Apa Itu Guerilla Marketing? Ketahui Manfaatnya!

Bagikan

apa itu guerilla marketing

Halo Alan Lovers, pernah dengar tentang Guerilla Marketing? Strategi pemasaran yang satu ini memang masih asing, tetapi ampuh meningkatkan brand awareness dan penjualan loh. Untuk itu, yuk ketahui pengertian dan manfaat dari Guerilla Marketing untuk bisnis Anda.

Marketing sendiri adalah salah satu bidang krusial yang tentukan kesuksesan bisnis. Bagaimana bisnis dapat dikenal, berkembang dan keuntungan besar atau kecil tergantung pada strategi marketing yang diterapkan. Tidak heran, saat ini semakin banyak inovasi strategi marketing yang ada di pasar bisnis. Salah satunya, Guerilla Marketing yang akan dibahas lebih lengkap di bawah ini.

Apa Itu Guerilla Marketing?

Guerrilla marketing adalah teknik pemasaran yang menggunakan cara yang inovatif, tidak terduga, dan sedikit biaya untuk mencapai sasaran pasar. Ide-ide taktik ini fokus pada menciptakan buzz dan brand awareness dengan cara yang unik dan menarik perhatian. Tujuan utama teknik ini adalah untuk mencapai sasaran pasar dengan biaya yang lebih rendah dari metode pemasaran tradisional. Misalnya seperti iklan televisi atau radio dan hasil yang lebih besar dari yang diharapkan.

Contoh taktik ini adalah menggunakan teknik guerilla art, menempatkan iklan di lokasi yang tidak terduga. Kemudian, adakan acara di luar ruang, atau memanfaatkan media sosial dan internet untuk sebar pesan marketing ke audiens yang luas. Ide-ide ini fokus pada menciptakan buzz dan meningkatkan brand awareness dengan cara yang unik dan menarik perhatian.

Baca juga: Jenis Dan Contoh Penerapan Guerilla Marketing, Ampuh Kembangkan Bisnis!

Prinsip Guerilla Marketing

Guerrilla marketing sangat penting untuk perusahaan kecil yang tidak punya anggaran iklan besar, tetapi ingin hasil sama dengan perusahaan besar. Namun, bahkan perusahaan besar dapat menggunakan taktik ini untuk mencapai sasaran pasar yang spesifik.

Ada 8 prinsip utama dalam guerrilla marketing:

1. Fokus pada Sasaran Pasar yang Spesifik

Menggunakan cara yang tepat dengan sasaran pasar yang spesifik akan bantu mencapai hasil yang lebih baik.

2. Gunakan Kreativitas dan Inovasi

Ide-ide yang unik dan inovatif akan bantu menarik perhatian dan menciptakan buzz di sekitar brand.

3. Terbatas dalam Biaya

Menggunakan biaya yang sedikit butuh kreativitas dan inovasi dalam menyusun strategi marketing.

4. Menggunakan Lokasi yang Tidak Terduga

Menempatkan iklan atau buat acara di lokasi yang tidak terduga dapat menarik perhatian dan bantu meningkatkan brand awareness.

5. Mengintegrasikan Media Sosial

Menggunakan media sosial untuk menyebarkan pesan marketing dan menciptakan buzz di sekitar brand.

6. Fokus pada Pengalaman Pelanggan

Menciptakan pengalaman yang baik bagi pelanggan akan bantu meningkatkan loyalitas pada brand dan menciptakan buzz positif di sekitar brand.

7. Menggunakan Teknik Guerilla Art

Menggunakan teknik grafiti atau tanda tangan di lokasi yang tidak terduga, dapat menarik perhatian dan meningkatkan brand awareness.

8. Menggunakan Storytelling

Menggunakan cerita dan narasi yang kuat dapat bantu menghubungkan brand dengan sasaran pasar dan meningkatkan brand awareness.

Manfaat Guerilla Marketing

Ada beberapa manfaat utama dari strategi guerrilla marketing:

  1. Guerrilla marketing biasanya punya biaya yang lebih rendah dari metode pemasaran tradisional, seperti iklan televisi atau radio.
  2. Ide-ide yang inovatif dan tidak terduga dapat menciptakan buzz di sekitar brand dan bantu meningkatkan brand awareness.
  3. Menggunakan cara yang menyentuh emosi pelanggan atau menciptakan pengalaman yang tidak terlupakan dapat bantu meningkatkan interaksi pelanggan dengan brand.
  4. Menciptakan pengalaman yang baik bagi pelanggan dapat bantu meningkatkan loyalitas pada brand.
  5. Ide-ide yang unik dan inovatif dapat bantu menarik perhatian dan meningkatkan brand awareness di pasar.
  6. Dengan meningkatkan brand awareness dan loyalitas pelanggan, strategi ini dapat bantu meningkatkan penjualan.

Nah, itulah tadi informasi tentang Guerilla Marketing yang perlu Anda ketahui. Berminat untuk menggunakan strategi marketing yang out of the box ini? Pastikan Anda sudah punya perencanaan yang matang dan tepat sesuai kebutuhan maupun budget terlebih dahulu. Dengan begitu, potensi keberhasilan strategi pemasaran pun akan semakin besar.

Butuh bantuan marketing bisnis? Menggunakan jasa sosial media advertising mungkin dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda. Seperti yang diketahui, sosial media adalah platform paling potensial untuk menjadi media promosi dengan tingkat traffic tinggi. Masih ragu? Yuk hubungi Alan Creative, konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama kami.

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative