fbpx
Screenshot_20240913_140714_Chrome

Claim Headline vs Fear Headline, Mana yang Lebih Ampuh?

Halo, Alan Lovers! Pernah denger istilah claim headline vs fear headline? Keduanya merupakan salah satu jenis dari headline. Headline sendiri merupakan judul garis besar dari sebuah artikel atau iklan untuk menarik perhatikan target audiens. Secara garis besar, headline menjadi wajah pertama yang dilihat sehingga kehadirannya haruslah memikat dan unik.

Ada berbagai jenis headline, termasuk claim headline dan fear headline. Kali ini, kita akan membandingkan kedua jenis headline ini. Kira-kira, mana yang paling cocok untuk bisnis kamu?

Apa itu claim headline?

Claim Headline vs Fear Headline, Mana yang Lebih Ampuh?
Ilustrasi gambar

Pernah dengar headline, “orang pintar, minum tolak angin” iklan dari Tolak Angin. Headline ini mengklaim secara sepihak bahwa hanya orang-orang yang pintar dan mengerti mengapa saat masuk angin mereka harus minum Tolak Angin. Secara tidak langsung, Tolak Angin juga mencoba menonjolkan kelebihan mereka melalui claim headline ini.

Dengan menggunakan klaim ini Tolak Angin berusaha untuk menonjolkan keunggulan produk dengan mengaitkannya dengan kualitas atau kebijaksanaan, yaitu bahwa hanya orang yang pintar yang memahami pentingnya minum Tolak Angin. Ini bertujuan untuk menarik perhatian dengan menyiratkan bahwa menggunakan produk tersebut adalah pilihan cerdas. Inilah yang disebut sebagai claim headline.

Claim headline merupakan jenis headline yang menonjolkan klaim dan janji spesifik mengenai produk atau layanan mereka, yang membedakan mereka dengan yang lain, bertujuan untuk menarik perhatian target audiens. Selain itu, claim headline biasanya menggunakan kata-kata seperti termurah, terbaik, terawet, terpopuler dan sebagainya untuk mendukung setiap klaim yang dibuat dan mempengaruhi pilihan target audiens.

Claim headline biasanya sangat cocok digunakan untuk jenis produk kesehatan, produk kecantikan dan produk teknologi.

Apa itu fear headline?

Claim Headline vs Fear Headline, Mana yang Lebih Ampuh?
Ilustrasi gambar

“Diskon terbatas, buruan klik link sekarang!”

Saat kamu membaca kalimat ini, apa yang pertama kali kamu rasakan? Jika kamu tiba-tiba jadi merasa khawatir atau bingung, itu artinya headline ini telah berhasil mempengaruhi emosional kamu. Headline seperti ini disebut sebagai fear headline.

Fear headline memiliki gaya penyampaian yang terkesan menakut-nakuti target audiens, agar segera mengambil tindakan dari apa yang ditawarkan, entah itu mengklik atau membaca artikel. Fear headline biasanya  cocok digunakan untuk layanan seperti ansuransi jiwa, produk kesehatan seperti obat-obatan, serta produk keamanan lainnya.

Baca juga: Tips Membuat Copywriting yang Memikat untuk Bisnis Kamu

Perbedaan fear headline vs claim headline

Claim Headline vs Fear Headline, Mana yang Lebih Ampuh?
Ilustrasi gambar

Fear headline lebih berfokus pada mempengaruhi emosional target audiens dengan memunculkan perasaan khawatir manusia, sering kali dengan menyoroti risiko atau bahaya yang mungkin terjadi. Sebaliknya, claim headline lebih fokus pada mempengaruhi logika, dengan cara menonjolkan klaim spesifik tentang manfaat atau keunggulan suatu produk atau layanan, sering kali dengan memberikan janji atau penawaran yang meyakinkan. Dengan demikian, keduanya memiliki pendekatan berbeda dalam menarik perhatian audiens.

Jadi, sekarang sudah tahukan apa bedanya claim headline dan fear headline… menurutmu mana nih yang paling cocok untuk bisnis kamu? Pilihlah sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu ya, agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba…

Kamu suka beragam artikel informatis seperti ini? Pas banget nih, di website Alan Creative ada banyak sekali artikel informatif mulai dari digital marketing, pendidikan, teknologi sampai sosial media loh. Tentunya artikel yang disajikan selain informatif, juga menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Penasaran? Buruan berkunjung sekarang! Ditunggu ya, besty di artikel selanjutnya. See you..

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Mengetahui Penyebab Website Overload

Halo Alan Lovers, kesal karena website bisnis lemot? Hal ini bisa menyebabkan Anda kehilangan traffic dan menekan keuntungan bisnis loh. Ketika website lemot, biasanya dikarenakan

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative