fbpx
Website-maintenance

Kenali Website Maintenance, Cara Menjaga Website Tetap Aman

Halo, Alan Lovers! Siapa di sini yang baru saja memiliki website? Pastinya seneng banget dong karena waktu, usaha, dan biaya sudah kalian keluarkan semaksimal mungkin. Tapi, tau gak website yang baru kalian miliki itu baru dimulai perjalanannya?

Website, sama halnya dengan produk lain seperti kendaraan, perlu mendapatkan pemeliharaan atau maintenance. Hah, emang website butuh pemeliharaan ya? Biar paham, yuk simak artikel ini biar kalian mendapatkan jawaban kenapa website butuh maintenance.

Apa Itu Website Maintenance?

Website maintenance dapat mencakup banyak hal, tetapi singkatnya, pemeliharaan website kalian dan platform atau CMS agar tetap berjalan dan dalam kondisi terbaru. Apa saja yang harus dipelihara?

  • Pembaruan CMS:
    • Pembaruan patch keamanan
    • Memperbarui plugin
    • Memperbaiki segala sesuatu yang tidak berfungsi
  • Pengujian cross browser, untuk memastikan website berfungsi di browser yang baru dan diperbarui
  • Kompatibilitas perangkat, untuk memastikan website berfungsi untuk semua perangkat
  • Pembaruan server-side termasuk backup rutin
  • Bug fixing

Layanan website maintenance seringkali termasuk layanan tambahan seperti biaya hosting, desain, pengembangan, atau layanan pemasaran tambahan, dan dukungan di luar jam kerja. Kalian bisa menemukan benefit tersebut di Alan Creative!

Cari semua kebutuhan konten digital hingga teknologi untuk bisnis dan pemerintah hanya di Alan Creative! Termasuk pembuatan website profesional dengan harga terjangkau!

Mengapa Website Maintenance Penting?

Maintenance bulanan yang teratur akan menjaga website kalian tetap up to date dan aman digunakan. Jika tidak dilakukan secara rutin, maka website kalian akan rentan untuk diretas, memiliki bug, dan juga tidak kompatibel dengan browser terbaru.

Security

Alasan pertama untuk melakukan maintenance website adalah untuk keamanan. Hal ini terutama berlaku jika kalian menggunakan platform open source seperti WordPress. Karena platform tersebut sangat banyak digunakan dengan ribuan tema dan plugin, maka rentan terhadap masalah keamanan. Bahkan plugin keamanan yang dedicated pun memerlukan pembaruan rutin untuk tetap aman.

Usability

Usabilitas adalah kekhawatiran besar terutama untuk website yang lebih fungsional. Jika kalian memiliki toko e-commerce, jadwal pemesanan, atau aplikasi web, ada kemungkinan kecil terdapat bug kecil, tautan yang rusak, dan masalah yang muncul dari waktu ke waktu. Ini dapat berdampak pada aksesibilitas juga.

Jika kalian hosting dengan penyedia pemeliharaan website kalian, biasanya mereka juga akan menyediakan pembaruan dan backup sisi server situs kalian untuk perlindungan.

Bagaimana Cara Memilih Jasa Website Maintenace yang Tepat?

Kalian dapat menentukan kebutuhan berdasarkan tingkatan websitekalian. Berikut adalah beberapa panduan umum:

  • Basic website maintenance: Level layanan ini cocok untuk bisnis yang memiliki situs web sederhana berbasis informasi. Jika kalian tidak memerlukan pekerjaan desain, pengembangan, atau pemasaran tambahan dan dapat menunggu hingga jam kerja untuk menangani masalah, ini mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk kalian.
  • Advance website maintenance: Level layanan ini cocok untuk bisnis yang memiliki website atau aplikasi web yang lebih kompleks, dan memerlukan pembaruan, perbaikan bug, dan dukungan yang lebih sering. Jika situs web kalian kritis bagi bisnis dan masalah di situs web dapat menyebabkan kehilangan uang atau pelanggan, level layanan ini mungkin lebih sesuai.
  • Custome web maintenance: Level layanan ini cocok untuk bisnis yang memerlukan pekerjaan desain, pengembangan, atau pemasaran tambahan secara teratur pada situs web mereka. Ini mungkin termasuk SEO, PPC, atau manajemen media sosial yang berkelanjutan. Jika kalian memerlukan dukungan yang lebih khusus, level layanan ini mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk kalian.

Juga penting untuk mempertimbangkan apakah website kalian dibangun di platform open source seperti WordPress, yang mungkin memerlukan pembaruan dan patch keamanan yang lebih sering untuk menjaga keamanannya. Pada akhirnya, layanan pemeliharaan situs web yang tepat akan tergantung pada kebutuhan bisnis dan jenis website kalian.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

AngularJS vs React.js, Pilih Mana?

Halo Alan Lovers, apakah kalian pernah mendengar mengenai framework untuk web development? Jika iya, maka nama AngularJS dan juga React.js sendiri sudah tidak begitu asing.

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative