fbpx
Istilah-istilah Google Ads yang Harus Diketahui Sebelum Beriklan

Istilah-istilah Google Ads yang Harus Diketahui Sebelum Beriklan

Halo, Alan Lovers! Anda harus mengetahui istilah-istilah Google Ads berikut ini sebelum memasang iklan secara online. Pasalnya, istilah-istilah ini dapat menunjang keberhasilan kampanye online Anda.

Sebelum menyelam lebih dalam, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu Google Ads. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, Google Ads merupakan platform periklanan berbayar yang disediakan oleh Google.

Adapun, Google Ads memiliki beberapa kelebihan di antaranya memiliki jangkauan yang luas, model pembayaran berbasis klik (CPC), hingga kelengkapan dalam menganalisis untuk mengukur keberhasilan kampanye.

Lantas, apa saja istilah-istilah Google Ads yang penting untuk diketahui dalam menjalankan kampanye online? Anda dapat menemukan jawabannya melalui artikel ini.

Istilah-istilah Google Ads yang Harus Diketahui

Istilah-istilah Google Ads yang Harus Diketahui Sebelum Beriklan
Istilah-istilah Google Ads yang Harus Diketahui Sebelum Beriklan (Sumber: Unsplash)

Google Ads terdiri dari beberapa elemen dengan istilah PPC, Quality Score, Keyword, hingga Budget. Berikut merupakan penjelasannya:

Keywords

Kata kunci (keywordsi) yang tepat dapat menentukan kesuksesan dalam kampanye online menggunakan Google Ads. Lebih lanjut, terdapat 3 jenis kata kunci yang digunakan dalam Google Ads yaitu Exact Match, Phrase Match, dan Broad Match.

Exact Match akan menampilkan pencarian sesuai dengan kata kunci yang telah ditentukan. Misalnya, Anda menentukan ‘dress wanita’ sebagai kata kunci. Maka, iklan hanya akan ditampilkan ketika audience melakukan pencarian dengan kata kunci ‘dress wanita’.

Baca Juga: Meningkatkan Brand Awareness Melalui Digital Marketing di Bidang Pendidikan

Lebih lanjut, Phrase Match akan menampilkan pencarian sesuai dengan kata kunci yang tentukan, variasi terdekat dan dengan penambahan kata di depan atau di belakang kata kunci. Sebagai contoh, Anda menentukan ‘sepatu merah’ sebagai kata kunci.

Maka, iklan hanya akan ditampilkan ketika audience melakukan pencarian dengan kata kunci ‘sepatu merah murah’, ‘sepatu merah wanita’, ‘sepatu merah pria’.

Terakhir, Broad Match akan menampilkan pencarian sesuai dengan semua variasi kata kunci yang ditentukan termasuk sinonim, kesalahan eja, dan pencarian terkait lainnya.

Sebagai contoh, Anda menentukan ‘sepatu merah’ sebagai kata kunci. Maka, iklan akan ditampilan saat audience melakukan pencarian dengan kata kunci ‘sepatu warna merah’, ‘sepatu berwarna merah’, ‘sepatu pria warna merah’, ‘sepatu wanita warna merah’

PPC (Pay-per-Click) Bidding

Singkatnya, PPC (Pay-per-Click) merupakan jumlah harga yang harus dibayar ketika audiens meng-klik iklan yang ditayangkan. Tetapi, Anda tidak akan dikenakan biaya apabila audiens tidak melakukan klik.

Adapun, untuk mengatur biaya dalam setiap klik yang dilakukan bisa menggunakan sistem bidding atau lelang. Selain itu, setiap klik memiliki harga yang beragam sesuai dengan ketentuan Google.

Sistem bidding pada PPC ini biasanya diterapkan untuk setiap keyword yang ditampilkan. Sebagai contoh, seorang adversiter ada yang memasang harga Rp2000, lalu ada yang memasang Rp1000, dan ada yang memasang Rp500.

Lebih lanjut, harga bidding memengaruhi urutan website yang ditampilkan. Google akan mengurutkan berdasarkan harga lelang paling tinggi.

Quality Score

Selain itu, Google juga menentukan kelayakan kampanye Anda menggunakan Quality Score. Adapun, Quality Score merupakan salah satu algoritma yang menentukan ketepatan kata kunci yang digunakan dalam iklan terhadap sebuah konten landing page.

Artinya, Google memastikan agar Anda tidak memasang iklan sembarangan dengan mengukur kesesuaian kata kunci terhadap isi konten yang ada di landing page.

Lantas, bagaiamana Quality Score bekerja? Quality Score memiliki nilai dari 1 hingga 10, dimana 1 sebagai rating terrendah dan 10 sebagai rating tertinggi.

Budget

Terakhir, Google Ads juga dapat digunakan sesuai dengan budget yang telah ditentukan per hari untuk melakukan kampanye. Misalnya, Anda menentukan Rp300.000/hari untuk kampanye A dan Rp150.000/hari untuk kampanye B.

Sehingga, Google tidak akan menentukan jumlah biaya PPC di luar dari budget yang telah ditetapkan. Tentunya, hal ini sangat membantu dalam mengoptimalkan kampanye yang dijalankan.

Nah, itu tadi merupakan istilah-istilah Google Ads yang wajib untuk Anda ketahui sebelum melakukan kampanye. Sudah siap untuk meningkatkan performa bisnis Anda melalui digital ads? Alan Creative bisa menjadi pilihan yang tepat.

Lebih dari sekedar mengelola, Alan Creative mengurus semuanya mulai dari strategi, pembuatan konten, campaign, hingga evaluasi untuk mencapai goals yang telah ditentukan. Tunggu apalagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Dampak Artificial Intelligence

Halo, Alan Lovers! Artificial Intelligence merupakan hal yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Banyak aspek kehidupan yang menggunakan Artificial Intelligence sebagai support system atau bahkan substitusi.

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative