fbpx
desain landing page

Pentingnya Desain Landing Page yang Responsive untuk Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Hi Alan Lovers, Landing page adalah halaman pertama yang diakses oleh pengunjung ketika mengakses situs web. Tujuannya adalah untuk menghasilkan tindakan spesifik dari pengunjung, seperti mengisi formulir, melakukan pembelian, atau mengunduh materi. Dalam dunia bisnis online, landing page sangat penting dalam mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan. Oleh karena itu, desain landing page yang responsif sangat penting untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Apa itu Desain Landing Page yang Responsif

Desain landing page yang responsif adalah teknik desain web yang memungkinkan halaman web menyesuaikan tampilan dan tata letaknya dengan ukuran layar pengguna, baik pada desktop maupun perangkat mobile. Dengan teknik ini, pengunjung situs web dapat dengan mudah membaca dan berinteraksi dengan halaman tanpa harus memperbesar atau memperkecil tampilan pada perangkat mereka.

Desain landing page yang responsif memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dari desain biasa. Beberapa karakteristik tersebut adalah ukuran font yang sesuai, tata letak yang sederhana, dan gambar yang disesuaikan dengan ukuran layar.

Keuntungan Desain Landing Page yang Responsif

Desain landing page yang responsif menawarkan banyak keuntungan, baik untuk pengalaman pengguna maupun untuk optimasi mesin pencari (SEO). Beberapa keuntungan tersebut adalah:

Peningkatan Kualitas User Experience

Desain landing page yang responsif memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Pengunjung dapat dengan mudah membaca dan berinteraksi dengan konten tanpa harus memperbesar atau memperkecil halaman web. Selain itu, desain yang responsif juga memastikan halaman web dapat diakses dengan cepat dan mudah pada perangkat mobile.

Meningkatkan Peringkat SEO

Meningkatkan peringkat SEO adalah salah satu keuntungan dari desain landing page yang responsif. Peringkat SEO mengacu pada peringkat suatu situs web pada hasil mesin pencari seperti Google. Semakin tinggi peringkat SEO, semakin banyak peluang situs web untuk ditemukan oleh pengunjung potensial.

Halaman web yang responsif dapat meningkatkan peringkat SEO karena Google memberikan perhatian yang lebih pada halaman web yang responsif. Google ingin memberikan hasil pencarian yang terbaik untuk pengguna, dan situs web yang responsif membantu untuk mencapai tujuan tersebut. Selain itu, Google juga menempatkan nilai penting pada user experience, dan halaman web yang responsif memungkinkan pengunjung untuk mengakses situs web dengan lebih mudah dan cepat.

Peningkatan Konversi

Desain landing page yang responsif juga dapat meningkatkan konversi. Hal ini karena pengunjung yang lebih mudah berinteraksi dengan halaman web akan lebih cenderung melakukan tindakan spesifik, seperti mengisi formulir atau melakukan pembelian.

Memperkuat Branding

Desain laman labuh yang responsif juga dapat memperkuat branding bisnis. Halaman web yang menarik dan mudah diakses pada perangkat mobile dapat meningkatkan kesan positif pada pengunjung, dan akhirnya memperkuat citra merek.

Baca Juga: 15 Tips dan Trik Membuat Website dengan WordPress yang Profesional

desain landing page
Ilustrasi Pentingnya Desain Landing Page yang Responsive untuk Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik | Sumber: Freepik

Tips untuk Desain Landing Page yang Responsif

Untuk membuat desain laman labuh yang responsif, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:

Menggunakan Desain Sederhana

Desain sederhana lebih mudah disesuaikan dengan ukuran layar pengguna, baik pada desktop maupun perangkat mobile. Hindari penggunaan desain yang terlalu kompleks, seperti animasi atau efek-efek khusus yang dapat memperlambat waktu muat halaman web.

Prioritaskan Konten Penting

Pastikan konten penting, seperti tawaran atau fitur unggulan, diletakkan pada posisi yang mudah diakses oleh pengunjung. Hindari penggunaan konten yang berlebihan yang dapat membingungkan pengunjung.

Perhatikan Ukuran Font dan Warna

Gunakan ukuran font yang sesuai dan mudah dibaca pada ukuran layar yang berbeda. Perhatikan juga penggunaan warna yang menarik dan kontras untuk meningkatkan daya tarik halaman web.

Desain yang Terstruktur dan Rapi

Pastikan tata letak halaman web terstruktur dan rapi agar pengunjung dapat dengan mudah menavigasi halaman. Hindari penggunaan desain yang terlalu rumit atau berantakan.

Gunakan Teknik Responsif yang Tepat

Gunakan teknik responsif yang tepat, seperti grid atau flexbox, untuk memudahkan penyesuaian tampilan halaman dengan ukuran layar pengguna.

Kesimpulan

Desain landing page yang responsif sangat penting dalam memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Penggunaan desain yang responsif dapat meningkatkan kualitas user experience, meningkatkan peringkat SEO, meningkatkan konversi, dan memperkuat branding bisnis. Beberapa tips untuk membuat desain laman labuh yang responsif adalah menggunakan desain sederhana, memprioritaskan konten penting, perhatikan ukuran font dan warna, desain yang terstruktur dan rapi, serta menggunakan teknik responsif yang tepat.

Bagi kalian yang tertarik membuat landing pages, kamu bisa menggunakan jasa Alan Creative. Banyak keuntungan yang ditawarkan oleh Alan Creative, diantaranya adalah sudah SEO friendly, dan bergaransi 1 tahun. Selain landing pages, kamu juga bisa menggunakan jasa layanan pada Alan Creative lainnya. Kami menyediakan layanan pembuatan web maupun mobile apps dengan profesional. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan penawaran terbaik!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

tips puasa

Tips Puasa Ramadhan untuk Ibu Hamil

Hi Alan Lovers, Memasuki bulan Ramadhan, umat Muslim di seluruh dunia memasuki waktu yang penuh berkah dan keberkahan. Bagi ibu hamil, menjalani ibadah puasa Ramadhan

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative