Halo, Alan Lovers! Anda harus mengetahui apa itu Voice Search Optimization. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan traffic website melalui pencarian suara.
Di zaman yang serba canggih ini, seluruh kebutuhan dapat diakses dengan mudah melalui internet. Di samping itu, banyak orang yang memafaatkan internet untuk menemukan jawaban dari masalah yang mereka butuhkan.
Alih-alih mengetiknya secara langsung, kini segala pencarian pun dapat dilakukan menggunakan suara. Sebagai contoh, Google Assistant, Alexa, hingga Siri sudah terintegrasi dengan mesin pencari untuk menemukan jawaban dari penggunanya melalui suara.
Oleh karena itu, hal tersebut menjadi pertimbangan bagi para penyedia jasa software house dan digital marketing agency di Jakarta ataupun sekitaranya, bahwa optimasi website melalui SEO (Search Engine Optimization) saja tidak cukup.
Lantas, apa itu Voice Search Optimization? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas ya!
Apa itu Voice Search Optimization?
Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, Voice Search Optimization adalah strategi pemasaran digital yang dirancang untuk meningkatkan visibiliatas dan kemudahaan akses ke situs web Anda melalui pencarian suara.
Misalnya, Anda ingin mengetahui ‘cuaca di Jakarta’. Jika Anda menggunakan fitur voice search, besar kemungkinan Anda akan mengatakan ‘bagaimana cuaca di Jakarta?’, bukan begitu?
Nah, hal tersebut yang akhirnya memunculkan bahwa voice search optimization itu penting untuk dilakukan. Lantas, bagaimana caranya?
Baca Juga: Contoh Kampanye Digital Marketing yang Sukses
Cara Menentukan Voice Search Optimization
Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menentukan Voice Search Optimization:
Bepikir Secara Percakapan
Pertama, Anda harus memahami bagaimana pengguna melakukan pencarian suara. Biasanya, pencarian suara sering kali lebih alami layaknya berbicara. Hal ini berbeda dengan pencarian teks yang lebih singkat dan padat.
Sebagai contoh, jika seseorang mencari jasa software house yang berada di Jakarta, mereka mungkin akan mengetikkan kata kunci ‘Jasa software house di Jakarta’.
Sedangkan, jika mereka menggunakan fitur voice search, besar kemungkinan mereka akan melontarkan pertanyaan seperti ‘Dimana tempat jasa software house di Jakarta?’.
Dari hal tersebut dapat dilihat, bahwa versi pencarian suara lebih panjang, bersifat pertanyaan, dan seperti percakapan daripada versi yang diketika langsung di mesin pencarian.
Dengan begitu, Anda harus memikirkan bagaimana audiens akan mengajukan pertanyaan tentang produk dan layanan Anda, daripada menargetkan kata kunci umum yang pendek.
Baca Juga: Bagaimana Brand Terkenal Menggunakan Digital Marekting?
Optimasi Lokal
Lebih lanjut, jika bisnis Anda memiliki lokasi fisik, pastikan untuk mengoptimalkan informasi lokasi bisnis Anda seperti alamat, nomor telepon, jam operasi, hingga media sosial.
Hal tersebut dikarenakan, pencarian suara sering kali menampilkan situs web yang memiliki informasi bisnis yang lengkap.
Mobile-Friendly
Mengingat fitur voice search seringkali digunakan pada perangkat mobile, situs web yang Anda miliki harus mampu beradaptasi dengan berbagai macam ukuran layar.
Selain itu, website yang mobile-friendly juga bisa memberikan kenyamanan bagi para pengunjungnya ketika berselancar di website milik Anda.
Optimasi Kecepatan Website
Selain mobile-friendly, website yang Anda miliki juga dituntut untuk bisa dimuat dengan cepat. Hal ini karena, pengguna yang menggunakan fitur voice search cenderung ingin mendapatkan jawaban yang instan.
Penggunaan Header yang Tepat
Cara berikutnya, pastikan konten Anda menggunakan header yang tepat. Pasalnya, hal ini dapat membuat mesin pencari lebih mudah untuk memahami isi konten yang Anda buat.
Baca Juga: Jenis-jenis Content Pillar: Biar Gampang Bikin Konten
Kesimpulan
Nah, Anda jadi tahu kan apa itu Voice Search Optimization? Dengan begitu, webstie yang Anda buat bisa ditemukan oleh pengguna yang menggunakan fitur voice search.
Gratis konsultasi selamanya, harga jasa sesuai kebutuhan Anda.
Alan Creative sebagai Software house profesional dan Digital Agency di Jakarta melayani pembuatan aplikasi yang sesuai dengan impian bisnis Anda. Tunggu apalagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!