fbpx
AMOLED vs Retina Display: Lebih Baik Mana?

AMOLED vs Retina Display: Lebih Baik Mana?

Halo, Alan Lovers! AMOLED vs Retina Display menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Pasalnya, kedua teknologi tersebut masih digunakan hingga saat ini untuk memberikan tampilan visual pada perangkat.

Lantas, seperti apa perbandingannya? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas ya, Alan Lovers!

Baca Juga: Ini Alasan Pengguna Android Pindah ke iPhone

AMOLED vs Retina Display

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, berikut adalah perbandingan dari AMOLED vs Retina Display:

Teknologi

AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) merupakan jenis layar yang menggunakan dioda organik untuk menghasilkan cahaya sendiri saat diberi daya. Lebih lanjut, setiap piksel pada layar AMOLED adalah dioda yang dapat menyala atau mati secara independen.

Sementara itu, Retina Display merupakan teknologi layar LCD (Liquid Crystal Display) yang menggunakan lampu latar (backlight) untuk menerangi piksel-pikselnya.

Kualitas Gambar

Dari segi kualitas gambar, layar AMOLED cenderung menampilkan kontras yang sangat tinggi, warna yang tajam, dan hitam yang mendalam. Dengan begitu, tampilan gambar pada layar AMOLED sangat cocok untuk menonton video dan bermain game.

AMOLED vs Retina Display: Lebih Baik Mana?
AMOLED vs Retina Display: Lebih Baik Mana? (Sumber: Unsplash)

Di lain sisi, Retina Display lebih dikenal dengan produksi warna yang akurat dan tempilan yang tajam. Meskipun tidak sekontras AMOLED, Retina Display masih menghasilkan gambar yang berkualitas untuk produksi kreatif.

Pengaruh ke Daya Tahan Baterai

Sebetulnya, keduanya sudah dibekali keunggulan untuk menghemat penggunaan baterai. Hanya saja, AMOLED terbilang lebih efisien dibandingkan dengan Retina Display.

Hal tersebut karena, AMOLED dapat mematikan piksel-piksel individual saat tampilan berwarna hitam atau gelap. Tentunya, hal ini bisa menghemat daya batrai pada penggunaan dengan tampilan gelap.

Kesimpulan

Kedua teknologi tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Dimana, pilihan antara keduanya tergantung pada preferensi pribadi serta penggunaan yang diinginkan.

Hanya saja, AMOLED cenderung cocok digunakan untuk hiburan multimedia. Sedangkan, Retina Display cocok untuk digunakan dalam berbagai pekerjaan seperti menulis dan mengĀ­-edit.

Apa boleh seaman itu buat aplikasi Android atau iOS lewat layanan di Alan Creative? Tentu! Dengan jaminan support selamanya serta harga yang tejangkau, Alan Creative siap mewujudkan aplikasi Android atau iOS impian Anda!

Tunggu apalagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Pengalaman Belajar Menggunakan Khan Academy

Halo, Alan Lovers! Kegiatan belajar mengajar bukan hanya berbicara mengenai transfer of knowledge atau menyampaikan informasi. Tetapi harus dilihat sebagai seni untuk menyampaikan informasi agar

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative