fbpx
istockphoto-1569285773-612x612

Kira-Kira Seberapa Penting Keyword Dalam Sebuah Postingan ?

Halo, Alan lovers! Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat dunia digital juga semakin berkembang. Dalam dunia digital, optimasi mesin pencari atau SEO (Search Engine Optimization) menjadi penentu utama untuk keberhasilan suatu konten di Internet. Salah satu elemen penting dari SEO adalah penggunaan kata kunci. Keyword sendiri sangat mempengaruhi suatu konten dalam hasil pencarian. 

Lalu, seberapa pentingkah keyword dalam sebuah artikel? dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan mengenai seberapa pentingnya keyword dalam sebuah konten.

Apa Itu Keyword? 

keyword dapat diartikan sebagai sebuah kata kunci yang mewakili isi dari suatu artikel ataupun konten. kata kunci tersebut nantinya akan diketik maupun dicari oleh pengguna internet di mesin pencari, lalu akan disimpan oleh database mesin pencari dan nantinya akan dianalisis sesuai dengan kebutuhan para pengguna internet. Penggunaan kata kunci juga tidak boleh sembarangan dan harus melakukan riset terlebih dahulu agar kata kunci tersebut dapat relevan dan tepat sasaran.

Lalu Apa Fungsi Keyword?

Keyword sendiri tidak hanya menjadi tujuan agar artikel atau konten yang kita share memiliki banyak penonton. Namun, juga berfungsi bagi perusahaan maupun individu. Berikut penjelasannya : 

1. Untuk Kepentingan Individu 

    Dengan mempelajari bagaimana riset keyword, dapat membuat kita membuka karier sebagai SEO specialist. Hal itu dikarenakan, kata kunci menjadi salah satu aspek penting dalam mesin pencarian. Sehingga, jika kita menguasai keyword maka kita akan mampu memenuhi apa kebutuhan yang sedang audiens butuhkan.

    2. Untuk Kepentingan Perusahaan 

      Tak hanya penting bagi individu, keyword juga sangat berperan penting bagi suatu perusahaan. Hal ini dikarenakan, dapat membantu menargetkan calon pelanggan. Cara itu merupakan trik agar nantinya perusahaan dapat dengan optimal untuk mengoptimalkan konten yang sedang dibutuhkan oleh calon pelanggan mereka.

      Tak hanya memiliki fungsi yang sangat berguna bagi perusahaan maupun individu, kata kunci juga memiliki berbagai jenis. Mari kita bahas : 

      Jenis-Jenis Keyword

      1. Berdasarkan Kata

        Keyword berdasarkan kata ini membagi dirinya menjadi dua jenis berdasarkan panjang katanya, yaitu:

        Short-tail Keyword

          Kata kunci yang digunakan mencangkup dua sampai tiga kata dan memiliki volume pencarian yang besar. Kata kunci yang digunakan dalam kategori ini relatif umum dan tidak terlalu spesifik.

          contohnya : digital marketing, mobil hemat energi, tips menabung, dan lain sebagainya.

          Long-tail Keyword

            Berbeda dengan Short-tail yang menggunakan dua hingga tiga kata, long-tail justru menggunakan tiga kata lebih dan lebih spesifik. Dengan menggunakan Long-tail kemungkinan memperbesar peluang mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian.

            contohnya : ‘BPJS dapat digunakan dimana’, ‘Cara membuat balon udang gelembung’, dan sebagainya.

            2. Berdasarkan Waktu

            Abadi (Evergreen)

              Jenis ini digunakan secara terus-menerus oleh pengguna internet. Hal ini dapat membuat konten kita selalu mendapatkan traffic walau sudah lama diunggah.

              Contohnya : ‘Cara membuat file dari word ke pdf’

                Trending musiman ini memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan jumlah penduduk pada musim tertentu. Hal itu dikarenakan momen trending setiap harinya berubah-ubah atau sesuai dengan momennya.

                Contohnya : ‘Benarkah Liam Payne meninggal dunia’

                Jadi, kata kunci sangat penting bagi suatu artikel maupun konten. Hal itu dikarenakan dapat menarik calon audiens yang lebih banyak untuk mengunjungi web ataupun konten yang sedang kita tawarkan.

                Nah, sekarang kalian sudah tau kan pentingnya keyword? oleh karena itu, jika kamu sedang membutuhkan informasi mengenai bagaimana cara membuat web atau desain sebuah produk, Alan Creative hadir untuk membantu kalian. Tunggu apalagi? hubungi kami sekarang juga untuk penawaran yang menarik!

                Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

                Facebook
                Twitter
                Pinterest
                LinkedIn

                PORTOFOLIO KAMI:

                PRODUK ALAN:

                Media Sosial kami:

                ARTIKEL POPULER!

                Dapatkan info terbaru!

                Dapatkan artikel & info terbaru!

                Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

                KATEGORI ARTIKEL

                Banyak artikel lain disini!

                Baca artikel lainnya...

                Buat Website Pakai AI, Mungkinkah

                Buat Website Pakai AI, Mungkinkah?

                Halo, Alan Lovers! Buat website pakai AI sekiranya apakah bisa? Mari temukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas, ya! Di era yang serba canggih

                Konsultasi aja dulu. Gratis!

                Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
                Konsultasi yuk ->
                Butuh konsultasi?
                Hai,

                Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

                Salam hangat,
                Alan Creative