fbpx
Wajib Tahu! Ini 17 Istilah Blogging yang Sering Digunakan

Wajib Tahu! Ini 17 Istilah Blogging yang Sering Digunakan

Halo, Alan Lovers! Jika Anda baru saja memulai aktivitas blogging, beberapa istilah blogging berikut ini wajib untuk Anda ketahui. Dengan begitu, Anda bisa menyelesaikan segala tugas blogging dengan lancar tanpa kendala.

Lantas, apa saja istilah blogging yang umumnya sering digunakan? Anda bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak hingga tuntas ya!

17 Istilah Blogging yang Sering Digunakan

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa istilah blogging yang wajib untuk Anda ketahui sebagai pemula:

1. Bounce Rate

Analisis yang dilakukan untuk mengukur persentase pengunjung website yang langsung meninggalkan satu halaman setelah mereka membukanya.

2. Backlink

Tautan yang mengarah dari situs website lain ke website tertentu milik Anda. Adapun, backlink dapat membantu untuk meningkatkan SEO.

3. CMS (Content Management System)

Sistem yang digunakan untuk membuat, meng-edit, dan mengelola konten di blog atau di website seperti WordPress, Joomla, ataupun Drupal.

4. Domain

Alamat website unik yang digunakan untuk mengakses website. Sebagai contoh, www.namabloganda.com

5. Embed

Fitur CMS yang berguna untuk menambahkan foto atau video dari website lain ke dalam postingan atau halaman website Anda.

Baca Juga: Perbedaan Wix dan WordPress: Mana yang Lebih Unggul?

6. Header

Bagian atas dari website yang berisi logo, tagline, menu navigasi, kontak informasi, tautan media sosial, hingga kolom pencarian.

7. Hyperlink

Sebuah teks yang berisi alamat dari konten lain. Biasanya, hyperlink ditandai dengan teks berwarna, bergaris, atau teks tebal yang bisa di-klik.

8. Hosting

Tempat di mana website Anda disimpan secara online. Biasanya, hosting diperlukan untuk membuat website WordPress self-hosted atau situs web kustom.

9. Meta Deskripsi

Deskripi singkat dari artikel yang telah Anda buat. Biasanya, meta deskripsi hanya berisi tidak lebih dari 150 karakter dan mengandung kata kunci.

10. Meta Tag

Istilah yang terdiri dari judul meta, deskripsi dan kata kunci. Biasanya, meta tag dimasukkan ke HTML dan tidak secara langsung terlihat oleh pengguna yang mengunjungi situs.

Wajib Tahu! Ini 17 Istilah Blogging yang Sering Digunakan
Sumber: Freepik

Baca Juga: Blogspot vs WordPress: Mana yang Tepat untuk Anda?

11. Permalink

URL permanen yang mengarah ke posting individu di website Anda.

12. Plugin

Ekstensi atau tambahan perangkat lunak yang dapat Anda install di platform blogging seperti WordPress untuk menambahkan fitur tambahan atau fungsi khusus ke website Anda.

13. RSS Feed

Format data yang digunakan untuk mengirimkan konten secara otomatis kepada pembaca yang berlangganan. Dengan begitu, pembaca dapat dengan mudah mendapatkan informasi terbaru tanpa harus mengunjungi website terlebih dahulu.

14. SEO (Search Engine Optimization)

Teknik organik yang dilakukan untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. Biasanya, teknik ini dilakukan agar website muncul di pencarian paling atas mesin pencari.

15. Traffic

Jumlah pengunjung yang mengakses website Anda dalam periode waktu tertenu. Adapun, hal ini dapat diukur dengan berbagai metrik.

Baca Juga: Apa Itu WordPress Staging? Pengertian dan Cara Menggunakannya

16. Tag

Tag biasanya terdiri dari satu kata atau lebih yang membantu mengkategorikan atau mendefinisikan isi dari konten yang dibuat.

17. Widget

Elemen tambahan yang dapat Anda tambahkan ke tata letak website untuk menampilkan berbagai macam informasi seperti kategori, arsip, atau daftar postingan terpopuler.

Kesimpulan

Nah, itu tadi beberapa istilah blogging yang wajib untuk Anda ketahui sebagai pemula. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah memahami dan mengelola website dengan baik.

Budget terbatas, tapi pengen punya website biar bisnis cuan terus? Alan Creative solusinya!

Sebagai software house dan digital agency di Jakarta, Alan Creative menyediakan beragam layanan pembuatan website yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Gak usah khawatir kalau website Anda mengalami kendala! Alan Creative punya jaminan support & maintenance secara berkelanjutan. Tunggu apa lagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

express js middleware

Mengenal Middleware di Express js

Hi Alan Lovers, jika kamu adalah seorang pengembang web, pasti sudah familiar dengan framework Express js. Framework ini memudahkan pengembangan aplikasi web dengan menggunakan bahasa

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative