fbpx
Jangan Salah! Fungsi Heading di WordPress Bisa Pengaruhi SEO

Jangan Salah! Fungsi Heading di WordPress Bisa Pengaruhi SEO

Halo, Alan Lovers! Banyak yang masih mengabaikan heading saat penulisan artikel untuk website. Padahal, fungsi heading di WordPress bisa memengaruhi nilai SEO (Search Engine Optimization).

Dalam menulis artikel untuk website, banyak hal-hal yang perlu diperhatikan seperti intensitas kata kunci, slug, meta deskripsi, judul gambar, dan lain-lain.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan seberapa penting fungsi heading saat penulisan artikel untuk optimasi SEO website. Simak hingga tuntas ya!

Apa itu Heading?

Sebelum menyelam lebih dalam, alangkah baiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu heading. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai macam sumber, heading merupakan judul yang mengawali sebuah pembahasan.

Serupa seperti Ms Word, heading di WordPress juga memiliki fungsi untuk membagi pembahasan menjadi beberapa sub-bab. Adapun, heading 1 (H1) merupakan heading yang paling penting untuk digunakan.

Saat menggunakan WordPress, Anda bisa menemukan opsi heading setelah memilih opsi judul pada text box. Setelah itu, akan tersedia pilihan heading 1 sampai heading 6 yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Perbedaan Wix dan WordPress: Mana yang Lebih Unggul?

Bagaimana Fungsi Heading di WordPress Bisa Pengaruhi SEO?

Berikut adalah bagaimana fungsi heading di WordPress bisa memengaruhi penilaian SEO terhadap artikel yang Anda buat:

1. Struktur Konten yang Terorganisir

Pertama, heading memiliki peranan penting dalam mengatur struktur konten. Lebih lanjut, penggunaan heading dari H1 (heading utama) hingga H6 (heading terkecil) membantu mesin pencari dan pembaca dalam memahami informasi pada konten tersebut.

Adapun, H1 biasanya digunakan untuk judul halaman atau posting, sedangkan H2, H3, dan seterusnya digunakan untuk subjudul dan bagian-bagian penting lainnya.

2. Optimasi Kata Kunci

Selain itu, heading sering digunakan untuk menyoroti kata kunci atau frasa kunci yang relevan dengan konten yang dibuat.  Yang berarti, hal tersebut dapat membantu mesin pencari untuk memahami topik utama konten Anda.

3. Penyajian Konten yang Lebih Mudah Dimengerti

Dengan menggunakan heading yang tepat, pembaca dapat dengan mudah memahami konten yang Anda buat. Di lain sisi, hal tersebut juga bisa memberikan pengalaman yang baik bagi pembaca, sehingga mereka menghabiskan waktu lebih lama di website Anda.

Baca Juga: Apa Itu WordPress Staging? Pengertian dan Cara Menggunakannya

4. Snippet dalam Hasil Pencarian

Mesin pencari sering menggunakan heading untuk membuat snippet (cuplikan) dalam hasil pencarian. Sehingga, judul atau heading Anda dapat memengaruhi seberapa menarik hasil pencarian Anda bagi pengguna.

Jangan Salah! Fungsi Heading di WordPress Bisa Pengaruhi SEO
Jangan Salah! Fungsi Heading di WordPress Bisa Pengaruhi SEO (Sumber: Freepik)

5. Mengurangi Bounce Rate

Dengan memiliki struktur konten yang baik dan penggunaan heading yang tepat, Anda dapat membantu mengurangi bounce rate pada website. Hal ini dikarenakan, pembaca cenderung tinggal lebih lama untuk menjelajahi konten Anda yang terorganisir dengan baik.

6. Meningkatkan Keterbacaan

Lebih lanjut, penggunaan heading yang tepat juga dapat meningkatkan keterbacaan konten. Tentunya, hal ini sangat penting karena mesin pencari seperti Google mengukur kualitas konten Anda berdasarkan tingkat keterbacaan dan kejelasan.

Baca Juga: Baca Juga: 7 Hidden Gems Plugin WordPress yang Perlu Remake

Kesimpulan

Demikian penjelasan singkat mengenai alasan fungsi heading di WordPress bisa memengaruhi SEO. Dengan menyimak penjelasan di atas, Anda bisa memanfaatkan heading untuk membuat struktur konten yang terorganisir, pengoptimalan kata kunci, hingga konten bisa mudah dipahami oleh pembaca.

Budget terbatas, tapi pengen punya website biar bisnis cuan terus? Alan Creative solusinya!

Sebagai software house dan digital agency di Jakarta, Alan Creative menyediakan beragam layanan pembuatan website yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Gak usah khawatir kalau website Anda mengalami kendala! Alan Creative punya jaminan support & maintenance secara berkelanjutan. Tunggu apa lagi? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

fitur klikdokter

7 Fitur Andalan yang Ada di Klikdokter

Hi Alan Lovers, Klikdokter adalah platform kesehatan online terkemuka di Indonesia yang menyediakan berbagai informasi dan layanan kesehatan yang lengkap dan terpercaya. Sebagai salah satu

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative