Halo, Alan Lovers! Pernah merasa konten iklan kamu biasa saja? Datar dan tidak menggugah emosi? Padahal penulisan copy sudah sebaik mungkin dan terbilang efektif, kira-kira ada yang salah tidak ya? Bisa jadi, bukan tampilannya yang salah, tapi pendekatan pesannya yang kurang bagus. Di era digital sekarang pembuat konten termasuk iklan harus mutar otak gimana caranya agar audiens bisa stop scroll dan memperhatikan konten iklan sampai habis. Untuk itu, artikel ini hadir dengan membawa solusi, yakni gunakan 3 formula yang bisa banget bikin iklan kamu tidak biasa!
Berikut 3 formula iklan yang bisa kamu pakai untuk bikin konten yang lebih menarik, menggugah, dan tentu saja lebih convert!

1. Formula PAS (Problem, Agitate, Solution)
Cocok untuk membuat konten yang ingin menarik perhatian audiens, memperdalam rasa urgensi, serta menawarkan solusi dari berbagai permasalahan.
Problem: Temukan masalah apa yang sedang terjadi pada audiens.
Agitate: Coba perbesar masalah itu untuk lebih meyakinkan audiens.
Solutions: Dari masalah-masalah di atas, kasih produk kamu sebagai solusinya.
Contoh: Kesal karena jerawat nggak kunjung hilang meski sudah coba banyak skincare? Masalahnya bukan di produknya, tapi di kandungan yang tidak cocok untuk kulitmu! Coba AcnePro+, diformulasikan khusus untuk kulit sensitif dan terbukti mengurangi jerawat dalam 7 hari.
2. Formula AIDA (Attention, Interest, Desire, Action)
Cocok banget nih buat iklan yang terstruktur untuk memandu audiens dari awal sampai CTA di akhir.
Attention: Mulai dengan hook atau fakta yang mengejutkan.
Interest: Bangun rasa penasaran atau minat.
Desire: Tunjukkan manfaat nyata atau testimoni.
Action: Beri ajakan yang jelas agar audiens melakukan tindakan.
Contoh: 80% pengguna gagal menabung karena salah strategi! Kamu bukan nggak bisa hemat, kamu hanya belum punya cara yang tepat. Gunakan aplikasi SmartSave, bantu kamu atur keuangan & auto sisihkan tabungan tiap hari. Yuk download sekarang, gratis di App Store & Play Store!
3. Formula BAB (Before, After, Bridge)
Cocok buat menunjukkan transformasi produk yang sudah digunakan atau perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah menggunakan produk.
Before: Ceritakan sebelum memakai produk.
After: Beri testimoni setelah memakai produk.
Bridge: Jelaskan bagaimana produkmu menghubungkan keduamya.
Contoh: Sebelum pakai JasaFotoPro, feed Instagram-ku flat dan nggak dilirik brand. Sekarang? Dapat endorse rutin dan followers naik 2x lipat! Kuncinya? Foto produk yang clean, aesthetic, dan konsisten. JasaFotoPro siap bantu kamu tampil maksimal di digital.
Nah, dari penjelasan di atas sekarang kamu sudah tahu kan formula apa saja yang bisa baanget bikin konten atau iklan kamu makin berkembang? Coba terapkan formula ini ya mulai sekarang.
Buat kamu yang sedang melakukan promosi konten, tapi nggak tahu cara berpromosinya gimana. Tenang aja, ada Alan Creative yang bisa banget bantu mengembangkan konten-konten kamu termasuk iklan promosi. Di Alan, ada banyak layanan yang bisa banget kamu coba, di antaranya layanan pembuatan konten, iklan digital, desain visual, hingga strategi marketingnya. Kamu nggak mau kan konten kamu begitu-begitu saja?
Tunggu Apalagi? Yuk, segera hubungi Alan Creative sekarang juga!
Baca juga: Gila! Facebook masih Lebih Laris dari Instagram?!