fbpx
Apa itu WooCommerce? Plugin WordPress Buat E-Commerce!

Apa itu WooCommerce? Plugin WordPress Buat E-Commerce!

Halo, Alan Lovers! Anda harus mengetahui apa itu WooCommerce. Pasalnya, plugin WordPress yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin membangun toko online secara cepat, mudah, dan gratis. Penasaran bukan? Yuk simak ulasan lengkapnya di artikel ini.

Apa itu WooCommerce?

WooCommerce merupakan salah satu plugin WordPress yang bisa Anda gunakan untuk membangun e-commerce secara gratis.

Adapun, WooCommerce dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang bermanfaat untuk membangun e-commerce seperti manajamen produk, keranjang belanja, proses pembayaran, pelacakan pengiriman, hingga pengiriman.

Selain itu, WooCommerce banyak dipilih lantaran memiliki fleksibilitas yang tinggi. Lebih lanjut, Anda bisa mengatur berbagai macam tema serta tata letak sesuai dengan preferensi bisnis yang Anda inginkan.

Baca Juga: Blogspot vs WordPress: Mana yang Tepat untuk Anda?

Apa saja Fitur dari WooCommerce?

Selain karena fleksibilitasnya, WooCommerce populer untuk digunakan karena memiliki beragam fitur yang mampu menunjang kebutuhan e-commerce seperti:

1. Manajemen Produk

Dengan adanya fitur ini, Anda dapat dengan mudah menambahkan, mengedit, dan menghapus produk dari dashboard WooCoomerce seperti gambar produk, deskripsi, harga, serta informasi lainnya.

2. Pengelolaan Pesanan

Selanjutnya, plugin yang satu ini juga menyediakan fitur pengelolaan pesanan untuk melihat pesanan yang belum diproses, yang telah diproses, dan juga melacak status pengiriman.

Baca Juga: Ketahui Jenis-jenis Layanan Hosting Biar gak Salah Pilih

3. Pengaturan Pengiriman

Tak hanya itu, WooCommerce juga dilengkapi fitur pengaturan pengiriman untuk mengatur metode serta menghitung biaya pengiriman. Adapun, biaya pengiriman bisa dikalkulasikan berdasarkan berat, ukuran, hingga lokasi pengiriman.

4. Pilihan Pembayaran

Lebih lanjut, Anda juga dapat mengatur metode pembayaran seperti kartu kredit, transfer bank, PayPal dan lain-lain. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan metode pembayaran yang cocok dengan bisnis yang Anda jalankan.

5. Manajemen Stok

Dengan WooCommerce, Anda tidak perlu khawatir terkait ketersediaan stok produk yang dijual. Pasalnya, plugin ini dilengkapi dengan fitur yang bisa memantau stok produk dan menerima pemberitahuan ketika stok hampir atau sudah habis.

Apa itu WooCommerce? Plugin WordPress Buat E-Commerce!
Apa itu WooCommerce? Plugin WordPress Buat E-Commerce! (Sumber: Google)

6. Penggunaan Kupon

Di lain sisi, WooCommerce juga mendukung fitur penggunaan kupon untuk mendorong penjualan serta meningkatkan retensi pelanggan. Nantinya, Anda bisa membuat dan mengelola kupon diskon yang bisa ditawarkan kepada pelanggan.

7. Riwayat Pembelian Pelanggan

Selanjutnya, WooCommerce juga menyimpan riwayat pembelian pelanggan. Tentunya, hal ini dapat membantu Anda untuk memahami preferensi pelanggan untuk memberikan produk yang relevan.

8. Analitik dan Laporan

Adapun, WooCommerce juga dilengkapi dengan fitur analitik dan laporan untuk melacak kinerja toko. Dengan begitu, Anda bisa menentukan strategi yang tepat ke depannya.

9. Ekstensi dan Integrasi

Terakhir, WooCommerce juga memiliki berbagai ekstensi dan bisa diintegrasikan dengan tools lain. Misalnya, Anda bisa integrasikan dengan CRM untuk membangun pengalaman pelanggan.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 17 Istilah Blogging yang Sering Digunakan

Kesimpulan

Nah, Anda jadi tahu kan apa itu WooCommerce? Degan beragam fitur yang ditawarkan, Anda bisa menggunakan WooCommerce di WordPress untuk membangun e-commerce yang sesuai dengan preferensi bisnis Anda.

Budget terbatas, tapi pengen punya website biar bisnis cuan terus? Alan Creative solusinya!

Sebagai software house dan digital agency di Jakarta, Alan Creative menyediakan beragam layanan pembuatan website yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Gak usah khawatir kalau website Anda mengalami kendala! Alan Creative punya jaminan support & maintenance secara berkelanjutan. Tunggu apa lagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative