fbpx
produk artificial intelligence

7 Produk Artificial Intelligence Pada Kehidupan Sehari-Hari

Hi Alan Lovers, dalam era digitalisasi yang semakin pesat. Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) menjadi salah satu teknologi yang semakin berkembang dalam berbagai bidang. AI sendiri merupakan teknologi yang memungkinkan bertindak seperti manusia, sehingga dapat melakukan tugas-tugas yang kompleks secara otomatis dan lebih efisien. Untuk itu, sudah tahukah kamu contoh dari produk artificial intelligence di kehidupan kita?

Contoh Produk Artificial Intelligence

Berikut adalah beberapa contoh produk artificial intelligence yang kita bisa temukan sehari-hari

Peta dan Navigasi

Artificial intelligence (AI) yang digunakan dalam bidang peta dan navigasi adalah layanan peta digital. Dilengkapi dengan fitur AI untuk memperkirakan waktu tiba atau ETA (estimated time of arrival). AI pada layanan ini mampu mengumpulkan dan menganalisis data.

Seperti lalu lintas, kondisi cuaca, serta kecepatan dan jarak tempuh rute yang akan ditempuh. Layanan ini dapat memberikan estimasi waktu tiba yang lebih akurat dan real-time, serta menawarkan alternatif rute yang lebih cepat atau aman jika diperlukan.

Selain itu, AI juga digunakan dalam aplikasi navigasi yang dapat membantu pengguna dalam menemukan lokasi. Fitur AI pada aplikasi ini dapat mempelajari kebiasaan pengguna. Contohnya lokasi favorit dan preferensi rute, serta memberikan rekomendasi rute yang paling sesuai dan optimal berdasarkan kebutuhan pengguna.

Penerapan teknologi AI pada bidang peta dan navigasi tidak hanya memberikan kemudahan bagi pengguna, tetapi juga dapat membantu mengurangi kemacetan dan memperbaiki pengelolaan lalu lintas secara keseluruhan.

Face ID

Teknologi ini memungkinkan pengguna perangkat komunikasi untuk membuka kunci perangkat dengan mudah dan cepat hanya dengan menggunakan pengenalan wajah atau facial recognition.

Face ID menggunakan teknologi AI untuk memindai dan membandingkan ribuan titik unik pada wajah pengguna, termasuk detail seperti bentuk wajah, kedalaman, dan tekstur kulit. Dengan memanfaatkan teknologi neural network, Face ID dapat mempelajari wajah pengguna secara dinamis dan mampu membedakan antara wajah asli dengan wajah palsu atau rekaman video.

Selain untuk membuka kunci perangkat, Face ID juga dapat digunakan untuk mengamankan data pribadi dan transaksi keuangan, seperti pembelian dalam aplikasi. Teknologi ini telah terbukti sangat aman dan sulit untuk ditembus oleh metode rekayasa sosial atau teknik hacking.

E-Payment

E-payment atau pembayaran elektronik adalah salah satu contoh produk artificial intelligence (AI) yang semakin populer digunakan dalam transaksi keuangan. Teknologi AI digunakan untuk mempermudah dan mempercepat proses pembayaran, serta mengurangi risiko keamanan dalam transaksi finansial.

Beberapa contoh produk e-payment yang menggunakan teknologi AI antara lain adalah pembayaran melalui aplikasi mobile banking atau dompet digital. Teknologi AI digunakan untuk mempelajari kebiasaan pengguna dalam melakukan transaksi, sehingga dapat memberikan rekomendasi pembayaran yang lebih cepat dan efisien.

Selain itu, teknologi AI juga digunakan untuk melakukan analisis risiko dan keamanan pada transaksi keuangan. Dengan memanfaatkan machine learning dan big data analytics, teknologi AI dapat mempelajari pola transaksi dan mendeteksi aktivitas yang mencurigakan atau tidak normal. Dengan demikian, teknologi AI dapat membantu mengurangi risiko keamanan pada transaksi finansial.

Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu contoh produk artificial intelligence (AI) yang memiliki peran penting dalam interaksi sosial dan informasi di era digital. Teknologi AI digunakan pada media sosial untuk mempermudah pengguna dalam mengakses informasi yang relevan, memperkuat engagement, dan meningkatkan keamanan pengguna.

Salah satu penerapan teknologi AI pada media sosial adalah sistem rekomendasi konten. Dalam hal ini, teknologi AI digunakan untuk mempelajari preferensi dan perilaku pengguna, kemudian memberikan rekomendasi konten yang relevan dan sesuai dengan minat pengguna. Teknologi ini dapat memperkuat engagement pengguna dan meningkatkan durasi interaksi di platform media sosial.

Selain itu, teknologi AI juga digunakan untuk meningkatkan keamanan pengguna pada media sosial. Misalnya, teknologi AI dapat digunakan untuk mendeteksi konten berbahaya, spam, atau aktivitas yang mencurigakan seperti penyebaran hoaks dan cyberbullying. Dengan teknologi AI, media sosial dapat secara otomatis menghapus konten yang melanggar aturan dan melindungi pengguna dari paparan konten yang tidak pantas.

Baca Juga: Perkembangan Artificial Intelligence (AI) di Indonesia

produk artificial intelligence
Ilustrasi Produk Artificial Intelligence | Sumber: Unsplash

Voice Assistant

Voice assistant merupakan contoh produk artificial intelligence (AI) yang banyak digunakan pada perangkat mobile, smart speaker, dan perangkat lainnya. Teknologi AI digunakan untuk memungkinkan interaksi suara antara pengguna dan perangkat, serta memberikan berbagai fitur dan layanan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam voice assistant, teknologi AI digunakan untuk mengenali suara pengguna dan memahami perintah yang diberikan. Dengan menggunakan teknologi natural language processing (NLP) dan machine learning, voice assistant dapat mempelajari kebiasaan pengguna dan memberikan respons yang sesuai dengan permintaan pengguna. Voice assistant juga dapat diintegrasikan dengan layanan dan aplikasi lain, seperti pengaturan jadwal, pemesanan makanan, pembelian tiket, dan masih banyak lagi.

Selain itu, voice assistant juga dapat meningkatkan efisiensi dan kenyamanan dalam penggunaan perangkat. Misalnya, voice assistant dapat digunakan untuk mengontrol perangkat rumah pintar seperti lampu, pengaturan suhu ruangan, dan alat elektronik lainnya tanpa harus menggunakan remote atau aplikasi.

Voice assistant juga dapat digunakan sebagai asisten pribadi, seperti membantu pengguna mengatur jadwal, mengingatkan pengguna tentang tugas penting, dan memberikan rekomendasi sesuai dengan preferensi pengguna.

Rekomendasi Pencarian

Produk artificial intelligence (AI) ini pada mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. Teknologi AI digunakan untuk memberikan rekomendasi hasil pencarian yang lebih relevan dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Dalam rekomendasi pencarian, teknologi AI menggunakan algoritma machine learning untuk mempelajari preferensi dan perilaku pengguna. Teknologi AI akan mempelajari kata kunci yang digunakan pengguna, jenis konten yang dicari, dan lokasi pengguna. Berdasarkan data tersebut, teknologi AI akan memberikan rekomendasi hasil pencarian yang lebih relevan dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Tidak hanya itu, teknologi AI juga dapat membantu dalam mengenali dan memahami konteks dari permintaan pencarian pengguna. Misalnya, teknologi AI dapat memahami konteks geografis dan waktu sehingga memberikan rekomendasi hasil pencarian yang lebih akurat. Teknologi AI juga dapat memahami permintaan yang diajukan dengan bahasa alami (natural language processing) sehingga memberikan rekomendasi hasil pencarian yang lebih spesifik dan detail.

Editor Tulisan

Contoh produk artificial intelligence (AI) ini adalah untuk membantu dalam mengedit atau memperbaiki tulisan. Teknologi AI digunakan untuk menganalisis dan memeriksa tulisan sehingga dapat memberikan saran atau rekomendasi untuk memperbaiki kesalahan dalam penulisan.

Editor tulisan menggunakan algoritma machine learning untuk mempelajari bahasa dan tata bahasa yang tepat dalam sebuah tulisan. Teknologi AI akan memeriksa kesalahan gramatikal, ejaan, dan tata bahasa serta memberikan rekomendasi perbaikan dengan tepat. Selain itu, teknologi AI juga dapat memberikan saran dalam memperbaiki gaya penulisan dan struktur tulisan sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas tulisan.

Beberapa fitur yang dapat dimiliki oleh editor tulisan dengan teknologi AI antara lain:

  • Koreksi ejaan dan tata bahasa
  • Koreksi gramatikal
  • Koreksi tanda baca
  • Koreksi gaya penulisan
  • Koreksi struktur tulisan

Kesimpulan

Teknologi artificial intelligence (AI) telah berkembang pesat dan memberikan kontribusi besar pada kehidupan manusia. Setiap contoh produk AI diatas memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing, namun semuanya memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas dalam aktivitas manusia.

Dalam era digital saat ini, teknologi AI semakin berkembang dan memberikan peluang besar bagi inovasi dan kemajuan di masa depan. Namun, tantangan dan risiko juga perlu dihadapi dalam pengembangan dan penggunaan teknologi AI, seperti masalah keamanan dan privasi data. Oleh karena itu, perlu adanya pengawasan dan regulasi yang tepat untuk memastikan teknologi AI digunakan secara etis dan bertanggung jawab.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan tentang contoh produk Artificial Intelligence (AI) pada kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, jika kamu sedang membutuhkan informasi tentang produk-produk AI mungkin Alan Creative bisa jadi solusinya. Temukan kebutuhan layanan inovasi teknologi mu disini.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Speaker HP Kemasukan Air? Pake Cara Ini!

Speaker HP Kemasukan Air? Pake Cara Ini!

Halo, Alan Lovers! Speaker HP kemasukan air? gak usah panik! Gunakan beberapa cara berikut ini untuk memperbaikinya. Adapun, speaker HP memiliki peranan penting untuk mengetahui

5 Rekomendasi Framework Node.js

Halo, Alan Lovers! Seperti yang kita ketahui bahwa Node.js adalah perangkat lunak berbasis Javascript yang bersifat open source. Perangkat ini bekerja di berbagai platform untuk

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative