fbpx
pexels-startup-stock-photos-212286

Apa Perbedaan Antara Customer Journey dan Buyer Journey?

Halo, Alan Lovers! Dalam dunia pemasaran yang semakin berkembang, membuat pengalaman konsumen menjadi kunci strategi yang efektif. Dua istilah yang sering terdengar ialah Customer Journey dan Buyer Journey, walau terdengar sama namun dua kata itu memiliki fokus yang berbeda. 

Lalu, apa perbedaan antara Customer Journey dan Buyer Journey? Yuk simak artikel ini untuk memahami dua istilah penting yang ada dalam dunia pemasaran.

1. Perbedaan Pengertian 

    • Customer Journey berfokus pada proses untuk membangun dan memperkuat hubungan antara brand dan calon pembeli.
    • Buyer Journey ialah proses pengambilan keputusan sebelum dilakukannya pembelian.

    2. Prioritas 

      • Customer Journey berfokus pada bagaimana menyiapkan cara pandang konsumen terhadap produk yang sedang ditawarkan. Hal ini meliputi interaksi dari sebelum hingga terjadinya transaksi terjadi.
      • Buyer Journey lebih berfokus pada apa yang akan dilakukan konsumen sebelum melakukan transaksi. Hal ini lebih berfokus pada apa yang dipikirkan konsumen.

      3. Sasaran

        • Customer Journey sendiri lebih berfokus pada bagaimana cara meningkatkan pengalaman konsumen. Karena hal itulah, meningkatkan kepuasan, loyalitas konsumen merupakan tujuan mereka.
        • Buyer Journey bertujuan untuk bagaimana cara merancang strategi pemasaran untuk dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yang kita miliki.

        4. Strategi 

          • Customer Journey mempertimbangkan bagaimana pandangan konsumen setelah membeli produk kita. 
          • Buyer Journey justru lebih terfokus pada pendekatan pemasaran dan penjualan, yang harus mempengaruhi keputusan konsumen agar membeli produk kita.

          5. Proses

          • Customer Journey mencakup tahapan kesadaran – pertimbangan – pembelian – penggunaan – dukungan – retensi
          • Buyer Journey hanya mencakup 3 hal yaitu, kesadaran – pertimbangan – keputusan.

          Dari penjelasan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa perbedaan antara Customer Journey dan Buyer Journey terlihat dari fokus proses mereka. Customer Journey lebih mementingkan bagaimana pengalaman konsumen dalam penggunaan produk, sedangkan Buyer Journey lebih berfokus pada bagaimana konsumen dapat membuat keputusan hingga ada pembelian suatu produk.

          Jika kalian masih bingung mengenai bagaimana mulai melakukan pemasaran suatu produk, tenang saja Alan Creative hadir untuk membantu kalian. Jadi tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk penawaran yang menarik!

          Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

          Facebook
          Twitter
          Pinterest
          LinkedIn

          PORTOFOLIO KAMI:

          PRODUK ALAN:

          Media Sosial kami:

          ARTIKEL POPULER!

          Dapatkan info terbaru!

          Dapatkan artikel & info terbaru!

          Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

          KATEGORI ARTIKEL

          Banyak artikel lain disini!

          Baca artikel lainnya...

          Konsultasi aja dulu. Gratis!

          Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
          Konsultasi yuk ->
          Butuh konsultasi?
          Hai,

          Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

          Salam hangat,
          Alan Creative