fbpx
pexels-photo-8386440

Kira-Kira Apa Perbedaan Antara 4G dan 5G Dalam Teknologi Komunikasi Nirkabel?

Free Robot Pointing on a Wall  Stock Photo

Halo, Alan Lovers! Perkembangan teknologi yang semakin meningkat membuat banyak hal baru semakin dengan mudah berinovasi, salah satunya ialah jaringan. Dengan hadirnya jaringan baru dan lebih baik inilah dapat membuka peluang bisnis dapat beroperasi semakin luas dan dapat menjangkau banyak pelanggan baru.

Jaringan telekomunikasi pastinya akan mengalami evolusi dari generasi ke generasi. Dengan adanya perubahan tersebut pastinya akan ada perbandingan antara jaringan 4G dan 5G yang menarik, hal itu disebabkan oleh masing-masing jaringan memiliki keunggulan dan karakteristik yang berbeda.

Kira-kira apa perbedaan yang menarik antara jaringan 4G dan 5G? yuk simak artikel dibawah ini.

Perbedaan Antara Jaringan 4G dan 5G

1. Kecepatan Jaringan

Perbedaaan yang menarik dari jaringan telekomunikasi ini adalah kecepatan internet yang mereka tawarkan. Pada 4G kecepatan maksimal unduh sebesar 100 Mbps hingga 1 Gbps jika dalam kondisi ideal. Sedangkan pada 5G, kecepatan yang mereka tawarkan jauh lebih tinggi dengan potensi mencapai 10 Gbps atau lebih dengan ketergantungan kondisi jaringan.

2. Latensi

Latensi atau dapat disebut waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan data antara 4G dan 5G sangat berbeda. Pada 4G, latensi yang dibutuhkan sebesar 30-50 milidetik. Sedangkan pada jaringan 5G, hanya memerlukan latensi sebesar 1 milidetik. Kecepatan itulah yang sangat dibutuhkan bagi pengguna aplikasi real-time.

3. Teknologi yang Digunakan

Teknologi yang digunakan antara jaringan 4G dan 5G berbeda. Pada jaringan 4G, mereka menggunakan teknologi LTE atau Long Term Evolution  untuk menyediakan layanan data mereka. Sedangkan pada 5G, mereka menggunakan 3 teknologi terbaru mulai dari eMBB (Enhanced Mobile Broadband), URLLC (Ultra-Reliable Low Latency Communications), dan mMTC (Massive Machine Type Communication).

4. Penggunaan Energi

Energi yang digunakan oleh jaringan 4G dinilai lebih boros dibandingkan dengan 5G, hal itu dikarenakan 5G dirancang agar lebih efisien dalam penggunaan energi yang memungkinkan perangkat untuk bertahan lebih lama.

5. Cakupan Lokasi

Walau jaringan 5G memiliki banyak keunggulan dibanding jaringan 4G namun, jaringan 5G ini masih dalam tahap pengembangan. Sehingga belum tersedia di semua lokasi.

6. Koneksi 

Jaringan 4G sendiri dapat menghubungan sekitar 2.000 perangkat per kilometer persegi, sedangkan 5G mendukung hingga 1 juta perangkat per kilometer persegi, karena hal inilah kemungkinan IoT dapat terhubung secara bersamaan.

Melalui perkembangan jaringan yang semakin bagus inilah, kita dapat berharap untuk melihat teknologi yang lebih canggih dan kehidupan yang lebih terhubung di masa depan. Kira-kira apakah kota kalian sudah dapat menggunakan jaringan 5G? 

Bagi kalian yang tertarik untuk membaca artikel menarik lainnya, dapat ikuti terus Alan Creative. Tak hanya menghadirkan artikel yang menarik, kalian juga dapat mendapatkan informasi mengenai teknologi hingga digital marketing. Jika kalian tertarik untuk mengembangkan brand tapi bingung gimana caranya? jangan khawatir, Alan Creative hadir untuk membantu menyelesaikan masalah kalian. Kami menyediakan layanan branding kit yang profesional. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan penawaran terbaik!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

tips puasa

Tips Puasa Ramadhan untuk Ibu Hamil

Hi Alan Lovers, Memasuki bulan Ramadhan, umat Muslim di seluruh dunia memasuki waktu yang penuh berkah dan keberkahan. Bagi ibu hamil, menjalani ibadah puasa Ramadhan

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative