fbpx
Screenshot_20240906_104447_Chrome

E-Materai Susah di Akses, Apa Keunggulan E-Materai?

Halo, Alan Lovers! Setelah pendaftaran CPNS 2024 dibuka, e-materai mendadak jadi barang digital paling langkah nih. Di mana-mana pada cari e-materai untuk dibubuhkan pada dokumen persayaratan CPNS. Sangking banyaknya pencari e-materai sampai-sampai situs resmi Peruri sempat down berhari-hari loh….

Beruntung kebijakan terbaru BKN yang diumumkan di Instagram resmi BKN Official, telah melonggarkan aturan menjadi dua pilihan yaitu diperbolehkan menggunakan e-materai dan materai biasa.

“Kalau tahu gini, kenapa gak dari awal aja boleh pakai materai tempel?”

Tenang, dulu… mungkin diawal hanya diperbolehkan menggunakan e-materai karena dianggap cara ini paling mempermudah pengguna, secara e-materai memiliki banyak keunggulan dari materai tempel loh, seperti akses mendapatkan materai via online, pembubuhan materai jadi lebih praktis tanpa perlu mencetak dokumen fisik terlebih dahulu, serta mengurangi resiko materai hilang. Sayangnya tiga keunggulan itu cuma bisa dinikmati saat server website Perum Peruri gak down hehehe…

Lantas selain keunggulan itu, apa sih keunggulan e-Materai?

Apa saja keunggulan E-Materai?

E-materai dibuat bukan hanya untuk mengikuti arus digital yang semaki berkembang. E-materai ada untuk memenuhi beberapa kekurangan yang sebelumnya dimiliki materai tempel. Berikit beberapa keunggulan e-materai sebelum pembukaan tes CPNS 2024.

1. Minim resiko pemalsuan materai

E-materai Susah di Akses, Apa Keunggulan E-Materai?
Ilustrasi gambar

Seperti yang kita ketahui, bahwa materai tempel sangat rawan untuk dipalsukan oleh oknum-oknum yang tamak akan uang. Tercatat di bulan Maret, Kompas.com melaporkan bahwa polisi baru saja menangkap materai palsu yang senilai ratusan juta di Bekasi. Tentunya materai palsu tidak hanya merugikan konsumen berupa uang, tetapi juga membuat dokumen yang mereka buat jadi tidak sah.

Masalah ini dapat ditekan dengan keberadaan e-materai yang memiliki sistem pengaman digital signature X.509 SHA 512. Setiap e-materai memiliki desain yang berbeda-beda dan 70% desain bercode unik. Terdapat pula fitur validasi e-materai yang disediakan oleh Perum Peruri, agar masyarakat bisa mengecek sendiri keaslian e-materai.

Dalam hiruk pikuk pendaftaraan CPNS, belum dilaporkan adanya pemalsuan e-materai, yang ada kita hanya perlu jeli untuk membeli e-materai di situs-situs yang merupakan mitra resmi Peruri.

2. Lebih ramah lingkungan

E-materai Susah di Akses, Apa Keunggulan E-Materai?
Ilustrasi gambar

Poin ini sangat jelas sebagai keunggulan dari e-materai, e-materai yang diproduksi secara elektronik yang artinya tidak ada penggunaan kertas dalam proses pembuatannya.

Kertas yang dibutuhkan untuk membuat materai memang kecil, tapi bagaimana jika ada 2 juta lebih orang yang ingin menggunakan materai? Ada berapa banyak pohon  yang harus digunduli? Kehadiran e-materai artinya membantu kita menyelamatkan banyak pohon dari penggundulan kertas dari pembuatan materai.

Baca juga: 3 Perbedaan Mencolok antara Copywriting dan Content Writing

3. Hemat biaya print dokumen

E-materai Susah di Akses, Apa Keunggulan E-Materai?
Ilustrasi gambar

Setelah pengumuman terbaru BKN tentang diperbolehkannya opsi menggunakan materai tempel, proses pembubuhan materai jadi lebih panjang.

Kamu harus terlebih dahulu print dokumen,  tempelkan materai, tanda tanggan, kemudian scan dokumen lagi dan upload ke website. Sedangkan saat menggunakan e-materai, kamu hanya perlu membeli e-materai, membubuhkan materai di sebelah tanda tangan digital, tanpa perlu repot melakukan scan dokumen atau pun print dokumen terlebih dahulu.

Namun, hal ini jelas hanya berlaku saat server Perum Peruri tidak down ya… karena saat website Perum Peruri down, proses pembubuhan e-materai jadi 2 kali lipat lebih sulit.

Sekarang udah tahukan keunggulan dari E-materai? Gimana, kamu tetap tim setia materia biasa atau mau pindah ke E-materai? Atau suka dua-duanya?

Btw, kamu suka artikel informatif seperti ini? Pas banget nih, di Alan Creative ada banyak artikel informatif mulai dari teknologi, sosial media dan juga ada digital marketing loh. Cocok banget buat temenin kamu belajar di mana dan kapan aja. Penasaran? Buruan berkunjung ke Alan Creative… di tunggu loh besty…

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative