Halo, Alan Lovers! Customer Journey Map merupakan langkah yang efektif untuk menggambar bagaimana tahapan konsumen untuk dapat memahami apa yang mereka rasakan saat pertama kali mengenal produk hingga terjadinya pembelian. Dengan memahami tahapan Customer Journey Map yang benar, dapat menciptakan pengalaman yang baik dan relevan bagi konsumen.
Lalu, bagaimana tahapan dari Customer Journey Map yang benar agar dapat meningkatkan loyalitas dan penjualan? berikut penjelasannya.
1. Brand Awareness atau Tingkat Pengenalan
Tahap pertama ialah membangun brand awareness, mulai dari pengenalan awal hingga mulai berinteraksi dengan produk yang kita tawarkan. Perjalanan mereka dimulai ketika pelanggan mulai tertarik dengan produk, kemudian ia melakukan penelusuran untuk mengetahui apa yang ia temui.
2. Consideration atau Pertimbangan
Tahap kedua adalah pelanggan akan mulai membandingkan produk yang kita tawarkan dengan produk yang dimiliki pesaing. Para pelanggan akan menganalisis secara detail produk mulai dari harga, kelebihan hingga fitur yang ditawarkan.
Pada tahap ini, kita sebagai pemilik bisnis yang sedang menjajakan produk harus memberikan hal yang terbaik dan menarik, seperti konten terkait informasi yang detail , demo produk, testimoni, diskon dan sesi tanya jawab yang dapat membantu pelanggan lebih mengerti mengenai produk yang kita tawarkan.
3. Decision atau Proses Pembelian
Tahap selanjutnya adalah pelanggan akhirnya membuat keputusan untuk membeli produk kita, baik secara online maupun offline. Dengan demikian, kita harus memperhatikan pembuatan akun dan interaksi yang baik di toko offline, hal ini dilakukan agar transaksi dapat terjadi dengan lancar dan tanpa hambatan.
4. Service atau layanan
Tahap terakhir setelah pelanggan telah membeli produk kita ialah tahap penggunaan. Pada tahap ini, pelanggan akan mulai menentukan apakah akan kembali menjadi pelanggan tetap kita atau tidak. Sehingga agar pelanggan menjadi loyalitas dan terus kembali kepada kita, kita harus memberikan pelayanan yang baik dari pengenalan – pertimbangan hingga proses pembelian.
Jadi, itu dia beberapa tahapan yang perlu diperhatikan dalam customer journey map untuk membuat kesan yang berkesan bagi konsumen. Kalian masih bingung bagaimana cara memulai promosi bisnis kalian dengan baik? Tenang aja, Alan Creative hadir untuk membantu kalian. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk penawaran yang menarik!