fbpx
IMG_0411

Tips Khatam Al-Quran di Bulan Ramadhan

Halo, Alan Lovers! Seperti kita ketahui bahwa bulan Ramadhan menjadi saat yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah. Amal kebaikan yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya dibandingkan bulan-bulan lainnnya.

Salah satu amalan yang dapat kita kerjakan adalah membaca Al-Quran. Biasa juga dikenal dengan sebutan tadarus Al-Quran. Di bulan Ramadhan, kita dianjurkan untuk memperbanyak tadarus, baik secara individu ataupun bersama-sama.

Hadist nabi yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, dapat dijadikan sebagai dalil untuk melakukan tadarus Al-Quran. Isi dari hadist tersebut adalah:

“Dari Ibnu Abbas berkata, ‘Rasulullah saw adalah manusia yang paling lembut terutama pada bulan Ramadhan ketika malaikat Jibril as menemuinya, dan adalah Jibril mendatanginya setiap malam di bulan Ramadhan, di mana Jibril mengajarkannya Al-Quran. Sungguh Rasulullah saw orang yang paling lembut daripada angin yang berhembus’.” (HR. Bukhari)

Dalam artikel ini, kami akan membagikan tips khatam Al-Quran di Bulan Ramadhan. Tujuannya, agar kita bisa mengkhatamkan Al-Quran setidaknya sekali selama bulan Ramadhan.

Tips Khatam Al-Quran di Bulan Ramadhan

Perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa Al-Quran terdiri dari 30 juz, 114 surah, dan 6.236 ayat. Metode yang dapat digunakan antara lain:

Metode 30 Juz

Alquran terdiri dari 30 juz, kalian bisa membaca 1 juz per hari selama 30 hari. Lalu, untuk 1 Juz sendiri kurang lebih terdiri dari 10 lembar atau 20 halaman. Oleh karenanya, kalian dapat memilih salah satu di antara metode ini:

  • Membaca 2 lembar setelah shalat Fardhu setiap hari
  • Membaca 10 lembar pada pagi hari setelah Subuh dan 10 lembar setelah Isya atau Terawih setiap hari
  • Membaca 3 lembar pada pagi hari setelah subuh, 2 lembar pada siang hari, 2 lembar pada sore hari, dan 3 lembar pada malam hari

Catatan: Jika kalian ingin mempercepat dan memperbanyak hasil bacaannya, kalikan saja dengan target kalian. Misalnya jika ingin mengkhatamkan Al-Quran 2 kali, kalikan saja angka-angka dalam target tersebut dengan 2, begitupun seterusnya.

Metode Famy Bi Syawqin

Jika kalian berencana untuk menamatkan lebih dari 1 kali, metode ini cocok untuk kalian gunakan. Metode ini memungkinkan kalian untuk menamatkan Al-Quran dalam waktu 7 hari saja.

Bagaimana caranya? Kalian membagi beberapa surah untuk dibaca setiap harinya, terdiri dari:

  • Fahari pertama membaca surah al-fatihah (Surah ke-1) hingga akhir surah an-Nisa (Surah ke-4).
  • Mimhari kedua membaca surah al-Maidah (Surah ke-5) hingga surah at-Taubah (Surah ke-9).
  • Ya, hari ketiga membaca surah Yunus (Surah ke-10) hingga an-Nahl (Surah ke-16).
  • Bahari keempat membaca surah al-Isra (Surah ke-17) hingga surah al-Furqan (Surah ke-25).
  • Sya, hari kelima membaca surah asy-Syu’ara (Surah ke-26) hingga surah Yasin (Surah ke-36).
  • Wawu, hari keenam membaca surah ash-Shaffat (Surah ke-37) hingga surah al-Hujurat (Surah ke-49)
  • Qaf, hari ketujuh membaca surah Qaf (Surah ke-50) hingga akhir surah an-Nas (Surah ke-114).

Kesimpulan

Itulah beberapa tips bagi kalian untuk mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadhan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah kita semua di bulan yang suci ini.

Kalau kalian jasa pembuatan website profesional, hubungi saja Alan Creative. Yuk jangan ragu untuk mempercayakan website bisnis kamu pada kami. Desain menarik, performa terbaik, dan tentunya ramah di kantong. Hubungi Alan Creative sekarang juga, dapatkan website bisnis mulai dari 1jutaan aja!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Mengenal Django ORM (Object-Relational Mapper)

Halo, Alan Lovers! Kalian mungkin pernah mendengar tentang Django, framework web Python untuk “perfectionists with deadlines“. Salah satu fitur unggulan dari Django adalah Object-Relational Mapper

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative