fbpx
ux-indonesia-pqzRfBhd9r0-unsplash

Bagaimana Cara Membuat Customer Journey Map yang Baik Bagi Bisnis? 

Halo, Alan Lovers!  Customer Journey Map merupakan langkah penting untuk dapat memahami apa yang pelanggan rasakan selama bertransaksi dengan produk yang sedang kita tawarkan. Dengan memahami Customer Journey Map, perusahaan dapat mengambil tindakan yang tepat untuk dapat mengambil keputusan dalam memenuhi harapan pelanggan.

Lalu, bagaimana cara membuat Customer Journey Map yang benar agar dapat meningkatkan loyalitas dan penjualan? berikut penjelasannya.

1. Menentukan Tujuan yang Terperinci 

    Sebelum memulai untuk membuat Customer Journey Map, kita sebagai pemilik produk harus mengetahui tujuan dari pembuatan peta ini. Mulai dari siapa target kita hingga apa yang kita ingin capai. 

    2. Identifikasi Pelanggan

      Pada tahap ini kita harus sudah mengetahui siapa pelanggan yang sedang menjadi target pasar produk kita. Pertimbangn ini dapat dilihat dari karakteristik demografis, kebutuhan dan tantangan apa yang pelanggan sedang temui. 

      3. Fokus Pada Target 

        Setelah mengetahui siapa target pasar kita, kita perlu mempersempit fokus  penargetan. Hal ini dilakukan agar mempermudah kita dalam melakukan pengamatan dalam pengalaman pelanggan nantinya.

        4. Menentukan Touchpoints 

          Touchpoints merupakan sarana komunikasi untuk dapat berhubungan dengan bisnis kita, atau dapat dikatakan sebagai tahap interaksi baik offline maupun online. Hal yang perlu diperhatikan adalah layanan yang kita berikan baik di toko offline maupun online, iklan dan media sosial. Karena, dengan memperhatikan touchpoints maka kita dapat dengan mudah memahami tujuan dari perjalanan pelanggan nantinya.

          5. Umpan Balik

            Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ialah pengumpulan pengalaman yang dimiliki pelanggan, data ini dapat diperoleh dari berbagai sumber mulai dari analisis data maupun komentar yang diberikan oleh pelanggan. Dengan hal ini, kita akan dapat mengetahui apa yang sedang dirasakan oleh pelanggan.

            6. Pahami Perasaan Pelanggan 

              Tahap ini merupakan tahap dimana kita memperhatikan apa yang mereka rasakan ketika sedang berkomunikasi dengan merek yang kita tawarkan atau bertanya tentang seberapa puas mereka terhadap layanan dan produk kita.

              7. Menggambarkan Peta Perjalanan Pelanggan 

                Sebagai pemilik bisnis dan produk, kita perlu memvisualisasikan Customer JOurney Map. Hal ini dilakukan agar kita mengetahui sudah sejauh mana pengalaman pelanggan yang sudah kita berikan. Setelah itu, barulah kita analisis untuk dapat mengoptimalkan layanan yang kita berikan.

                8. Analisis Peluang

                  Setelah menganalisis peta perjalanan pelanggan, barulah kita akan menemukan apa yang perlu diperbaiki dan memunculkan peluang baru agar dapat meningkatkan pengalaman yang dirasakan pelanggan.

                  9. Update atau Cek Secara Berkala

                    Cara terakhir ialah selalu cek secara berkala, hal ini dapat dilihat pada ulasan yang diberikan pelanggan. Cara ini penting dilakukan agar dapat terus memberikan yang terbaik bagi bisnis kita.

                    So, itulah langkah-langkah yang dapat membuat Customer Journey Map yang baik dan efektif. Dengan menggunakan cara yang benar maka kita akan memahami dan akan terus meningkatkan pengalaman pelanggan atas produk yang kita miliki. 
                    Btw, masih bingung bagaimana cara memulai mempromosikan bisnis agar menarik? Tenang, Alan Creative hadir untuk membantu kalian. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk penawaran yang menarik!

                    Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

                    Facebook
                    Twitter
                    Pinterest
                    LinkedIn

                    PORTOFOLIO KAMI:

                    PRODUK ALAN:

                    Media Sosial kami:

                    ARTIKEL POPULER!

                    Dapatkan info terbaru!

                    Dapatkan artikel & info terbaru!

                    Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

                    KATEGORI ARTIKEL

                    Banyak artikel lain disini!

                    Baca artikel lainnya...

                    Apa itu Voice Search Optimization?

                    Apa itu Voice Search Optimization?

                    Halo, Alan Lovers! Anda harus mengetahui apa itu Voice Search Optimization. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan traffic website melalui pencarian suara. Di zaman yang serba

                    Konsultasi aja dulu. Gratis!

                    Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
                    Konsultasi yuk ->
                    Butuh konsultasi?
                    Hai,

                    Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

                    Salam hangat,
                    Alan Creative