Halo Alan Lovers, pernah coba melakukan servis website? Tidak hanya kendaraan saja nih, website juga perlu pemeriksaan untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan performa. Nah, aktivitas servis website ini dikenal dengan istilah audit website. Jika performa website optimal, tentunya traffic dan conversion rate tinggi dapat diwujudkan dengan mudah. Yuk ketahui apa itu audit website dan cara melakukannya melalui informasi di artikel ini.
Era perkembangan teknologi saat ini memang banyak mendatangkan perubahan, terutama pada akses informasi dan sarana promosi bisnis. Dalam dunia bisnis, website tidak lagi sekedar untuk menyampaikan informasi tetapi juga media promosi efektif. Kredibilitas sebuah usaha pun dapat dinilai dari bagaimana website yang dimiliki berkembang dalam menyuguhkan konten. Oleh karena itu, penting untuk Anda memberikan upaya optimal pada website bisnis agar mendapatkan keuntungan maksimal.
Apa Itu Audit Website?
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan performa dari sebuah website, salah satunya adalah audit website. Istilah ini digunakan untuk mencangkup aktivitas memeriksa dan memperbaiki berbagai aspek website secara menyeluruh. Beberapa fokus penting dari audit website sendiri adalah user experience, SEO dan juga teknis operasionalnya. Secara sederhana, audit website dapat dikatakan sebagai upaya servis yang dilakukan terhadap suatu website.
5 Langkah Mudah Melakukan Audit Website
Setelah memahami apa itu audit website beserta manfaatnya, lalu bagaimana cara melakukannya? Pemeriksaan pada suatu website perlu dilakukan secara menyeluruh agar hasil analisis dan perbaikan dapat optimal. Berikut ini merupakan beberapa langkah mudah melakukan audit website yang dapat Anda coba.
1 . Cek Desain
“Cover is Identity”, istilah tersebut menunjukkan betapa pentingnya visual untuk mendongkrak kesuksesan pembangunan website. Hal ini yang membuat visual dari sebuah website bersifat krusial dan perlu perhatian khusus. Siapa yang akan suka jika melihat tampilan website jadul tahun 90-an di tengah modernisasi saat ini? Untuk itu, cara melakukan audit website yang pertama adalah cek desain.
Apa yang perlu di cek? Tidak hanya membuat website sedap dipandang, terdapat beberapa aspek lain yang perlu diperhatikan. Anda dapat mencoba melakukan pengecekan melalui beberapa hal di bawah ini.
- Pop-up Iklan, apakah mengganggu informasi konten? Apabila iklan membuat pengunjung tidak nyaman, maka dapat menyebabkan conversion rate turun.
- Penyusunan Konten, bagaimana cara Anda memilih font? Hal ini dapat berpengaruh pada tingkat kenyamanan baca pengunjung, ditambah lagi dengan ukuran teks kemudian kepadatan kalimat.
- Call to Action, buat sealami mungkin. Hindari penggunaan CTA yang membingungkan seperti mengajak membeli dan mengikuti secara bersamaan.
2. Cek Navigasi
Tidak semua pengunjung punya banyak waktu untuk menelusuri setiap menu yang ada dalam website. Untuk itu, Anda perlu memeriksa apakah navigasi website berjalan dengan baik atau tidak. Ini akan mempermudah pengunjung untuk menuju konten atau menu yang diinginkan hanya dengan klik tombol navigasi. Pastikan juga navigasi website menawarkan kemudahan dan mengarah ke halaman yang tepat.
3. Mobile Friendly
Saat ini, website lebih sering diakses menggunakan ponsel. Hal ini yang menyebabkan website harus dibuat mobile friendly, mulai dari akses fitur hingga visual yang sama menariknya dengan mode desktop. Pemeriksaan ini akan membantu Anda untuk meningkatkan kepuasan pengunjung dan memperbesar minat traffic.
4. Kecepatan Website
Konten sudah oke, visual sempurna, tapi website lemot? Pengunjung yang ingin mengakses informasi website pastinya sudah lebih dulu malas dengan proses loading yang memakan waktu. Bahkan dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa pengunjung akan memilih untuk meninggalkan website ketika tidak terbuka dalam tiga detik. Anda dapat melakukan pengecekan menggunakan tools dan lakukan optimasi untuk mencapai nilai di atas 90.
5. Keyword dan Deskripsi Meta
Ingin website masuk ke dalam pemeringkatan mesin pencari? Hal ini dapat terjadi apabila konten website Anda sudah menggunakan keyword dan deskripsi meta yang tepat. Mesin pencari seperti Google melakukan indeks sesuai dengan kedua aspek tersebut, sehingga ini dapat menjadi kunci pembacaan terbaik untuk konten website. Coba lihat, apakah keyword dan deskripsi meta website Anda sudah ada di setiap konten? Segera lakukan optimasi apabila masih ditemukan kekurangan.
Itulah tadi beberapa cara melakukan audit website yang dapat Anda coba. Untuk mengoptimalkan pemeriksaan, Anda dapat menggunakan berbagai macam tools pembantu. Kesulitan mengatasi permasalahan website? Tenang, saat ini jasa profesional sudah banyak yang memudahkan Anda melakukan optimasi website dengan mudah dan cepat.
Butuh website bisnis yang berkualitas? Yuk percayakan saja pada layanan jasa pembuatan website dari Alan Creative. Selain itu, kami juga menyediakan berbagai layanan menarik untuk mengembangkan bisnis seperti pembuatan artikel SEO dan social media marketing. Tenang, semua dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang ramah di kantong loh. Hubungi Alan Creative sekarang juga, konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama kami.