fbpx
membuat website dengan wordpress

15 Tips dan Trik Membuat Website dengan WordPress yang Profesional

Hi Alan Lovers, jika kamu ingin membuat website profesional, WordPress adalah salah satu pilihan terbaik. WordPress adalah platform open-source yang dapat diakses secara gratis dan sangat fleksibel, memungkinkan kamu untuk membuat website yang menarik dan fungsional tanpa perlu keahlian khusus dalam pemrograman atau desain web.

Namun, untuk membuat website WordPress yang profesional, kamu perlu mengikuti beberapa tips dan trik kunci. Dalam artikel ini, kami akan membahas tips dan trik yang dapat membantu kamu membuat website WordPress yang profesional dan efektif.

Tips dan Trik Membuat Website dengan WordPress yang Profesional

1. Pilih Tema WordPress yang tepat

Tema WordPress adalah template yang digunakan untuk menentukan tampilan dan fungsi dasar dari website kamu. Memilih tema WordPress yang tepat adalah salah satu kunci untuk membuat website profesional. Pilihlah tema yang sesuai dengan jenis website kamu, dengan tampilan dan fungsi yang menarik, serta memudahkan pengunjung untuk menjelajahi website kamu. Pastikan tema tersebut kompatibel dengan plugin WordPress yang kamu gunakan.

2. Gunakan Plugin WordPress yang Dibutuhkan

Plugin WordPress memungkinkan kamu untuk menambahkan fitur dan fungsi tambahan ke website kamu. Ada banyak plugin WordPress yang tersedia, jadi pastikan kamu memilih plugin yang sesuai dengan kebutuhan website kamu dan yang terbaik untuk menambahkan fungsi tambahan yang dibutuhkan.

3. Buat Konten yang Berkualitas Tinggi

Konten yang berkualitas tinggi sangat penting untuk membuat website profesional. Buatlah konten yang informatif, menarik, dan mudah dipahami oleh pengunjung kamu. Pastikan kamu menyajikan informasi yang akurat dan up-to-date serta menghindari kesalahan tata bahasa dan ejaan.

4. Optimalkan SEO untuk Mesin Pencari

SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik untuk meningkatkan peringkat website kamu pada mesin pencari. Dengan menggunakan teknik SEO yang tepat, website kamu akan muncul di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari. Optimalkan konten, metadata, dan tautan internal untuk meningkatkan peringkat website kamu.

5. Pertimbangkan Kecepatan dan Performa Website

Kecepatan dan performa website sangat penting untuk pengalaman pengunjung. Pastikan website kamu dapat diakses dengan cepat dan responsif pada berbagai perangkat dan koneksi internet. Gunakan teknik optimasi gambar dan tautan yang tepat untuk meningkatkan kecepatan website kamu dan jangan biarkan website kamu terlalu berat. Pastikan untuk menghapus plugin yang tidak dibutuhkan, mengevaluasi penggunaan gambar dan video, serta mengoptimalkan kode website kamu. Selain itu, pastikan website kamu kompatibel dengan berbagai jenis perangkat dan koneksi internet.

6. Pilih Hosting yang Bagus

Pemilihan hosting yang tepat dapat mempengaruhi kinerja website kamu. Pilihlah hosting yang dapat menampung website kamu dengan cepat dan dapat diandalkan. Pastikan hosting tersebut menyediakan backup data secara berkala dan mempertahankan keamanan website kamu.

7. Gunakan SSL untuk Keamanan

Menggunakan SSL (Secure Socket Layer) pada website kamu akan meningkatkan keamanan dan kepercayaan pengunjung kamu. SSL memungkinkan pengunjung untuk mengakses website kamu dengan aman dan memberikan enkripsi data yang diterima dan dikirim.

8. Buat Tampilan yang Konsisten

Membuat tampilan yang konsisten akan membuat website kamu lebih profesional. Pastikan warna, font, dan tata letak halaman konsisten pada setiap halaman website kamu. Ini akan membantu pengunjung untuk menavigasi website kamu dengan lebih mudah.

Baca Juga: 10 Web Development Tools Terbaik

membuat website dengan wordpress
Ilustrasi 15 Tips dan Trik Membuat Website dengan WordPress yang Profesional | Sumber: Freepik

9. Tambahkan Fitur Responsif

Fitur responsif memungkinkan website kamu menyesuaikan diri dengan perangkat yang digunakan oleh pengunjung kamu. Pastikan website kamu menggunakan tema dan plugin yang responsif untuk memastikan website kamu dapat diakses dengan mudah pada perangkat apa pun.

10. Gunakan Media Sosial untuk Promosi

Media sosial dapat membantu kamu mempromosikan website kamu dan memperluas jangkauan pengunjung. Pastikan kamu menghubungkan website kamu dengan akun media sosial kamu dan gunakan media sosial untuk mempromosikan website kamu.

11. Pantau dan Evaluasi Situs kamu

Pantau dan evaluasi website kamu secara teratur untuk melacak kinerja dan memperbaiki kekurangan pada website kamu. Gunakan Google Analytics untuk melacak statistik website kamu dan memperbaiki masalah yang ditemukan.

12. Backup dan Proteksi Data

Pastikan untuk membuat backup data secara berkala dan mempertahankan keamanan data pada website kamu. Backup data dapat membantu kamu memulihkan website kamu jika terjadi masalah teknis atau kesalahan manusia.

13. Buat Formulir Kontak yang Efektif

Formulir kontak dapat membantu pengunjung untuk menghubungi kamu dengan mudah. Pastikan formulir kontak kamu mudah diakses dan mudah digunakan oleh pengunjung kamu.

14. Manfaatkan Google Analytics

Google Analytics dapat membantu kamu memantau kinerja website kamu dan memberikan informasi yang berguna tentang pengunjung website kamu. Memanfaatkan Google Analytics untuk mengevaluasi kinerja website kamu dan memperbaiki kekurangan yang ditemukan.

15. Gunakan Tautan Internal dan Eksternal

Menggunakan tautan internal dan eksternal pada website kamu dapat membantu pengunjung untuk menavigasi website kamu dengan mudah dan meningkatkan peringkat website kamu pada mesin pencari. Pastikan untuk menautkan konten yang relevan pada halaman yang sama dan menautkan ke situs web terkait untuk meningkatkan kredibilitas dan otoritas website kamu.

Kesimpulan

Dalam dunia digital yang semakin berkembang, memiliki website yang profesional adalah suatu keharusan. Dalam artikel ini, kami telah membahas 15 tips dan trik untuk membuat website dengan WordPress yang profesional. Mulai dari memilih tema yang tepat, mengoptimalkan SEO, memperhatikan kecepatan dan performa website, hingga memanfaatkan Google Analytics dan tautan internal dan eksternal.

Dengan mengikuti tips dan trik ini, kamu dapat membuat website yang menarik dan efektif dalam membangun kehadiran online kamu. Ingatlah bahwa website yang profesional dapat meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pengunjung, serta membantu kamu mencapai tujuan bisnis kamu.

Membuat website yang tepat untuk bisnis tidak bisa dilakukan sembarangan, kamu mungkin perlu menggunakan jasa pembuatan website agar dapat hasil optimal. Kunjungi Alan Creative sekarang juga, dapatkan informasi terbaik untuk membangun website bisnis kamu disini.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative