fbpx
UMKM Go Digital

UMKM Go Digital, Strategi Optimalkan Keuntungan

Halo Alan Lovers, sudah pernah dengar tentang kampanye UMKM Go Digital? Strategi ini mulai digalakkan oleh Kominfo sejak pertengahan tahun 2022 loh. Lalu, apa sih pentingnya strategi ini dan bagaimana cara mewujudkannya? Yuk simak informasi lebih lengkapnya lewat artikel yang satu ini.

UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) sendiri merupakan salah satu golongan usaha yang biasanya dimiliki perorangan. Contohnya adalah penjual kerajinan tangan, penjaja makanan ringan dan lain sebagainya. Pada era digital ini, UMKM harus aktif untuk menyesuaikan diri agar tetap menarik minat pelanggan. Nah, salah satu caranya adalah dengan bergerak dinamis dan mendukung penuh digitalisasi.

Apa Itu UMKM Go Digital?

UMKM Go Digital adalah upaya untuk mengadopsi teknologi digital guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam menjalankan bisnis. Strategi ini meliputi pemanfaatan media sosial, website, marketplace, dan teknologi lainnya untuk memperluas jangkauan pasar. Tidak hanya itu, strategi ini juga berfungsi untuk meningkatkan branding, mempermudah proses transaksi, dan mempercepat pengambilan keputusan bisnis berdasarkan data.

Mengapa UMKM Penting Untuk Melek Digital?

Sangat penting bagi UMKM untuk melek digital karena teknologi digital telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari bisnis modern. Dengan melek digital, UMKM dapat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional, meningkatkan daya saing, dan memperluas jangkauan pasar. Selain itu, melek digital juga dapat membantu UMKM untuk mengumpulkan data dan informasi yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik. Dalam era digital ini, UMKM yang tidak menyesuaikan diri akan kesulitan untuk bertahan dan bersaing dengan pesaingnya yang telah memanfaatkan teknologi dengan baik.

Strategi UMKM Go Digital

Lalu, bagaimana caranya untuk mewujudkan strategi pengembangan UMKM ini? Terdapat beberapa langkah mendasar dan juga optimalisasi yang perlu dilakukan. Berikut ini merupakan strategi UMKM Go Digital yang dapat kalian coba.

1. Website Bisnis Sederhana

Hal pertama yang dapat kalian lakukan adalah membuat website bisnis sederhana. Tidak perlu berisi halaman penuh fitur, cukup menampilkan informasi menarik dengan visual yang nyaman saja. Pastikan aksesibilitas website nyaman untuk perangkat mobile maupun desktop ya. Kalian dapat menggunakan layanan jasa pembuatan website jika ingin hasil yang lebih optimal dan SEO friendly.

2. Promosi Menggunakan Media Sosial

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan secara pribadi dengan mudah adalah memanfaatkan media sosial. Buat konten menarik mengenai produk atau jasa yang kalian tawarkan lalu sebarkan melalui berbagai platform media sosial. Kalian juga bisa mencoba untuk aktif berkontribusi ke beberapa akun terkait untuk mendapatkan lebih banyak interaksi. Tidak ada salahnya juga untuk menggunakan layanan jasa konten media sosial berbayar guna mendapatkan keuntungan optimal.

3. Kolaborasi dengan Marketplace

UMKM x marketplace? Jelas bisa dong! Saat ini, banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh marketplace guna mendukung lebih banyak lini usaha. Jualan kecil-kecilan seperti produk kerajinan dan juga makanan ringan sudah bisa dimasukkan dalam marketplace. Apalagi tren belanja masyarakat sudah banyak yang berubah dari offline store menuju ke marketplace yang lebih praktis.

4. Sistem Pembayaran Online

Tahu nggak sih kalau saat ini cashless sudah menjadi hal yang sering ditemukan? Ini merupakan peluang yang baik untuk UMKM mulai menerapkan sistem pembayaran online. Pelanggan yang ingin membeli produk atau menggunakan layanan aja tinggal scan dan beres deh. Generasi muda yang gemar cashless pun jadi tidak perlu ragu untuk berbelanja.

Nah, itulah tadi beberapa strategi UMKM Go Digital yang dapat kalian coba terapkan. Meski membutuhkan keahlian lebih dan mungkin tambahan biaya, tetapi strategi ini bisa optimalkan keuntunganmu loh. Modal dan usaha lebih di awal, untung melimpah kemudian. Menarik kan? Yuk dukung terus program Kominfo ciptakan UMKM Go Digital.

Butuh bantuan untuk promosi online, pembuatan website atau konten media sosial berkualitas? Jangan ragu untuk menggunakan layanan jasa profesional dari Alan Creative ya. Semua dapat disesuaikan dengan kebutuhan, target dan juga budget kalian. Ingin tahu informasi lebih lanjut? Yuk hubungi Alan Creative sekarang juga.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

ROI facebook ads

Tips Meningkatkan ROI di Facebook Ads

Hi Alan Lovers, Facebook Ads adalah salah satu alat pemasaran digital yang paling efektif dan populer yang digunakan oleh bisnis untuk menjangkau calon pelanggan. Namun,

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative