fbpx
Digital Marketing | Source pict: Unsplash

Digital Campaign Viral Bukan Karena Keberuntungan, Ini Triknya!

Halo, Alan Lovers! Sudah bikin iklan berkali-kali, tapi hasilnya sama sekali enggak maksimal? Enggak pernah viral dan enggak menghasilkan apapun? Terus kamu analisis iklan milik bisnis lain, mereka viral bahkan dibagikan ribuan kali serta dijadikan meme. Banyak yang mengira kalau itu hasil keberuntungan alias hoki, padahal kalau ditelaah lebih jeli ada strategi yang mereka rancang dengan begitu matang agar bisa tepat sasara. Penasaran enggak sih apa strateginya? Simak deh trik berikut ini!

Konten Media Sosial
Konten Media Sosial | Source pict: Freepik

1. Kenali Audiens

Campaign yang viral itu selalu terasa “relate” dengan audiensnya. Artinya, kamu harus tahu:

  • Siapa target utama kamu?
  • Apa keresahan, kebiasaan, atau selera humor mereka?
  • Di platform mana mereka aktif?

Semakin kamu paham audiens kamu, semakin mudah merancang pesan yang mengena dan dibagikan secara organik. Selain itu, kalau ini sudah diriset, bisa banget campaign kamu bakal tepat sasaran.

2. Bangun Emosi Kuat

Konten yang viral biasanya memicu emosi, baik itu tawa, haru, marah, atau semangat. Pilih satu emosi dominan dan bangun cerita yang bisa mengaduk perasaan audiens.

Contoh:

Kampanye #BelajardiRumah dari Ruangguru berhasil viral karena menyentuh rasa tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan anak.

3. Gunakan Native dan Mudah dibagikan

Pakai format yang mudah dikonsumsi:

  • Video pendek (15–60 detik)
  • Carousel edukatif di Instagram
  • Meme atau thread Twitter
  • UGC (user-generated content)

Pastikan juga konten kamu bisa nempel di pikiran orang. Bisa dari visual, nada bicara, atau slogan unik.

4. Selalu Mengikuti Tren

Pantau tren dan momentum di media sosial, gunanya bisa jadi referensi untuk kampanye yang akan kita buat. Kampanye yang dirilis saat tren sedang naik punya peluang jauh lebih besar untuk viral. Tapi ingat, jangan asal nebeng tren, tetap sesuaikan dengan brand voice kamu.

5. Satu Pesan, Satu Tujuan

Jangan buat campaign yang terlalu rumit. Semakin sederhana dan jelas pesannya, semakin mudah diingat dan dibagikan. Fokus pada satu insight, satu emosi, satu CTA.

Setelah mendapat penjelasan di atas sekarang kamu paham kan mengenai bagaimana sebuah campaign bisa viral? Mulai sekarang sebelum bikin iklan, riset terlebih dahulu secara keseluruhan agar iklan campaign yang kamu tampilkan bisa maksimal dan mendapatkan hasil.

Buat kamu yang mempunyai bisnis, tapi enggak tahu harus promosi bagaimana, coba deh hubungi Alan Creative di sana bisa banget bantu bisnis kamu makin berkembang. Terdapat banyak layanan di antaranya pembuatan konten, desain visual, iklan digital, hingga strategi marketing yang bisa banget bantu bisnis kamu makin melejit! Tunggu Apalagi? Yuk, segera hubungi Alan Creative sekarang juga!

Baca juga: 3 Alasan mengapa Marketing Campaign Penting dalam Bisnis

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative