Halo, Alan Lovers! Ingin tahu bagaimana cara promosikan video YouTube yang efektif? Pastikan Anda menyimak artikel ini hingga tuntas untuk mengetahui jawabannya.
Di era gempuran media sosial, YouTube menjadi salah satu platform yang masih digunakan oleh banyak orang. Terlebih lagi, YouTube juga mulai mengeluarkan fitur teranyar bernama YouTube Shorts, yang memungkinkan penonton untuk bisa mendapatkan informasi dengan durasi yang sangat singkat.
Akan tetapi, masih banyak yang mengeluhkan video mereka sepi penonton lantaran kurangnya promosi. Lantas, bagaimana cara yang efektif untuk mendulang viewers?
Bagaimana Cara Promosikan Video YouTube yang Efektif?
Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, berikut adalah beberapa cara promosikan video YouTube yang efektif untuk Anda coba:
1. Gunakan Topik yang Sedang Trending
Cara pertama, Anda bisa membuat konten sesuai dengan topik yang sedang trending. Adapun, Anda bisa mencari topik tersebut melalui kolom pencarian yang ada di platform YouTube.
Sebagai contoh, Anda ingin membuat video terkait ‘cara membuat website’. Anda hanya tinggal mengetik kata tersebut, dan Anda akan melihat berbagai keyword yang sering dicari oleh penonton.
Selanjutnya, Anda bisa mengambil beberapa keyword yang ditampilkan sebagai ide untuk video Anda.
Perlu diingat, Anda juga harus memperhatikan kesesuaian konten dengan tema channel serta target audiens Anda.
Baca Juga:
2. Gunakan Fitur Promosi Gratis dari YouTube
Siapa sangka, YouTube juga menyediakan fitur promosi yang dapat digunakan secara gratis oleh penggunanya seperti watermark, cards, dan end screens. Berikut adalah penjelasan singkatnya:
- Watermark: Dengan fitur ini, Anda dapat menampilkan logo channel di pojok kanan bawah video. Jika penonton meng-klik, maka mereka akan langsung berlangganan ke channel milik Anda.
- Cards: Fitur ini akan menampilkan tombol tanda seru di bagian kanan atas video. Jika suatu saat penonton meng-klik, maka akan tampil beberapa rekomendasi video dari channel Anda.
- End Screen: Fitur ini akan menampilan video-video lain yang ada di channel Anda saat penonton selesai menonton video.
3. Bagikan di Media Sosial
Selanjutnya, bagikan video Anda di platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, ataupun TikTok. Selain itu, Anda juga bisa bergabung dengan grup atau komunitas yang relevan dengan niche Anda dan bagikan video Anda kepada anggota grup.