fbpx
Ketahui Jenis-jenis Layanan Hosting Biar Gak Salah Pilih

Ketahui Jenis-jenis Layanan Hosting Biar Gak Salah Pilih

Halo, Alan Lovers! Beberapa jenis-jenis layanan hosting berikut ini wajib untuk Anda ketahui. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui jenis layanan mana yang tepat untuk memenuhi kebutuhan hosting website.

Apa itu Hosting?

Sebelum menyelam lebih dalam, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu hosting. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, hosting merupakan sebuah layanan penyimpanan file serta data website seperti teks, gambar, script, email, video, dan lain-lain.

Singkatnya, hosting merupakan lahan, sedangkan website adalah rumah. Sehingga, hosting berfungsi untuk menampung segala sumber daya yang dibutuhkan agar website dapat dibangun dengan baik.

Ketahui Jenis-jenis Layanan Hosting Biar Gak Salah Pilih
Ketahui Jenis-jenis Layanan Hosting Biar Gak Salah Pilih (Sumber: Freepik)

Pastinya, Anda pernah mendengar jasa yang menyediakan layanan hosting, bukan? Nah, mereka sebetulnya menyewakan sebagian server untuk menyimpan data-data yang ada pada website.

Selanjutnya, mereka memastikan agar website yang Anda miliki selalu dalam keadaan online agar bisa diakses kapananpun oleh pengguna. Dengan begitu, Anda tidak lagi direpotkan harus mengurus website secara pribadi.

Apa saja Jenis-jenis Layanan Hosting?

Berdasarkan hal tersebut, terdapat jenis-jenis layanan hosting yang biasanya disediakan. Berikut adalah penjelasannya agar Anda tidak salah pilih:

1. Shared Hosting

Jenis yang pertama adalah shared hosting. Adapun, jenis layanan ini banyak digunakan karena harganya yang relatif terjangkau.

Sesuai dengan namanya, layanan hosting ini akan membagi satu server dengan beberapa pengguna sekaligus. Sehingga, Anda harus berbagi resource server dengan banyak pengguna.

Lebih lanjut, kekurangan dari layanan ini adalah kinerja yang dapat dipengaruhi apabila salah satu situs web di server tersebut mengalami lonjakan lalu lintas.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 17 Istilah Blogging yang Sering Digunakan

2. VPS (Virtual Private Server) Hosting

Selanjutnya, VPS hosting merupakan jenis layanan hosting yang menyediakan sebuah server virtual untuk satu pengguna. Dengan begitu, VPS hosting dinilai lebih stabil dibandingkan dengan Shared hosting.

Adapun, VPS hosting bisa dijadikan pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki situs web dengan lalu lintas yang sedang hingga tinggi.

3. Cloud Hosting

Berikutnya ada Cloud Hosting. Dengan layanan ini, Anda bisa menempatkan akun hosting di beberapa server sekaligus. Biasanya, Cloud hosting banyak dipilih lantaran jika satu server gagal, situs Anda bisa beralih ke server lainnya.

Baca Juga: Perbedaan Wix dan WordPress: Mana yang Lebih Unggul?

4. Dedicated Hosting

Di lain sisi, layanan Dedicated hosting memungkinkan Anda untuk menyewa seluruh server untuk situs web Anda sendiri. Sehingga, Anda diberikan kendali penuh atas sumber daya dan juga kinerja sever.

Dengan kelebihan tersebut, Dedicated hosting cocok untuk Anda gunakan apabila memiliki situs web dengan lalu lintas tinggi atau aplikasi yang memerlukan sumber daya server yang besar.

5. WordPress Hosting

Jika situs web Anda dibangun dengan CMS WordPress, layanan ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, layanan ini dioptimalkan khusus agar situs web WordPress dapat berjalan dengan kinerja terbaik.

Jika Anda menggunakan WordPress hosting, Anda bisa mendapatkan pembaruan keamanan WordPress otomatis, server khusus web WordPress, dan juga plugin atau tema yang ter-instal secara otomatis.

Baca Juga: Blogspot vs WordPress: Mana yang Tepat untuk Anda?

Kesimpulan

Nah, itu tadi merupakan jenis-jenis layanan hosting yang wajib untuk Anda ketahui. Pastikan untuk mempertimbangkan tingkat kinerja, skalabilitas, keamanan, serta dukungan teknis yang memadai saat memilih layanan hosting agar sesuai dengan proyek Anda.

Budget terbatas, tapi pengen punya website biar bisnis cuan terus? Alan Creative solusinya!

Sebagai software house dan digital agency di Jakarta, Alan Creative menyediakan beragam layanan pembuatan website yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Gak usah khawatir kalau website Anda mengalami kendala! Alan Creative punya jaminan support & maintenance secara berkelanjutan. Tunggu apa lagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

SEO dan SEM, Sudah Tau Apa Bedanya?

Halo Alan Lovers, tahukah kalian bahwa ternyata SEO dan SEM itu berbeda? Meski sama-sama berguna untuk optimasi konten di mesin pencari, kedua istilah ini mencakup

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative