fbpx
Strategi Social Media Marketing

Social Media Marketing, Bantu Tingkatkan Brand Awareness UMKM

Halo Alan Lovers, tahukah kalian bahwa social media marketing bisa bantu tingkatkan brand awareness UMKM? Salah satu strategi marketing digital ini telah banyak diterapkan oleh pebisnis, termasuk UMKM. Guna mengoptimalkan manfaatnya, yuk ketahui strategi social media marketing untuk UMKM di artikel ini.

Social media sendiri merupakan salah satu platform yang paling populer digunakan oleh setiap orang. Bahkan, satu orang bisa memiliki beberapa akun dalam satu jenis social media yang sama. Hal inilah yang membuat social media menjadi strategi marketing yang cocok dan ampuh untuk bisnis, termasuk UMKM.

Apa Itu Brand Awareness?

Brand Awareness adalah tingkat kesadaran atau pemahaman seseorang terhadap merek tertentu. Ini mengukur seberapa sering orang mengenali dan mengingat merek tersebut dan apakah merek tersebut memiliki citra positif atau negatif dalam pikiran mereka.

Menciptakan dan meningkatkan brand awareness merupakan tujuan utama dari banyak aktivitas pemasaran dan komunikasi. Brand yang memiliki tingkat kesadaran yang tinggi akan lebih mudah dikenali dan diingat oleh konsumen, sehingga memperkuat posisi mereka dalam pasar dan membantu meningkatkan daya tarik mereka terhadap pelanggan potensial.

Apakah Brand Awareness Bisa Meningkatkan Penjualan?

Brand Awareness bisa memainkan peran penting dalam meningkatkan penjualan. Dengan menciptakan kesadaran merek yang kuat dan positif, perusahaan dapat membangun citra merek yang menarik bagi pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan dan mempermudah upaya pemasaran dan penjualan.

Konsumen yang lebih sadar akan merek akan lebih cenderung mempertimbangkan merek tersebut ketika membuat keputusan pembelian dan lebih mungkin memilih merek tersebut daripada merek lain. Jika merek memiliki citra yang baik dalam pikiran konsumen, mereka juga lebih mungkin untuk merekomendasikan merek tersebut ke orang lain, yang dapat membantu meningkatkan penjualan.

Dengan demikian, membangun dan meningkatkan brand awareness dapat membantu memperkuat posisi perusahaan dalam pasar dan meningkatkan penjualan jangka panjang. Namun, harus diingat bahwa brand awareness hanya merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penjualan dan harus dikombinasikan dengan aktivitas pemasaran dan penjualan lainnya untuk memperoleh hasil yang optimal.

Strategi Social Media Marketing untuk Tingkatkan Brand Awareness

Berikut adalah beberapa strategi social media marketing yang dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness.

1. Menentukan Media Sosial yang Tepat

Pilih platform media sosial yang sesuai dengan target audiens Anda dan fokuskan upaya Anda di sana. Misalkan ketika menyasar kaum muda yang update informasi viral, maka TikTok dan Twitter bisa menjadi social media yang tepat untuk digunakan.

2. Membuat Konten yang Berkualitas

Buat konten yang menarik dan berkualitas tinggi yang akan membantu meningkatkan kesadaran merek. Nantinya, hal ini dapat membangun citra positif.

3. Melibatkan Audiens

Terlibat dengan audiens melalui komentar, tanya jawab, dan aktivitas lainnya untuk membangun hubungan dengan mereka. Dengan keterlibatan ini, social media mampu membantu memperkuat kesadaran merek.

4. Menjalankan Kampanye Iklan

Gunakan iklan pemasaran sosial untuk mempromosikan merek dan menjangkau audiens baru. Kamu dapat menggunakan layanan profesional untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Bekerjasama dengan Influencer

Bekerjasama dengan influencer untuk mempromosikan merek dan meningkatkan kesadaran merek melalui mereka.

6. Menjalankan Giveaway

Menjalankan giveaway untuk meningkatkan interaksi dan memotivasi audiens untuk berbicara tentang merek. Pertimbangkan pengeluaran untuk strategi ini dan pastikan tidak menimbulkan kerugian bisnis.

7. Merencanakan dan Mengevaluasi

Rencanakan aktivitas pemasaran sosial secara teratur dan evaluasi hasilnya untuk memastikan bahwa merek memperoleh manfaat optimal dari upaya pemasaran sosial.

Dengan menerapkan strategi-strategi ini, perusahaan dapat meningkatkan kesadaran merek dan membangun citra positif bagi merek melalui media sosial. Namun, harus diingat bahwa sukses dalam pemasaran sosial membutuhkan komitmen dan investasi yang konsisten dalam waktu yang panjang.

Butuh bantuan untuk membuat konten media sosial berkualitas dan promosi efektif? Yuk gunakan jasa layanan media sosial dari Alan Creative. Semuanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan, target dan budget kalian. Ingin tahu informasi lebih lanjut? Hubungi Alan Creative sekarang juga!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

express js middleware

Mengenal Middleware di Express js

Hi Alan Lovers, jika kamu adalah seorang pengembang web, pasti sudah familiar dengan framework Express js. Framework ini memudahkan pengembangan aplikasi web dengan menggunakan bahasa

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative