fbpx
Screenshot_20240913_140559_Chrome

Kaskus Fufufafa, Cara Mengetahui Orang di Balik Akun Anonim

Halo, Alan Lovers! Pemberitaan Indonesia kini tengah heboh dengan keberadaan akun Kaskus Fufufafa yang diduga milik wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka. Akun Kaskus yang tidak lagi aktif, dulu kerap kali mengunggah tulisan yang sarat akan ujaran kebencian terhadap Probowo dan juga pelecehan terhadap sejumlah artis.

Akun itu menjadi heboh lantaran sejumlah netizen terus mencari bukti mengenai siapa pemilik dibalik akun Fufufafa. Kubu netizen terbagi menjadi dua, ada yang pro dan ada yang kontra. Sejumlah netizen percaya bahwa akun itu benar milik Gibran dengan semua bukti yang dikumpulkan netizen dan yang lain kontra merasa semua bukti tidaklah valid.

Lantas memangnya gimana sih cara untuk mengetahui orang di balik akun anonim? Mari kita bahas bersama-sama…

Cara mengetahui pemilik asli di balik akun anonim

Dalam kasus Fufufafa, pemilik asli dari akun ini masih menjadi perdebatan. Perdebatan yang terus terjadi mendesak Kementerian Informasi dan Komunikasi sampai turun tangan dan langsung mengecek siapa orang di balik akun Fufufafa.

Kabar terbaru yang dilansir Suara.com, Budi Arie selaku Menkeminfo menjamin jika bukan Gibran di balik akun tersebut tanpa memberikan bukti kongkrit. Sehingga, netizen sama sekali tidak mempercayai perkataan Budi Arie yang terkesan hanya mencoba membersihkan nama Gibran. Sampai sekarang, pemilik akun Fufufafa masih belum diketahui.

Tentunya selain meminta tolong Keminfo, ternyata kita bisa mencari tahu siapa orang di balik akun anonim. Berikut cara yang dapat kamu lakukan…

1. Teliti profil akun

Kaskus Fufufafa, Cara Mengetahui Orang di Balik Akun Anonim
Ilustrasi gambar

Untuk bisa mengetahui orang di balik akun anonim, langkah pertama yang kamu harus perhatikan yaitu profil akun anonim. Meski akun anonim biasanya tidak menampilkan gambar atau profil wajah asli, tapi di sana kamu bisa melihat aktivitas apa saja yang dilakukan akun anonim tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek akun yang terhubung dengan akun tersebut, misalnya siapa saja followersnya, atau siapa saja yang dia ikuti.

2. Analisis jejak digital

Kaskus Fufufafa, Cara Mengetahui Orang di Balik Akun Anonim
Ilustrasi gambar

Langkah selanjutnya, bisa dengan meninjau jejak digital dari akun anonim tersebut, misalnya seperti memperhatikan postingan, komentar atau pun interaksi akun. Jejak digital bisa saja menjadi petunjuk bagi kamu mengetahui siapa orang di balik akun tersebut.

Jejak digital inilah yang sebenarnya menjadi titik yang paling lemah bagi akun anonim. Akun Fufufafa awalnya  bisa diduga miliki Gibran karena netizen yang melakukan analisis jejak digital.

Baca juga: 3 Fitur LinkedIn yang Wajib Kamu Optimalkan

3. Periksa domain akun

Kaskus Fufufafa, Cara Mengetahui Orang di Balik Akun Anonim
Ilustrasi gambar

Jika akun anonim tersebut terikat dengan situs web atau domain, ini akan semakin mempermudah kamu untuk mencari informasi pemilik domain melalui layanan WHOIS. Layanan ini dapat membantu kamu mengidentifikasi siapa pemilik di balik akun anonim tersebut.

So, itulah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui orang di balik akun anonim. Dari masalah ini, dapat kita ambil kesimpulan bahwa kita harus senantiasa bijak dalam bersosial media, jangan sampai pedasnya ketikan jari kita dulu menjadi boomerang untuk kita di masa depan.

Kamu suka beragam artikel informatis seperti ini? Pas banget nih, di website Alan Creative ada banyak sekali artikel informatif mulai dari digital marketing, pendidikan, teknologi sampai sosial media loh. Tentunya artikel yang disajikan selain informatif, juga menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Penasaran? Buruan berkunjung sekarang! Ditunggu ya, besty di artikel selanjutnya. See you..

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

seo-on-page

Apa Itu SEO On Page? Penting Untuk Website!

Halo Alan Lovers, bagaimana peringkat website Anda hari ini? Pemeringkatan website membuat para pebisnis berpotensi mendapatkan traffic tinggi dan transaksi yang melimpah. Untuk itu, Anda

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative