Halo, Alan Lovers! Pernah gak kamu liat artis menggunakan pakaian nyeleneh, tapi gak lama berikutnya orang lain mulai menggunakan pakaian itu, lalu lama kelamaan kamu menganggap pakaian itu tidak lagi nyeleneh. Nah, ini merupakan fenomena dari sosial proof. Social proof ternyata juga bisa terjadi di media sosial dan sangat berdampak untuk bisnis onlinemu, sehingga menjadi salah satu strategi marekting yang penting untuk bisnis.
Mengapa seberapa penting sih social proof di media sosial untuk bisnis? Kuy, kita bahas bersama.
Pengertian social proof
Social proof merupakan fenomena dimana tindakan sosial yang dilakukan satu atau dua orang dapat mempengaruhi tindakan orang lain yang melihat atau mendengarnya.
Fenomena psikologi semacam ini terjadi lantaran sifat alami manusia yang ingin merasa nyaman dan aman, dengan mengikuti kebiasaan banyak orang serta menganggap apa yang dilakukan banyak orang adalah tindakan benar, mereka akan memperoleh perasaan nyaman dan aman tersebut.
Social proof di media sosial biasanya digunakan para pembisnis dengan bantuan influence, tokoh terkenal dan lainnya, untuk memperkenalkan, membujuk dan bahkan mendorong konsumennya untuk membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan. Dari semua kegiatan inilah diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan hingga penjualan produk.
Mengapa social proof di media sosial penting?
Dilansir dari influencer.id, berikut beberapa alasan social proof di media sosial penting untuk kamu maksimalkan dampak social proof di media sosial sebagai strategi untuk berbisnis secara online.
1. Meningkatakan kepercayaan konsumen
Pernah lihat influencer Tasya Farasya yang memiliki banyak followers di media sosial, mereview croissant yang dijual di sebuah toko roti lokal? Setelah ulasannya viral, croissant tersebut langsung laris manis hingga antrean pembeli membludak. Ini adalah contoh nyata sosial proof di media sosial maka kamu dapat meningkatkan kepercayaan konsumen pada produkmu.
Konsumen yang sebelumnya ragu untuk membeli atau bahkan tidak tertarik jadi penasaran dan ikut membeli karena banyak orang yang membelinya.
2. Memperkuat brand awareness
Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa perusahan seperti Appel sangat aktif untuk mensponsori film atau series tv dengan imbalan menampilkan scena produk mereka di acara tersebut?
Yap, hal ini merupakan salah satu strategi sosial proof yaitu brand awareness. Semakin sering audiens melihat brand tersebut semakin mereka sadar dan bahkan tertarik pada produk tersebut yang dianggap merupakan standar elektronik yang dimiliki semua orang.
3. Meningkatkan penjualan
Penggunan strategi social proof yang tepat akan membantu meningkatkan penjualan produkmu, baik secara online maupun offline. Semakin banyak orang yabg terus menggunakan produkmu, maka akan semakin banyak orang yang ingin membeli produkmu.
So, itulah alasan mengapa social proof di media sosial penting untuk kamu maksimalkan. Gimana, tertarik untuk mencobanya?
Btw, kamu bingung mau buat konten di media sosial? Tenang, sekarang kamu gak perlu bingung lagi! Alan Creative siap membantu kamu menciptakan konten yang menarik, kreatif, dan pastinya berkualitas. Gak cuma itu, kami juga bakal bantu kamu meningkatkan engagement dan followers dengan strategi terbaik. Yuk, wujudkan impianmu bersama Alan Creative! Hubungi kami sekarang dan lihat perbedaannya!