fbpx
aturan islam menerima zakat fitrah

Orang Yang Berhak Menerima Zakat Fitrah, Jangan Salah!

Halo Alan Lovers, tahukah kalian bahwa zakat fitrah tidak bisa diterima oleh sembarang orang? Jangan sampai salah untuk menyalurkan, kamu perlu tahu siapa saja yang menerima zakat fitrah. Informasi ini akan membantumu untuk tidak salah langkah dan mempersulit mereka yang membutuhkan untuk mendapatkan zakat ini.

Baca juga: Jangan Terlewat! Waktu yang Tepat Mengeluarkan Zakat Fitrah

Apa yang Dimaksud dengan Zakat Fitrah?

Apa yang disebut dengan zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh umat Muslim sebagai bentuk penyucian diri. Ini juga dapat menjadi langkah untuk membantu mereka yang membutuhkan dalam menyambut datangnya hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah dikenal juga sebagai “zakat al-fitr” atau “zakat al-fitrah” ini wajib dikeluarkan sebelum hari raya Idul Fitri atau sebelum waktu shalat Idul Fitri dilaksanakan.

Besaran Zakat Fitrah

Zakat fitrah biasanya berupa jumlah tertentu dari makanan pokok atau bahan makanan yang umum dikonsumsi di daerah setempat. Misalnya seperti beras, gandum, kurma, atau buah-buahan. Jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan adalah setara dengan satu sa’ (sekitar 2,5-3 kg) dari bahan makanan tersebut untuk setiap individu Muslim yang wajib mengeluarkan zakat fitrah. Ini juga termasuk diri sendiri dan orang yang ditanggungnya seperti pasangan, anak-anak dan keluarga yang tinggal dalam satu rumah tangga.

Tujuan Zakat Fitrah

Zakat fitrah memiliki tujuan untuk membersihkan jiwa dan mengikatkan rasa solidaritas sosial antara mereka yang mampu dan mereka yang membutuhkan, serta memastikan bahwa semua umat Muslim dapat merayakan hari raya Idul Fitri dengan hati yang bersih dan bahagia. Zakat fitrah juga diharapkan dapat membantu meringankan beban ekonomi bagi mereka yang membutuhkan, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya berbagi dan kepedulian sosial dalam Islam.

Siapa Saja yang Berhak Menerima Zakat Fitrah?

Jenis zakat yang satu ini diberikan kepada mereka yang memenuhi syarat sebagai mustahik atau penerima zakat dalam Islam. Mustahik zakat fitrah dapat meliputi beberapa kategori orang yang berhak menerima zakat fitrah di bawah ini.

1. Fakir

Kategori pertama yang berhak menerima zakat fitrah adalah fakir. Yang dimaksudkan yaitu orang dengan kondisi sangat miskin, tidak memiliki cukup harta atau penghasilan untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka.

2. Miskin

Setelah orang fakir mendapatkan hak zakat fitrah, selanjutnya adalah orang miskin. Mereka termasuk orang yang memiliki harta atau penghasilan, tetapi jumlahnya tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka dan keluarganya.

3. Amil

Pengertiannya adalah orang yang ditugaskan oleh pihak yang berwenang untuk mengumpulkan, menyimpan dan mengelola segala jenis zakat. Amil ini juga termasuk ke dalam orang yang berhak menerima zakat fitrah.

4. Mu’allaf

Kemudian, seorang mu’allaf. Mereka adalah orang yang baru memeluk agama Islam. Ini juga termasuk orang-orqng yang membutuhkan bantuan untuk menguatkan keyakinan dan integrasi mereka dalam masyarakat Muslim.

5. Riqab

Apa itu riqab? Ini merupakan sebutan untuk budak yang ingin memerdekakan dirinya dengan dana zakat fitrah. Mereka termasuk ke dalam golongan orang yang berhak untuk menerima zakat fitrah.

6. Gharim

Selanjutnya, orang yang berhutang dan tidak mampu melunasi hutang-hutangnya atau gharim. Orang-orang ini berhak menerima zakat fitrah dengan kondisi yang membutuhkan.

7. Fisabilillah

Apakah yang kamu tahu tentang fisabilillah? Mereka adalah orang yang berjuang di jalan Allah. Orang-orang ini bisa juga berperang dalam bentuk jihad untuk mempertahankan agama dan umat Islam.

8. Ibnu Sabil

Terakhir, kategori orang yang berhak menerima zakat fitrah adalah ibnu sabil. Siapa mereka? Musafir yang sedang dalam perjalanan jauh dan kehabisan harta untuk membiayai perjalanannya dan memenuhi kebutuhan dasar.

Penerima zakat fitrah harus memenuhi syarat-syarat tertentu yang telah ditetapkan dalam hukum syariat Islam. Mereka harus benar-benar memenuhi status sebagai mustahik yang berhak menerima zakat fitrah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam masyarakat Muslim. Oleh karena itu, disarankan untuk menghubungi pihak yang berwenang atau lembaga zakat terpercaya di daerah masing-masing untuk mengetahui detail lebih lanjut mengenai penerima zakat fitrah yang berlaku dalam lingkungan tempat tinggal kalian.

Ingin terus tahu informasi spesial seputar ramadhan? Yuk kunjungi Alan Creative sekarang juga. Kami merupakan software house dan creative agency yang selalu siap menjadi teman terbaik untukmu. Hubungi Alan Creative sekarang juga, apabila kamu tertarik untuk mengetahui berbagai layanan dan promo kami.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

5 Strategi Maintenance Aplikasi yang Efektif

5 Strategi Maintenance Aplikasi yang Efektif

Halo, Alan Lovers! Beberapa strategi maintenance aplikasi berikut ini wajib untuk Anda ketahui. Dengan strategi maintenance yang tepat, tentunya dapat meningkatkan kenyamanan dan memberikan citra

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative