fbpx
Cara Menghitung ROAS (Return on Ad Spend), Mudah Banget!

Cara Menghitung ROAS (Return on Ad Spend), Mudah Banget!

Halo, Alan Lovers! ROAS (Return on Ad Spend) menjadi salah satu istilah yang wajib kamu ketahui di dunia digital marketing. Terlebih lagi, untuk kamu yang bekerja sebagai digital marketer. Lantas, apa itu ROAS? Seberapa penting ROAS dalam dunia digital marketing? Simak ulasan ini hingga akhir ya, Alan Lovers!

Baca Juga:

Apa Itu Coleman-Liau Index? Analyze Readibility Beyond the Surface

Apa Itu Gunning Fog Index? Metode Pengukuran Readibility Teks

Apa Perbedaan Antara Latent Semantic Index (LSI) dan Kata Kunci Tradisional?

Apa itu ROAS (Return on Ad Spend)?

Cara Menghitung ROAS (Return on Ad Spend), Mudah Banget!
Cara Menghitung ROAS (Return on Ad Spend), Mudah Banget! (Sumber: Freepik)

ROAS (Return on Ad Spend) merupakan salah satu metrik yang digunakan untuk mengetahui efektivitas marketing yang dijalankan di platform digital. Dengan cara ini, kamu bisa mengatahui apakah strategi digital marketing yang dijalankan termasuk menguntungkan atau justru malah merugikan.

Lebih lanjut, ROAS juga bisa dijadikan acuan untuk mengatahui platform mana yang lebih efisien untuk mengiklankan produknya. Hal ini tentunya sangat membantu para marketer untuk mengatur strategi selanjutnya agar berlangsung secara maksimal. Seperti yang kita ketahui, berbagai platform memiliki target audiens yang berbeda-beda. Sehingga, ROAS sangat penting untuk dilakukan secara berkala.

Bagaimana cara menghitung ROAS (Return on Ad Spend)?

Adapun, ROAS (Return on Ad Spend) dapat diketahui dengan rumus sebagai berikut:

ROAS = Revenue Campaign/Cost Campaign

Sebagai contoh, suatu perusahaan mempromosikan produknya melalui Instagram Ads dan Google Ads dalam jangka waktu satu bulan. Kemudian, perusahaan ingin mengetahui besaran pendapatan selama satu bulan melalui strategi tersebut.

Perusahaan mengeluarkan biaya sebesar Rp3.000.000 untuk satu bulan dan berhasil mendapatkan revenue sebanyak Rp6.000.000. Sehingga, ROAS nya adalah:

ROAS     = 6.000.000/3.000.000

                = Rp2.000.000

Dengan begitu, ROAS nya adalah Rp2.000.000 atau setara dengan 2:1. Artinya, setiap Rp1.000.000 yang dikeluarkan untuk memasang iklan, maka perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan hingga Rp2.000.000.

Kesimpulan

ROAS sangat penting untuk dilakukan secara berkala. Hal ini dikarenakan memiliki pengaruh besar terhadap strategi yang akan dijalankan ke depannya. Alan Creative hadir sebagai solusi untuk permasalahan bisnis Anda. Hanya tinggal duduk manis, produk Anda akan dipasarkan dengan strategi yang tepat. Tanpa ribet! Tertarik? Anda bisa mengulik melalui tautan ini ya!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Apa Itu Affiliate Marketing?

Halo, Alan Lovers! Siapa di sini yang punya dan mau ngembangin bisnisnya? Salah satu aspek yang harus kamu perhatiin kalau mau ngembangin bisnis adalah marketingnya.

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative