fbpx

Mengenal 5 Formula Copywriting Paling Sering Digunakan

Halo Alan Lovers, tahu nggak sih kalau copywriting ternyata punya formula? Beberapa aspek yang menjadikan tulisan menarik dan menjual, inilah yang harus diperhatikan oleh seorang copywriter. Dengan menggunakan formula yang tepat, maka semakin besar potensi tercapainya tujuan bisnis. Yuk ketahui lebih lanjut mengenai formula copywriting lewat artikel yang satu ini.

Baca juga: Content Writing vs Copywriting, Sudah Tahu Bedanya?

5 Formula Copywriting Paling Sering Digunakan

Saat menulis, terdapat beberapa bagian yang perlu untuk dimasukkan agar pesannya lebih tersampaikan. Nah, dalam copywriting sendiri terdapat beberapa formula yang biasanya berisi struktur makna. Berikut ini merupakan 5 formula copywriting yang paling sering digunakan.

1. AIDA

Formula copywriting AIDA adalah singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Formula yang satu ini merupakan yang paling populer digunakan dan terbukti efektif. Berikut ini merupakan penjelasan singkat tentang setiap tahap dari AIDA.

  • Attention (Perhatian): Tahap pertama adalah menarik perhatian pembaca dengan membuat judul atau headline yang menarik dan kreatif.
  • Interest (Minat): Setelah berhasil menarik perhatian, tahap berikutnya adalah membangkitkan minat pembaca dengan memberikan informasi yang relevan dan menarik tentang produk atau layanan yang ditawarkan.
  • Desire (Keinginan): Setelah berhasil menarik perhatian dan membangkitkan minat, tahap selanjutnya adalah membangkitkan keinginan untuk memiliki atau menggunakan produk atau layanan tersebut dengan menyoroti manfaat atau keuntungan yang diperoleh.
  • Action (Tindakan): Tahap terakhir adalah mendorong pembaca untuk mengambil tindakan dengan menawarkan panggilan tindakan atau “call to action” yang jelas dan tegas.

Baca juga: Manfaat Content Writing untuk Bisnis

2. BAB

Merupakan singkatan dari Before, After dan Bridge. Formula ini membantu penulis untuk memahami tujuan dan kebutuhan audiens mereka, dan untuk menghubungkan produk atau layanan yang mereka tawarkan dengan masalah yang ingin diatasi oleh audiens. Ini dia penjelasan singkat tiap tahapnya.

  • Before (Sebelum): Tahap pertama adalah memahami situasi atau masalah yang dihadapi oleh audiens sebelum mereka menggunakan produk atau layanan Anda. Penulis perlu memahami tantangan dan masalah yang dihadapi audiens, serta dampak negatif yang dirasakan sebelum mereka menggunakan produk atau layanan.
  • After (Setelah): Tahap berikutnya adalah memvisualisasikan hasil atau manfaat yang diperoleh oleh audiens setelah menggunakan produk atau layanan Anda. Penulis perlu menggambarkan dampak positif yang dirasakan oleh audiens setelah mengatasi masalah mereka.
  • Bridge (Jembatan): Tahap terakhir adalah menghubungkan antara situasi sebelum dan setelah dengan produk atau layanan Anda, sehingga audiens dapat melihat bagaimana produk atau layanan Anda dapat membantu mereka memperoleh hasil yang diinginkan. Penulis perlu menunjukkan bagaimana produk atau layanan mereka dapat mengatasi masalah yang dihadapi oleh audiens dan membantu mereka memperoleh manfaat yang diinginkan.

3. PAS

Formula PAS adalah singkatan dari Problem, Agitate dan Solve. Berikut ini merupakan sedikit penjelasan mengenai ketiga tahapan formula PAS.

  • Problem (Masalah): Tahap pertama adalah mengidentifikasi masalah atau kebutuhan yang ingin diatasi oleh audiens. Penulis perlu memahami masalah atau tantangan yang dihadapi oleh audiens, serta dampak negatif yang mungkin timbul akibat masalah tersebut.
  • Agitate (Mengejutkan): Setelah berhasil mengidentifikasi masalah, tahap berikutnya adalah memperkuat rasa frustrasi atau ketidakpuasan yang mungkin dirasakan oleh audiens. Penulis perlu menyoroti rasa frustrasi atau ketidakpuasan yang dirasakan oleh audiens terkait dengan masalah tersebut.
  • Solve (Solusi): Tahap terakhir adalah menawarkan solusi untuk mengatasi masalah atau kebutuhan audiens. Penulis perlu menjelaskan bagaimana produk atau layanan mereka dapat membantu audiens mengatasi masalah yang dihadapi dan memperoleh manfaat yang diinginkan.

