fbpx
Keamanan dalam Pengembangan Aplikasi agar Data Pengguna Terlindungi

Wajib Tahu! Pentingnya Keamanan dalam Pengembangan Aplikasi

Halo, Alan Lovers! Pentingnya keamanan dalam pengembangan aplikasi menjadi sesuatu yang harus diperhatikan. Pasalnya, aplikasi dengan keamanan lemah memiliki peluang yang tinggi untuk dicuri datanya.

Terlebih lagi, data menjadi bagian penting dan sensitif dalam sebuah aplikasi. Jika data berhasil diretas, maka identitas bisa disalahgunakan untuk tindak kejahatan seperti pemerasan, penipuan, dan masih banyak lagi.

Lantas, seberapa pentingnya keamanan dalam pengembangan aplikasi? Dan bagaimana cara mengantisipasinya? Simak ulasan di bawah ini hingga tuntas, ya!

Baca Juga: Tips Meningkatkan ROAS Biar Gak Salah Strategi!

Wajib Tahu! Pentingnya Keamanan dalam Pengembangan Aplikasi
Wajib Tahu! Pentingnya Keamanan dalam Pengembangan Aplikasi (Sumber: Unsplash)

Pentingnya Keamanan dalam Pengembangan Aplikasi

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, berikut adalah alasan pentingnya menjaga keamanan dalam pengembangan aplikasi:

Keamanan dalam Pengembangan Aplikasi agar Data Pengguna Terlindungi

Belakangan ini, data pribadi pengguna menjadi inceran aksi peretasan. Lebih lanjut, data pribadi seperti tempat tinggal, tanggal lahir, nomor kartu identitas penduduk, hingga nomor seluler sering disalahgunakan untuk penipuan.

Di samping itu, data perusahaan seperti inovasi produk, laporan bisnis, informasi pribadi konsumen, dan informasi pegawai juga sangat penting untuk dijaga keamanannya. Pasalnya, data tersebut bisa saja dijual kepada perusahaan kompetitor. Hal ini tentunya akan merugikan sekaligus merusak citra perusahaan.

Dengan adanya sistem keamanan yang tinggi, data milik pengguna maupun perusahaan menjadi terlindungi dan terhindar dari aksi peretasan.

Terhindar dari Kerugian

Ketika keamanan aplikasi milik perusahaan berhasil diretas, tentunya dapat menyebabkan banyak sekali kerugian. Disamping data yang bocor, perusahaan juga perlu biaya tambahan dan waktu yang panjang untuk memulihkan aplikasi tersebut.

Terlebih lagi, tingkat kepercayaan dari pengguna terhadap perusahaan akan menurun. Sehingga, hal ini dapat menambah beban kerugian yang disebabkan akibat keamanan yang lemah.

Bagaimana Cara Meningkatkan Keamanan Aplikasi?

Agar terhindar dari berbagai macam kerugian, diperlukan tingkat keamanan yang tinggi. Lantas, bagaimana caranya?

Autentikasi 2 Faktor (2FA)

Dengan penerapan autentikasi 2 faktor (2FA), dapat mencegah adanya akses ilegal pada sebuah aplikasi atau website. Ketika sesorang berhasil meretas kata sandi website atau Aplikasi, maka sistem ini mengharuskan untuk melakukan autentifikasi. Sebagai contoh, memasukan OTP atau kode angka yang dikirim pada ponsel atau email untuk bisa melewati autentifikasi tersebut.

Backup Data Secara Rutin

Ketika aksi peretasan terjadi, bukan tidak mungkin data penting milik perusahaan yang disimpan di aplikasi akan menghilang. Dengan melakukan backup data secara rutin, data yang hilang atau dicuri bisa dipulihkan dengan mudah.

Kesimpulan

Banyak yang masih menghiraukan betapa pentingnya keamanan dalam pengemabangan aplikasi. Selain bisa melindungi data, keamanan yang tinggi dari sebuah aplikasi juga bisa menghindari perusahaan dari kerugian.

Ingin membuat aplikasi Android dan iOS? Menggunakan jasa pembuatan aplikasi menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Selain dirancang dengan keamanan yang tinggi, Aplikasi juga akan dikembangkan oleh tenaga kerja yang ahli dibidangnya.

Alan Creative hadir dengan layanan pembuatan produk teknologi terbaik untuk membantu Anda membangun produk yang customable sesuai dengan bisnis model dan teknologi paling mutakhir. Tunggu apalagi, hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

sejarah puasa ramadhan

Sejarah Puasa Ramadhan

Hi Alan Lovers, puasa Ramadhan adalah salah satu ibadah yang paling penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Setiap tahun, pada bulan Ramadhan, umat Muslim

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative