fbpx
Apa itu CAT dalam Seleksi CPNS?

Apa itu CAT dalam Seleksi CPNS?

Halo, Alan Lovers! Apakah Anda mengetahui apa itu CAT di dalam seleksi CPNS? Jika belum, Anda dapat menemukan jawabannya melalui artikel ini.

Jauh sebelumnya, seleksi CPNS dilakukan secara manual, sehingga menimbulkan beberapa celah untuk melakukan kecurangan. Akan tetapi, sistem CAT yang kini telah diterapkan dinilai mampu meminimalisir hal tersebut.

Lantas, apa itu CAT? Simak ulasan berikut ini hingga tuntas ya, Alan Lovers!

Apa itu CAT?

CAT (Computer Assisted Test) merupakan salah satu metode seleksi yang memanfaatkan teknologi komputer untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar. Adapun, CAT sendiri telah diterapkan dalam seleksi CPNS sejak tahun 2013.

Lebih lanjut, sistem CAT memungkinkan untuk menampilkan pertanyaan kepada peserta secara acak. Sehingga, dapat mengurangi adanya aksi kecurangan.

Baca Juga: 7 Produk Artificial Intelligence pada Kehidupan Sehari-hari

Tak hanya itu, CAT juga dapat memberikan informasi kelulusan secara langsung kepada para peserta. Dengan begitu, peserta tidak perlu menunggu lama untuk megetahui status kelulusan.

Kelebihan Sistem CAT

Adapun, berikut merupakan kelebihan dari sistem CAT yang perlu Anda ketahui:

Efisiensi

Seperti yang kita ketahui, CAT memanfaatkan komputer untuk mengerjakan soal. Sehingga, para peserta tidak perlu lagi repot-repot membawa perlengkapan tulis.

Selain itu, CAT juga memungkinkan agar soal dapat dikerjaan secara bersamaan oleh banyak peserta. Tentunya, hal ini bisa mengefisiensikan waktu dan juga tenaga bagi para pengawas.

Penilaian Otomatis

Lebih lanjut, jawaban peserta juga dapat dinilai secara otomatis oleh sistem komputer. Hal ini tentunya sangat membantu untuk mengurangi potensi kesalahan penilaian dan juga meminimalisir potensi kecurangan.

Apa itu CAT dalam Seleksi CPNS?
Apa itu CAT dalam Seleksi CPNS?

Instant Feedback

Dengan adanya sistem CAT, peserta ujian akan langsung mengetahui skor mereka setelah menyelesaikan ujian. Dengan begitu, para peserta tidak lagi harus menunggu lama untuk mengetahui status kelulusan.

Keamanan

Di lain sisi, sistem CAT juga dapat dirancang untuk menjaga keamanan ujian dengan menggunakan teknologi keamanan seperti identifikasi wajah atau sidik jari untuk memastikan identitas peserta.

Kekurangan Sistem CAT

Akan tetapi, penerapan sistem CAT juga memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya:

Keterbatasan Aksesibilitas

Adapun, sistem CAT membutuhkan akses ke perangkat komputer dan internet. Jika peserta tidak terbiasa dengan teknologi, hal ini bisa menjadi kendala bagi mereka.

Rentan Gangguan Teknis

Lebih lanjut, pemadaman listrik dan juga jaringan internet yang lambat menjadi hal yang bisa saja terjadi ketika proses ujian telah berlangsung. Jika tidak diantisipasi, hal ini dapat mengganggu kenyamanan dan ketertiban selama pelaksanaan ujian.

Keamanan Data

Di lain sisi, data yang telah disimpan di dalam sistem CAT harus dijaga secara ketat untuk menghindari potensi pelanggaran keamanan data milik peserta.

Kesimpulan

Nah, Anda sekarang tahu kan apa itu CAT? Dengan adanya teknologi ini, kecurangan dalam seleksi CPNS bisa diminimalisir. Sehingga, proses seleksi bisa berjalan secara transparan.

Mau bikin aplikasi website tapi takut tidak terindeks mesin pencari? Tenang! Jasa pembuatan aplikasi website di Alan Creative bisa menjadi solusi yang tepat!

Semua aplikasi website yang dibuat oleh Alan Creative telah dirancang khusus untuk SEO. Sehingga, aplikasi website milik Anda akan terindeks oleh mesin pencari. Tunggu apalagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Cara Menentukan Content Pillar yang Efektif

Cara Menentukan Content Pillar yang Efektif

Halo, Alan Lovers! Beberapa cara menentukan content pillar berikut ini wajib untuk Anda ketahui. Pasalnya, content pillar dapat memaksimalkan efektivitas strategi pemasaran bisnis melalui konten

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative