Pengertian Wireframe, Penting Untuk Website!

Bagikan

Halo Alan Lovers, punya rencana untuk membuat website? Perancangan website tidak hanya tentang konfigurasi, tetapi juga desain atau layout. Yuk ketahui apa pengertian wireframe beserta manfaatnya untuk website dan juga komponen yang ada di dalamnya. Informasi dibawah ini dapat membantu Anda lebih paham mengenai proses desain website.

Website sendiri telah menjadi media informasi dan promosi yang cukup berpengaruh di dunia bisnis saat ini. Pasar bahkan sering menjadikan website sebagai salah satu aspek kredibilitas sebuah perusahaan bisnis. Tidak hanya untuk bisnis, website juga dapat mendukung upaya branding baik untuk kepentingan pribadi, instansi atau lembaga. Untuk itu, perancangan website sangat penting untuk diperhatikan, tak terkecuali tahapan proses desainnya.

Pengertian Wireframe

Wireframe adalah sebuah tahap dalam proses desain user interface (UI) yang menampilkan struktur dan layout dasar sebuah aplikasi atau situs web. Tahap ini biasanya berupa gambar atau skema yang menunjukkan bagaimana elemen-elemen seperti menu, tombol, dan konten akan disusun pada halaman. Teknik wireframe juga dapat mencakup informasi tentang bagaimana sistem navigasi akan bekerja, dan bagaimana interaksi pengguna akan terjadi.

Wireframe biasanya dibuat dengan tujuan untuk memberikan gambaran umum tentang bagaimana sebuah aplikasi atau situs web akan terlihat dan bekerja, sekaligus sebagai acuan bagi para desainer dan pengembang untuk membangun dan mengembangkan produk tersebut. Wireframe seringkali dibuat sebelum tahap desain visual, sehingga memungkinkan para desainer untuk fokus pada struktur dan fungsionalitas dasar aplikasi atau situs web tanpa terlalu terpengaruh oleh desain visual yang akan datang.

Apa Pentingnya Membuat Wireframe?

Membuat wireframe sangat penting karena memberikan gambaran umum tentang bagaimana sebuah aplikasi atau situs web akan terlihat dan bekerja, sekaligus sebagai acuan bagi para desainer dan pengembang untuk membangun dan mengembangkan produk tersebut. Wireframe juga membantu dalam merencanakan struktur dan navigasi dasar aplikasi atau situs web, sehingga memudahkan para desainer dan pengembang untuk fokus pada fitur-fitur yang paling penting.

Baca juga: Bantu Perancangan Website, Ini Dia Cara Membuat Wireframe!

Selain itu, wireframe juga membantu dalam mengidentifikasi dan mengeliminasi masalah-masalah yang mungkin terjadi selama proses pengembangan, sehingga mengurangi waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek. Wireframe juga membantu dalam menyampaikan ide dan visi ke tim dan stakeholder, sehingga memudahkan dalam proses komunikasi dan koordinasi.

Dengan demikian, membuat wireframe merupakan tahap yang penting dalam proses desain user interface (UI) karena membantu dalam merencanakan dan mengembangkan aplikasi atau situs web yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pengguna.

Komponen Wireframe

Ketika membuat wireframe, terdapat beberapa komponen yang perlu diperhatikan Komponen-komponen ini akan mempermudah proses desain website menjadi lebih detail dan sempurna. Berikut ini merupakan komponen-komponen yang biasa terdapat dalam sebuah wireframe adalah:

  1. Layout: Menunjukkan bagaimana elemen-elemen akan disusun pada halaman, termasuk posisi dan ukuran elemen-elemen tersebut.
  2. Navigasi: Menunjukkan bagaimana sistem navigasi akan bekerja, termasuk tombol dan link yang akan digunakan untuk menavigasi ke halaman lain.
  3. Konten: Menunjukkan bagaimana teks, gambar, dan video akan ditampilkan pada halaman.
  4. Interaksi pengguna: Menunjukkan bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan aplikasi atau situs web, termasuk tombol, formulir, dan widget yang akan digunakan.
  5. Responsive design: Menunjukkan bagaimana wireframe akan terlihat pada berbagai ukuran layar, seperti desktop, tablet, dan smartphone.
  6. Anotasi: Menjelaskan kegunaan dan fungsionalitas dari setiap elemen yang terdapat pada wireframe.
  7. Style guide: Menunjukkan pedoman desain yang akan digunakan, termasuk warna, font, dan elemen visual lainnya.
  8. Prototipe: Sebuah versi interaktif dari wireframe yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tes-tes terhadap wireframe dan memberikan masukan.

Nah, itulah tadi informasi mengenai pengertian wireframe yang perlu Anda ketahui. Menggunakan jasa UI designer mungkin dapat menjadi andalan agar wireframe dapat dibuat semaksimal mungkin. Optimalisasi pembuatan wireframe memengaruhi keberhasilan desain website Anda.

Apakah Anda sedang membutuhkan jasa pembuatan website? Tenang, Alan Creative hadir menyediakan berbagai layanan perancangan website guna mendukung perkembangan bisnis Anda. Yuk hubungi Alan Creative sekarang juga, konsultasikan kebutuhan website Anda bersama kami.

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative