Halo, Alan Lovers! Kamu suka bingung gak saat buat website enaknya dahulin yang mana, Google Ads atau strategis SEO? Iya, Google Ads adalah program yang disediakan Google untuk membanti websitemu semakin berkembang dan mendapat banyak pengunjung. Sedangkan SEO merupakan strategi yang mengoptimalkan website kamu untuk muncul di mesin pencarian secara organic.
So, saat membuat website, mana sih yang harus kita dahulukan? Buat iklan atau strategi SEO? Kuy, kita bahas bareng-bareng….
Fungsi Google Ads dan Strategi SEO
Saat membuka Google, apa kamu pernah melihat sebuah website yang berlogo ‘disponsori’? Nah, itulah salah satu cara kerja dari layanan Google Ads.
Google Ads dikenal sebagai layanan iklan. Secara sederhananya, layanan ini berfungsi untuk mengiklankan website-mu di berbagai pencarian pengguna Google. Terdapat fitur filter yang akan memberikan kamu kemudahan untuk menjangkau target audiens dari produk atau jasa yang kamu tawarkan. Jasa atau produk kamu akan muncul pada orang-orang yang mungkin pernah mencari atau tertarik dengan hal tersebut.
Bisa dibilang layanan ini memberikan kamu cara cepat untuk mempromosikan webiste, jasa dan produk. Kamu hanya perlu membayar setiap iklan yang klik target audiens. Berbeda dengan layanan Google Ads yang bisa kamu nikmati secara berbayar, strategi SEO bisa kamu lakukan secara gratis.
Strategi SEO adalah cara yang digunakan untuk meningkatkan peringkat website secara organik di mesin pencarian Google. Selain itu, fungsi strategi SEO yaitu untuk meningkatkan visibilitas website secara organik.
Baca juga: SEO Off Page vs SEO On Page, Penting Mana?
Mana yang sebaiknya didahulukan?
Untuk mengetahui mana yang lebih efektif, penting bagi kamu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan keduanya terlebih dahulu.
1. Google Ads
- Kelebihan: mendapatkan hasil yang cepat dengan target audiens yang sesuai. Kamu juga bisa mengatur anggaran dana sesuai dengan keuanganmu.
- Kekurangan: layanan berbayar dan website muncul dengan lebel ‘sponsor’ secara tidak organik, sehingga mengurangi kridibelitas pembaca pada website-mu.
2. Strategi SEO
- Kelebihan: biaya murah, meningkatkan kredilitas pembaca pada websitemu, serta memiliki hasil jangka yang panjang.
- Kekurangan: hasil yang didapat lama, harus terus mengikuti algoritma mesin pencarian Google, persaingan yang kompetitif.
Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan antara keduanya, kamu bisa menentukan mana hal yang harus didahulukan, sesuai dengan tujuan bisnis, anggaran, dan hasil seperti apa yang ingin kamu dapatkan.
Btw, buat kamu yang ingin menambah wawasan baru seputar media sosial hingga digital marketing, kamu bisa banget mampir di website Alan Creative. Di website ini kamu akan menemukan banyak artikel informatif yang dapat membantumu dalam menambah wawasan. So, stay tuned terus ya…