Halo, Alan Lovers! Bener gak sih rata-rata pengguna TikTok didominasi generas Z? Yap, menurut survei yang dilakukan eMarketer sebesar 44,7% pengguna TikTok berasal dari generasi Z. Lantas apa sih penyebab TikTok disukai generasi Z?
Penasaran? Ayo, kita bahas bersama-sama alasan dibalik gen Z yang menggemari aplikasi TikTok
Pengertian generasi Z?
Generasi Z merupakan kelompok manusia yang dimulai dari kelahirannya tahun 1996 sampai 2012. Generasi Z atau disingkat gen z sering dijuliki sebagai digital native, yang artinya orang-orang yang tumbuh bersama dengan adanya reformasi digital yang pesat.
Lahir di era reformasi digital membuat generasi Z, rata-rata merupakan orang yang melek teknologi. Selain dibidang teknologi, generasi Z juga dikenal dengan kemahirannya dalam keberagaman, sikap inklusif, serta sadar lingkungan.
Selain itu, generasi Z biasanya cenderung lebih pragmatis dan sangat berfokus pada isu-isu sosial seperti mental issue serta ekonomi yang mempengaruhi masa depan mereka.
Alasan generasi Z menyukai TikTok
TikTok menjadi fenomena mendunia, terutama di generasi Z. Banyak survei mengatakan bahwa setengah dari pengguna TikTok merupakan gen Z, bahkan dalam sehari generasi ini bisa menghabiskan 1 jam sekali untuk mengakses TikTok.
Sebagai aplikasi yang paling banyak digandrungi generasi Z. Apa sih penyebab aplikasi ini bisa sepopuler itu? Berikut alasan generasi Z menyukai aplikasi TikTok.
1. Sebagai tempat mencari informasi
Menurut survei yang dilakukan Jakpat, terdapat 24 persen generasi Z yang menggunakan aplikasi TikTok untuk mencari informasi atau berita terkini, mengalahkan YouTube dan Instagram yang sudah lebih dulu hadir.
Selain itu, karakteristik TikTok yang merupakan video pendek dan menarik, sehingga memudahkan generasi Z untuk lebih cepat dalam memperoleh informasi yang mereka butuhkan. Generasi Z mempercayai 60% video TikTok berasal dari para pakar dibidangnya.
2. Sebagai wadah untuk mengekspresikan diri
TikTok menjadi platfrom yang paling dikenal sebagai plafrom untuk mengeskpresikan diri secara kreatif melalui konten pendek. Hal ini juga didukung dengan banyaknya fitur kreatif seperti alat editing, filter dan efek yang dapat membantu membuat kita semakin kreatif dalam menunjukkan diri di media sosial.
Keberhasilan TikTok dalam aspek inu, sudah banyak diterapakan pada sosial media lainnya seperti di YouTube dan Instagram, yang sebelumnya tidak menyediakan fitur semacam ini.
So, itulah peyebab TikTok banyak digandrungi generasi Z. Generasi Z setuju gak nih? Atau kalian punya platfrom kesukaan yang lain? Tinggalkan komen di sini….
Suka artikel informatif seperti ini? Wah, pas banget nih, kamu harus kenalana sama website Alan Creative. Di website Alan, kamu akan menemukan banyak artikel menarik dan informatif sepeutar sosial media sampai digital marketing. Gak percaya? Buktiin aja sendiri. Ayo menambah ilmu bersama Alan Creative.