4. FAB

Merupakan singkatan dari Features, Advantages dan Benefits. Formula ini membantu penulis untuk menjelaskan fitur produk atau layanan mereka, menyoroti keuntungan atau manfaat yang diperoleh dari fitur-fitur tersebut, dan membangun hubungan emosional dengan audiens melalui manfaat yang relevan. Berikut ini merupakan penjelasan singkat tentang setiap tahapnya.

  • Features (Fitur): Tahap pertama adalah menjelaskan fitur produk atau layanan. Penulis perlu menjelaskan detail teknis tentang produk atau layanan mereka, seperti spesifikasi, bahan, atau fungsi.
  • Advantages (Keuntungan): Setelah berhasil menjelaskan fitur produk atau layanan, tahap berikutnya adalah menyoroti keuntungan atau manfaat yang diperoleh dari fitur-fitur tersebut. Penulis perlu menjelaskan bagaimana fitur produk atau layanan mereka dapat membantu audiens memecahkan masalah atau memperoleh manfaat yang diinginkan.
  • Benefits (Manfaat): Tahap terakhir adalah membangun hubungan emosional dengan audiens melalui manfaat yang relevan. Penulis perlu menjelaskan bagaimana produk atau layanan mereka dapat meningkatkan kualitas hidup audiens dan membantu mereka mencapai tujuan atau aspirasi yang diinginkan.

Baca juga: 7 Tips Optimasi Konten untuk Tingkatkan Traffic

5. ACCA

Formula ACCA adalah singkatan dari Attention, Comprehension, Conviction dan Action. Kamu dapat memperhatikan sedikit penjelasan tahap formula ACCA di bawah ini sebelum menggunakannya.

  • Attention (Perhatian): Tahap pertama adalah menarik perhatian audiens dengan judul atau pengantar yang menarik dan menarik minat. Penulis perlu menarik perhatian audiens dengan menyoroti masalah yang relevan atau menunjukkan manfaat yang menarik dari produk atau layanan mereka.
  • Comprehension (Pemahaman): Setelah berhasil menarik perhatian audiens, tahap berikutnya adalah membuat mereka memahami pesan yang ingin disampaikan. Penulis perlu menjelaskan produk atau layanan mereka dengan cara yang mudah dipahami oleh audiens.
  • Conviction (Keyakinan): Tahap berikutnya adalah meyakinkan audiens untuk mempercayai produk atau layanan yang ditawarkan. Penulis perlu menjelaskan manfaat produk atau layanan mereka dan memberikan bukti atau testimoni yang relevan untuk mendukung klaim mereka.
  • Action (Tindakan): Tahap terakhir adalah meminta tindakan dari audiens. Penulis perlu mengajak audiens untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau layanan, mendaftar ke newsletter, atau menghubungi tim penjualan.

Nah, itulah tadi informasi mengenai beberapa formula copywriting yang biasa digunakan. Jangan ragu untuk menggunakan bantuan tools agar mendapatkan hasil tulisan yang lebih baik.

Baca juga: Rekomendasi Tools SEO untuk Pemeringkatan Konten

Ingin copywriting terbaik untuk bisnismu? Yuk gunakan layanan copywriting dan artikel SEO dari Alan Creative. Tenang, semua layanan kami dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget kok. Kalau ingin tahu informasi lebih lengkap, hubungi Alan Creative sekarang juga.

Sebarkan konten ini jika bermanfaat:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PORTOFOLIO KAMI:

PRODUK ALAN:

Media Sosial kami:

ARTIKEL POPULER!

Dapatkan info terbaru!

Dapatkan artikel & info terbaru!

Tidak ada spam, hanya artikel dan info terbaru!

KATEGORI ARTIKEL

Banyak artikel lain disini!

Baca artikel lainnya...

perang uhud

Perang Uhud: Sejarah dan Pelajaran

Perang Uhud adalah salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam. Perang ini terjadi pada tahun ketiga Hijriah, di mana pasukan Muslim yang dipimpin oleh Nabi

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative