fbpx

Kelebihan dan Kekurangan Website Builder, Kamu Harus Tahu!

Halo Alan Lovers, apakah kalian tertarik untuk menggunakan website builder? Meskipun tools ini efektif bantu pembuatan website jadi lebih praktis, bukan berarti bisa sembarang digunakan ya. Yuk ketahui kelebihan dan kekurangan website builder supaya lebih memahami penggunaan yang tepat untukmu.

Baca juga: Apa itu Website Builder? Kenali Bedanya dengan CMS!

Apa Saja Kelebihan Website Builder?

Menjadi salah satu tools pilihan untuk bantu pembuatan website jadi lebih praktis, tentunya hal ini disebabkan oleh kelebihan yang dimilikinya. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan website builder yang harus kamu ketahui.

1. Kemudahan Penggunaan

Website builder dirancang dengan antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah digunakan. Ini membuat orang-orang yang tidak memiliki pengetahuan teknis tentang pemrograman atau desain web dapat membuat situs web mereka sendiri dengan mudah.

2. Biaya Rendah

Kelebihan yang kedua adalah penggunaan website builder biasanya lebih murah daripada mempekerjakan seorang desainer web profesional atau mengembangkan situs web dari awal. Beberapa bahkan gratis, meskipun biasanya dengan fitur yang lebih terbatas.

3. Waktu Yang Lebih Cepat

Dengan menggunakan website builder, Kamu dapat membuat situs web Kamu dalam hitungan jam, bahkan menit, tergantung pada tingkat keahlian Kamu. Ini dapat membantu Kamu menghemat waktu dan menyelesaikan proyek Kamu lebih cepat.

4. Template yang Dapat Disesuaikan

Template yang ditawarkan oleh website builder biasanya sudah dibuat dengan baik sehingga Kamu dapat memilih desain yang cocok dengan kebutuhan dan preferensi. Kemudian, template tersebut dapat disesuaikan dengan mudah tanpa perlu memulai dari nol.

5. Mudah Dikelola

Tools ini biasanya menyediakan alat untuk memperbarui dan mengelola situs web Kamu secara mudah. Kamu dapat mengedit, menambahkan, atau menghapus halaman atau konten situs web Kamu dengan mudah.

6. Tidak Perlu Pengetahuan Teknis yang Mendalam

Sebuah keuntungan dari website builder dapat membantu orang yang tidak memiliki pengetahuan teknis tentang pemrograman atau desain web. Untuk membuat situs web, mereka dapat melakukannya sendiri dengan website builder tanpa perlu membayar orang lain untuk melakukannya.

7. Dapat Dibangun Tanpa Menginstal Perangkat Lunak

Kemudian, website builder juga dapat digunakan melalui peramban web tanpa perlu menginstal perangkat lunak tambahan di komputer Kamu. Hal ini akan lebih menghemat space dan juga anti ribet untukmu yang memiliki keterbatasan spesifikasi perangkat.

8. Dapat Diakses dari Mana Saja

Situs web yang dibangun dengan website builder dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet. Kamu tidak perlu khawatir tentang hosting atau server, karena kebanyakan website builder menyediakan hosting gratis.

Apa Saja Kekurangan dari Website Builder?

Meskipun website builder memiliki banyak kelebihan, ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Sebelum memutuskan menggunakan website builder untuk membuat situs web Kamu, yuk ketahui beberapa kekurangannya di bawah ini.

1. Batasan Kustomisasi

Website builder biasanya menyediakan template yang dapat disesuaikan, namun batasannya cukup besar. Kamu mungkin tidak dapat menambahkan atau mengubah beberapa elemen situs web, seperti menu navigasi atau tata letak halaman.

2. Kurang Unik

Karena banyak orang menggunakan website builder yang sama, Kamu mungkin menemukan situs web yang terlihat sama dengan milikmu. Ini dapat mengurangi kemampuan situs web Kamu untuk menonjol di antara pesaing.

3. Terbatasnya Fungsi

Beberapa website builder hanya menyediakan fitur dasar dan mungkin tidak memiliki fungsionalitas yang diperlukan oleh situs web Kamu. Misalnya seperti integrasi dengan platform pihak ketiga atau fitur keamanan tambahan.

4. Ketergantungan pada Platform

Jika Kamu membangun situs web Kamu dengan website builder, Kamu mungkin terbatas pada fitur dan alat yang disediakan oleh platform itu. Jika Kamu memutuskan untuk beralih ke platform lain, Kamu mungkin harus membangun situs web dari awal lagi.

5. Terbatasnya Kendali

Website builder mungkin tidak memberi Kamu kendali penuh atas kode dan struktur situs web Kamu. Ini dapat menjadi masalah jika Kamu ingin mengubah situs web Kamu secara drastis atau melakukan perubahan yang lebih kompleks.

Nah, itulah tadi informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari website builder yang perlu kamu ketahui. Pastikan untuk menyesuaikan kebutuhan dan kemampuanmu sebelum memutuskan untuk merancang pembuatan website.

Ingin hasil yang lebih maksimal? Percayakan saja pada Alan Creative! Kami siap membantu pembuatan website dengan harga relatif terjangkau dan pastinya dikerjakan dengan ahlinya. Kamu bisa langsung menghubungi Alan Creative sekarang juga, konsultasikan kebutuhan layanan bisnismu bersama kami.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative