Apa Itu SEO On Page? Penting Untuk Website!

Bagikan

seo-on-page

Halo Alan Lovers, bagaimana peringkat website Anda hari ini? Pemeringkatan website membuat para pebisnis berpotensi mendapatkan traffic tinggi dan transaksi yang melimpah. Untuk itu, Anda perlu melakukan optimasi SEO untuk dapat bersaing dengan website bisnis lainnya. Salah satu teknik SEO yang penting untuk Anda ketahui adalah SEO on page.

Search Engine Optimization (SEO) sendiri merupakan serangkaian proses atau teknik yang dilakukan pada sebuah website untuk memenuhi relevansi mesin pencari dan kebutuhan pengguna. Saat ini, terdapat 2 jenis teknik yang populer digunakan yaitu SEO off page dan SEO on page. SEO Off Page vs SEO On Page, Mana Yang Lebih Penting?

Apa Itu SEO On Page?

Teknik SEO On Page adalah rangkaian upaya optimasi SEO yang dilakukan pada konten secara internal. Jadi, upaya optimasinya akan fokus pada kualitas konten mulai dari judul, struktur dan lain sebagainya. Tak hanya kualitas konten, teknik SEO ini juga melakukan serangkaian optimasi pada internal website dimana konten tersebut dirilis.

SEO On Page dapat dikatakan menjadi kunci utama dalam optimasi SEO website. Meskipun SEO Off Page juga beri pengaruh besar dalam pemeringkatan website, tetapi teknik SEO ini menjadi langkah paling krusial. Apabila konten berkualitas, maka Anda tidak hanya sekedar mendapatkan traffic tinggi tetapi juga loyalitas target pasar terhadap website bisnis Anda. Jadi, teknik On Page juga dapat berpengaruh dalam banyaknya transaksi penjualan produk atau jasa secara berulang.

Cara Optimasi SEO On Page

Setelah mengetahui peran penting teknik SEO On Page dalam pemeringkatan website, tentunya Anda memerlukan strategi khusus untuk berada unggul diantara pemilik website bisnis lainnya. Berikut ini merupakan beberapa cara optimasi SEO On Page yang dapat Anda coba.

1. Buat Judul Konten Yang Menarik

Judul menjadi elemen pertama yang membuat pembaca tertarik, jadi usahakan untuk membuat judul yang menjual. Namun, Anda juga harus tetap memprioritaskan relevansi judul dengan isi konten agar search engine menilai website Anda terpercaya. Sedikit tips mengenai pembuatan judul, menyelipkan unsur angka dapat membantu Anda mendapatkan attention dari pembaca.

Misalnya adalah, “50 Tips Jitu Jadi Pengusaha Sukses” mampu meraih engagement dibanding dengan “Ketahui Tips Jitu Jadi Pengusaha Sukses”. Namun, tidak semua judul dapat diberi unsur angka. Anda harus tetap melakukan riset terlebih dahulu guna menentukan judul yang tepat sesuai traffic saat ini.

2. Gunakan Permalink Sederhana

Mengapa permalink bisa memengaruhi pemeringkatan website? Hal ini dikarenakan search engine menjadi lebih mudah untuk membaca relevansi kebutuhan pengguna dengan konten yang Anda sediakan. Untuk itu, Anda dapat melakukan kustomisasi permalink jadi lebih sederhana. Misalnya ketika Anda memiliki focus keyword yaitu jasa pembuatan website, maka permalink dapat dibuat menjadi “www.namawebsite.com/jasa-pembuatan-website”.

3. Tambahkan Gambar Atau Video

Pembaca akan bosan ketika melihat konten website Anda hanya berupa teks saja. Untuk itu, tambahkan gambar atau video guna menciptakan visualisasi yang menarik. Mendapatkan traffic tinggi tetapi transaksi rendah juga akan membuat upaya promosi Anda sia-sia. Jadi, gambar atau video ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan perhatian pengguna lebih jauh hingga tertarik untuk bertransaksi dalam website bisnis.

4. Letakkan Keyword Pada Paragraf Pertama

Tentukan focus keyword pada konten Anda terlebih dahulu. Jika sudah, pastikan keyword ini berada pada paragraf pertama konten. Mengapa harus paragraf pertama? Penempatan keyword di awal konten dapat membantu search engine lebih cepat membaca relevansi konten website Anda dengan kebutuhan pencarian pengguna. Jadi, konten website Anda akan lebih berpotensi untuk berada dalam deretan teratas hasil pencarian dari search engine.

5. Tingkatkan Kecepatan Website

Konten sudah berkualitas, tetapi masih sulit mendapatkan traffic tinggi? Hal ini bisa saja disebabkan oleh performa website yang lemot dan membuat pembaca malas mengakses. Nah, Anda perlu menyiasati hal tersebut dengan meningkatkan kecepatan website. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan teknik lazy load. Kecepatan website sendiri juga masuk dalam kategori standar pemeringkatan search engine loh.

Baca juga: Mengenal Manfaat Lazy Load, Bantu Optimalkan SEO Website!

Nah, itulah tadi informasi lengkap mengenai apa itu SEO On Page beserta cara optimasinya. Performa website Anda dapat menjadi lebih sempurna jika didukung juga dengan teknik SEO Off Page. Pengertian Dan 3 Cara Optimasi Mudah SEO Off Page Sebelum memutuskan untuk melakukan berbagai cara optimasi SEO, pastikan Anda telah melakukan riset terlebih dahulu guna mengoptimalkan keberhasilan teknik.

Salah satu teknik optimasi yang penting adalah website dengan kecepatan tinggi dan desain yang menarik serta nyaman dilihat. Anda dapat menggunakan jasa pembuatan website untuk membantu pengembangan bisnis. Jangan ragu untuk kunjungi Alan Creative sekarang juga, konsultasikan kebutuhan website bisnis Anda bersama kami.

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative