Tips Melakukan Email Marketing Yang Efektif

Bagikan

Halo Alan Lovers, sudah mencoba email marketing untuk bisnis Anda? Meski dibilang sudah kalah saing dengan media sosial, tetapi email marketing masih terbukti efektif digunakan oleh berbagai perusahaan besar. Apabila menggunakan strategi email marketing yang tepat, Anda berpotensi mendapatkan hasil yang maksimal.

Strategi marketing sendiri memang sangat memengaruhi keberhasilan usaha. Bagaimana sebuah bisnis dikenal, berkembang dan sukses bergantung pada strategi marketing yang diterapkan. Untuk itu, Anda perlu memerhatikan berbagai tips melakukan email marketing. Simak informasi lengkapnya di bawah ini

Baca juga: Jadi Strategi Bisnis Andalan, Apa Itu Email Marketing?

Tips Melakukan Email Marketing

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan saat melakukan email marketing:

  1. Buat daftar email yang tertarget: Pastikan bahwa Anda mengirimkan email kepada orang-orang yang sudah berkepentingan dengan apa yang Anda tawarkan.
  2. Buat subjek email yang menarik: Subjek email harus mampu menarik minat pembaca untuk membuka email Anda.
  3. Gunakan desain yang profesional: Desain yang profesional akan membantu meningkatkan tingkat terbuka dan tindak lanjut
  4. Buatlah email yang mudah dibaca dengan menggunakan paragraf yang pendek, bullet points, dan judul yang jelas.
  5. Gunakan teknik pemasaran yang sesuai, seperti menyertakan tawaran khusus atau menggunakan bahasa yang menjual. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan tingkat terbuka dan tindak lanjut dari email Anda.
  6. Hindari terlalu sering mengirimkan email: Jangan terlalu sering mengirimkan email kepada audiens Anda agar mereka tidak merasa terganggu. Tentukan frekuensi yang tepat untuk mengirimkan email Anda.
  7. Gunakan analitik untuk mengukur kinerja email marketing Anda: Gunakan analitik untuk mengukur tingkat terbuka, tindak lanjut, dan konversi dari email marketing Anda. Ini akan membantu Anda mengevaluasi efektivitas email marketing Anda dan membuat perubahan yang diperlukan.

Pemanfaatan Website Untuk Email Marketing

Untuk memanfaatkan website Anda untuk email marketing, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  1. Buat formulir langganan newsletter di website Anda: Buat formulir langganan newsletter di website Anda untuk mengumpulkan alamat email dari pengunjung yang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.
  2. Tawarkan bonus atau konten eksklusif kepada pelanggan email: Untuk meningkatkan tingkat langganan email Anda, tawarkan bonus atau konten eksklusif kepada pelanggan email Anda. Ini bisa berupa e-book, video tutorial, atau akses ke webinar eksklusif.
  3. Sertakan link ke formulir langganan di setiap konten yang Anda bagikan: Sertakan link ke formulir langganan di setiap konten yang Anda bagikan, seperti blog post atau video, untuk membantu meningkatkan tingkat langganan email Anda.
  4. Integrasikan email marketing dengan sosial media: Integrasikan email marketing Anda dengan sosial media dengan menyertakan link ke formulir langganan di bio Instagram atau Twitter Anda, atau dengan mempromosikan email marketing Anda di sosial media.
  5. Buat halaman khusus untuk email marketing di website Anda: Buat halaman khusus di website Anda yang menjelaskan keuntungan dari bergabung dengan email list Anda, serta menunjukkan contoh email yang pernah Anda kirimkan sebelumnya. Hal ini akan membantu pengunjung website Anda memahami apa yang akan mereka terima setelah bergabung dengan email list Anda.

Email marketing masih menjadi andalan para pebisnis bahkan untuk perusahaan besar sekali pun. Salah satu e-commerce terpopuler di Indonesia terlihat masif melakukan email marketing untuk mempromosikan event, diskon atau informasi lainnya yang membuat pelanggan tertarik. Perusahaan media digital sekelas Facebook pun juga mengandalkan email marketing dalam strategi pencarian traffic mereka. Sekarang, beberapa portal pencarian kerja kemudian aplikasi travel juga telah menerapkan strategi ini.

Ingin membuat website Anda melakukan email marketing? Tenang, mengandalkan jasa pembuatan website terpercaya dapat menjadi pilihan yang tepat. Yuk kunjungi Alan Creative sekarang juga, solusi pembuatan website untuk bisnis Anda.

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative