Halo, Alan Lovers! Banyak yang masih mengabaikan heading saat penulisan artikel untuk website. Padahal, fungsi heading di WordPress bisa memengaruhi nilai SEO (Search Engine Optimization).
Dalam menulis artikel untuk website, banyak hal-hal yang perlu diperhatikan seperti intensitas kata kunci, slug, meta deskripsi, judul gambar, dan lain-lain.
Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan seberapa penting fungsi heading saat penulisan artikel untuk optimasi SEO website. Simak hingga tuntas ya!
Apa itu Heading?
Sebelum menyelam lebih dalam, alangkah baiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu heading. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, heading merupakan judul yang mengawali sebuah pembahasan.
Serupa seperti Ms Word, heading di WordPress juga memiliki fungsi untuk membagi pembahasan menjadi beberapa sub-bab. Adapun, heading 1 (H1) merupakan heading yang paling penting untuk digunakan.
Saat menggunakan WordPress, Anda bisa menemukan opsi heading setelah memilih opsi judul pada text box. Setelah itu, akan tersedia pilihan heading 1 sampai heading 6 yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.
Baca Juga: Perbedaan Wix dan WordPress: Mana yang Lebih Unggul?
Bagaimana Fungsi Heading di WordPress Bisa Pengaruhi SEO?
Berikut adalah bagaimana fungsi heading di WordPress bisa memengaruhi penilaian SEO terhadap artikel yang Anda buat:
1. Struktur Konten yang Terorganisir
Pertama, heading memiliki peranan penting dalam mengatur struktur konten. Lebih lanjut, penggunaan heading dari H1 (heading utama) hingga H6 (heading terkecil) membantu mesin pencari dan pembaca dalam memahami informasi pada konten tersebut.
Adapun, H1 biasanya digunakan untuk judul halaman atau posting, sedangkan H2, H3, dan seterusnya digunakan untuk subjudul dan bagian-bagian penting lainnya.
2. Optimasi Kata Kunci
Selain itu, heading sering digunakan untuk menyoroti kata kunci atau frasa kunci yang relevan dengan konten yang dibuat. Yang berarti, hal tersebut dapat membantu mesin pencari untuk memahami topik utama konten Anda.
3. Penyajian Konten yang Lebih Mudah Dimengerti
Dengan menggunakan heading yang tepat, pembaca dapat dengan mudah memahami konten yang Anda buat. Di lain sisi, hal tersebut juga bisa memberikan pengalaman yang baik bagi pembaca, sehingga mereka menghabiskan waktu lebih lama di website Anda.
Baca Juga: Apa Itu WordPress Staging? Pengertian dan Cara Menggunakannya
4. Snippet dalam Hasil Pencarian
Mesin pencari sering menggunakan heading untuk membuat snippet (cuplikan) dalam hasil pencarian. Sehingga, judul atau heading Anda dapat memengaruhi seberapa menarik hasil pencarian Anda bagi pengguna.
5. Mengurangi Bounce Rate
Dengan memiliki struktur konten yang baik dan penggunaan heading yang tepat, Anda dapat membantu mengurangi bounce rate pada website. Hal ini dikarenakan, pembaca cenderung tinggal lebih lama untuk menjelajahi konten Anda yang terorganisir dengan baik.
6. Meningkatkan Keterbacaan
Lebih lanjut, penggunaan heading yang tepat juga dapat meningkatkan keterbacaan konten. Tentunya, hal ini sangat penting karena mesin pencari seperti Google mengukur kualitas konten Anda berdasarkan tingkat keterbacaan dan kejelasan.
Baca Juga: Baca Juga: 7 Hidden Gems Plugin WordPress yang Perlu Remake
Kesimpulan
Demikian penjelasan singkat mengenai alasan fungsi heading di WordPress bisa memengaruhi SEO. Dengan menyimak penjelasan di atas, Anda bisa memanfaatkan heading untuk membuat struktur konten yang terorganisir, pengoptimalan kata kunci, hingga konten bisa mudah dipahami oleh pembaca.
Budget terbatas, tapi pengen punya website biar bisnis cuan terus? Alan Creative solusinya!
Sebagai software house dan digital agency di Jakarta, Alan Creative menyediakan beragam layanan pembuatan website yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.
Gak usah khawatir kalau website Anda mengalami kendala! Alan Creative punya jaminan support & maintenance secara berkelanjutan. Tunggu apa lagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!