fbpx
Mengenal Apa Itu Django, Framework Python Yang Populer

Mengenal Apa Itu Django, Framework Python Yang Populer

Halo, Alan Lovers! Kamu tau gak salah satu web framework populer yang ditulis menggunakan Python adalah Django?

Django merupakan sebuah framework yang sifatnya open source yang memiliki fitur untuk dapat membantu kamu membangun sebuah aplikasi web yang kompleks.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam lagi apa itu Django dan alasan untuk mempelajari dan menggunakannya.

Apa Itu Django?

Django adalah sebuah framework web yang digunakan untuk membangun aplikasi backend dengan menggunakan bahasa pemrograman Python.

Django memiliki konsep Model-View-Template (MVT) yang memisahkan antara logika bisnis, tampilan, dan database sehingga memudahkan pengembangan aplikasi secara terstruktur.

Dalam backend, Django dapat digunakan untuk membangun aplikasi web yang kompleks dan skala besar dengan fitur-fitur seperti autentikasi, authorization, session management, ORM (Object Relational Mapping), dan masih banyak lagi.

Django juga menyediakan berbagai fitur built-in yang membantu dalam pengembangan web, seperti admin interface, form handling, dan routing.

Django dapat diintegrasikan dengan berbagai database, seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite, dan Oracle. Selain itu, Django juga memiliki dukungan untuk berbagai layanan cloud, seperti Amazon Web Services, Google Cloud Platform, dan Microsoft Azure.

Dengan fitur-fitur yang dimilikinya, Django menjadi salah satu pilihan populer dalam pengembangan backend web dengan Python.

Alasan Menggunakan Django

Open Source

Django adalah kerangka kerja sumber terbuka berbasis Python yang terkenal dan memiliki komunitas pengguna dan pendukung yang besar.

Selain itu, terdapat email grup, sumber daya online, kanal Slack (untuk diskusi), pertemuan, lokakarya gratis, dan sebagainya.

Oleh karena itu, Django memudahkan pengembangan perangkat lunak yang lancar dan mudah.

Cross-Platform

Tidak peduli apakah proyek kamu adalah aplikasi seluler atau aplikasi web, Django cocok dengan siklus pengembangan perangkat lunak.

Kamu dapat membangun aplikasi web/seluler sederhana dan kompleks. Karena berfungsi dengan baik dengan database utama, kamu dapat menggunakan sistem database yang lebih sesuai untuk proyekmu.

Hal ini juga memungkinkan kamu menggunakan beberapa database secara bersamaan karena dilengkapi dengan ORM.

Scalable and Reliable

Karena Django populer dan sangat baik dipelihara, penyedia layanan cloud mencari cara untuk menawarkan dukungan untuk menjalankan aplikasi Django dengan lancar di platform cloud.

Sebagai hasilnya, pengembang yang diotorisasi dapat mengelola aplikasi dalam lingkungan cloud dengan satu perintah.

Prinsip DRY

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Django didasarkan pada prinsip DRY yang memungkinkan kamu menggunakan kode yang sudah ada dan fokus pada yang baru.

Oleh karena itu, kamu akan mengembangkan aplikasi dengan kecepatan yang lebih tinggi dan mengurangi kesulitan dari proses pengembangan yang sebenarnya.

Sebagai hasilnya, memungkinkan kamu fokus pada aplikasi dan memberikannya secepat mungkin tanpa mengundang kerentanan keamanan.

Keamanan & Extensibility

Django menjamin keamanan yang sangat baik dan dilengkapi dengan salah satu sistem keamanan terbaik langsung dari kotak.

Oleh karena itu, memungkinkan kamu menghindari masalah keamanan umum seperti scripting lintas situs, injeksi SQL, dan clickjacking.

Keuntungan utama lain dari Django adalah extensibility dan menyediakan semua opsi yang diperlukan untuk memperluas fiturnya.

Kesimpulan

Itu dia penjelasan mengenai apa itu Django dan alasan kenapa kamu harus menggunakannya.

Kamu tertarik untuk mengembangkan website tapi bingung gimana caranya? Jangan khawatir, Alan Creative hadir untuk membantu menyelesaikan masalah kamu. Kami menyediakan layanan pembuatan website dengan profesional. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan penawaran terbaik!

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

Apa Itu Node.js Framework?

Halo, Alan Lovers! Siapa di sini yang lagi belajar atau beresin project mengembangkan aplikasi web? Perlu kamu tau, bahwa sekarang ini ada berbagai platform yang

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative