Penerapan Guerilla Marketing, Ampuh Untuk Bisnis!

Bagikan

Halo Alan Lovers, sudah pernah dengar tentang Guerilla Marketing? Strategi pemasaran yang satu ini mengandalkan pemikiran kreatif dan berpotensi mendulang keuntungan besar loh. Yuk ketahui apa saja penerapan Guerilla Marketing untuk pengembangan bisnis Anda.

Guerrilla marketing sendiri merupakan teknik pemasaran yang menggunakan strategi dan taktik inovatif, tidak terduga, dan terbatas dalam biaya untuk mencapai sasaran pasar. Ide-ide guerrilla marketing biasanya terfokus pada menciptakan buzz dan meningkatkan brand awareness dengan cara yang unik dan menarik perhatian. Yuk simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Pengertian Guerilla Marketing Untuk Bisnis

Jenis Guerilla Marketing

Ada berbagai jenis guerilla marketing yang dapat dilakukan, tergantung pada tujuan dan target pasar yang ingin dicapai. Berikut adalah beberapa jenis guerilla marketing yang umum dilakukan:

  1. Guerilla advertising: Guerilla advertising adalah strategi pemasaran yang menggunakan iklan yang unik dan tidak terduga untuk mencapai sasaran pasar. Contohnya adalah dengan menempatkan iklan di tempat-tempat yang tidak biasa, seperti di toilet, di kereta api, atau di pesawat terbang.
  2. Guerilla public relations: Guerilla public relations adalah strategi pemasaran yang menggunakan teknik public relations yang tidak biasa untuk mencapai sasaran pasar. Contohnya adalah dengan menyelenggarakan acara atau event yang bertema sesuai dengan produk atau layanan yang ingin ditawarkan.
  3. Guerilla social media marketing: Guerilla social media marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan media sosial untuk mencapai sasaran pasar. Contohnya adalah dengan memanfaatkan platform seperti Facebook, Instagram, dan Twitter untuk menyebarkan pesan promosi dan membangun buzz di kalangan target pasar.
  4. Guerilla email marketing: Guerilla email marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan email untuk mencapai sasaran pasar. Contohnya adalah dengan mengirimkan email yang menarik dan bertema sesuai dengan produk atau layanan yang ingin ditawarkan.
  5. Guerilla event marketing: Guerilla event marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan acara atau event untuk mencapai sasaran pasar. Contohnya adalah dengan menyelenggarakan workshop, seminar, atau pameran yang bertema sesuai dengan produk atau layanan yang ingin ditawarkan.
  6. Guerilla word of mouth marketing: Guerilla word of mouth marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan orang-orang di sekitar Anda sebagai sumber referensi produk atau layanan yang ingin ditawarkan. Contohnya adalah dengan memberikan diskon atau reward kepada pelanggan yang merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.

Bagaimana Penerapan Guerilla Marketing?

Guerrilla marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang menggunakan cara-cara kreatif, inovatif, dan tidak biasa untuk mencapai sasaran pasar dengan biaya yang relatif rendah. Ide-ide guerilla marketing bisa sangat beragam, tergantung pada tujuan dan target pasar yang ingin dicapai. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam penerapan guerilla marketing:

1. Menggunakan Media Sosial

Salah satu cara yang efektif untuk melakukan guerilla marketing adalah dengan menggunakan media sosial. Dengan memanfaatkan platform seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, Anda dapat menyebarkan pesan promosi dan membangun buzz di kalangan target pasar.

2. Menggunakan Promosi Street Marketing

Street marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan di jalanan atau tempat umum. Anda dapat melakukannya dengan cara menempatkan spanduk, baliho, atau bahkan menyewa pengendara sepeda yang akan menyebarkan pesan promosi Anda ke seluruh penjuru kota.

3. Menggunakan Event dan Acara

Anda dapat menggunakan acara atau event sebagai sarana untuk melakukan guerilla marketing. Misalnya dengan mengadakan workshop, seminar, atau pameran yang bertema sesuai dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

4. Menggunakan Teknik Surprise Marketing

Surprise marketing adalah strategi pemasaran yang mengejutkan dan tidak terduga. Anda dapat menggunakan teknik ini dengan cara menyelenggarakan flash mob, menyebarkan goodie bag yang terdapat produk atau voucher promosi, atau mengadakan event pop-up yang tidak terduga di suatu tempat.

5. Menggunakan Teknik Word of Mouth Marketing

Word of mouth marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan orang-orang di sekitar Anda sebagai sumber referensi produk atau layanan yang Anda tawarkan. Anda dapat melakukannya dengan cara memberikan diskon atau reward kepada pelanggan yang merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.

Itulah tadi berbagai jenis, contoh dan penerapan Guerilla Marketing yang dapat Anda coba. Penerapan guerilla marketing membutuhkan kreativitas dan inovasi dalam menyampaikan pesan promosi kepada target pasar. Dengan menggunakan strategi yang tepat, Anda dapat mencapai hasil yang maksimal dengan biaya yang relatif rendah.

Anda membutuhkan jasa digital marketing untuk optimalkan keuntungan bisnis? Tenang, Anda dapat mengandalkan jasa Social Media Ads yang menawarkan keuntungan prospektif loh. Yuk hubungi Alan Creative sekarang juga, konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama kami.

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative