana yang Lebih Unggul?

Kustomisasi

Dari segi kostumisasi, WordPress dinilai lebih unggul dibandingkan dengan Blogspot. Hal ini dikarenakan, WordPress didukung dengan banyaknya plugin yang bisa di-instal sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan plugin Yoast SEO di dalam WordPress untuk mengatur visibilitas website melalui teknik SEO (Search Engine Optimization).

Sementara itu, kustomisasi yang disediakan oleh Blogspot terbilang cukup terbatas. Adapun, Anda juga diharuskan melakukan coding untuk kustomisasi fungsi di Blogspot.

Blogspot vs WordPress: Mana yang Tepat untuk Anda?
Blogspot vs WordPress: Mana yang Tepat untuk Anda? (Sumber: Freepik)

Tema

Jika ditinjau dari penggunaan tema, WordPress masih dinilai lebih unggul dibandingkan dengan Blogspot. Pasalnya, WordPress menyediakan beragam tema menarik yang tersedia di repository WordPress. Selain itu, Anda juga bisa mengkustomisasi tema tersebut dari mulai header hingga footer.

Di lain sisi, Blogspot juga menyediakan beberapa tema default yang menarik. Hanya saja, Anda tidak bisa mengubah layout dan juga header logo blog.

Baca Juga: Apa Itu WordPress Staging? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Keamanan

Keamanan menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan ketika ingin membuat website. Lebih lanjut, keduanya memiliki sistem keamaan yang tinggi.

Hanya saja, sistem keamanan Blogspot seluruhnya berada dalam kendali Google. Sehingga, Anda tidak bisa menambahkan sistem keamanan berlapis pada website sendiri.

Berbeda dengan Blogspot, sistem keamanan di WordPress bisa ditambahkan sesuai dengan keinginan. Hal tersebut dikarenakan, Anda memegang kendali penuh atas website yang diolah menggunakan WordPress.

Biaya

Sementara itu, Blogspot bisa menjadi pilihan yang tepat jika ingin membangun website tanpa biaya. Pasalnya, Blogspot memberikan layanan gratis mulai dari hosting, domain, tema, hingga maksimal penyimpanan mencapai 15GB.

Meskipun WordPress juga bisa digunakan secara gratis, Anda membutuhkan hosting untuk menyimpan data website dan juga domain sebagai identitas blog yang harus dibeli sendiri. Walaupun begitu, biaya membuat website menggunakan WordPress masih relative terjangkau.

Baca Juga: Jangan Salah! Fungsi Heading di WordPress Bisa Pengaruhi SEO

Blogspot vs WordPress: Mana yang Lebih Baik?

Berdasarkan keunggulan dan kekurangan yang telah dipaparkan di atas, tentunya pilihan dapat disesuaikan dengan preferensi masing-masing. Jika Anda membutuhkan website secara gratis dengan kustomisasi yang terbatas, Blogspot bisa dijadikan pilihan yang baik.

Jika Anda membutuhkan website yang bisa dikustomisasi sesuai dengan keinginan, WordPress bisa dijadikan pilihan yang tepat.

Budget terbatas, tapi pengen punya website biar bisnis cuan terus? Alan Creative solusinya!

Sebagai software house dan digital agency di Jakarta, Alan Creative menyediakan beragam layanan pembuatan website yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Gak usah khawatir kalau website Anda mengalami kendala! Alan Creative punya jaminan support & maintenance secara berkelanjutan. Tunggu apa lagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

software house

Apa itu Software House?

Hi Alan Lovers, saat ini perkembangan teknologi semakin pesat dan banyak perusahaan yang membutuhkan solusi digital untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis. Salah satu solusi

react native

React Native: Pengembangan Aplikasi Mobile

Hi Alan Lovers, React Native adalah sebuah framework open-source untuk mengembangkan aplikasi mobile cross-platform yang memungkinkan developer untuk membuat aplikasi native dengan menggunakan bahasa pemrograman

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative