Mengetahui Jenis-Jenis Control Panel Hosting

Bagikan

Control panel hosting memudahkan Anda untuk mengelola database dan website jadi lebih praktis. Apabila mengelola secara manual, tentunya membutuhkan lebih banyak tenaga dan pikiran. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui jenis-jenis control panel hosting sebagai bahan pertimbangan.

Baca juga: Bantu Buat Database, Apa Itu Control Panel Hosting?

Apa Saja Jenis-Jenis Control Panel Hosting?

Ada beberapa jenis control panel hosting yang umum digunakan, diantaranya:

1. cPanel

Merupakan salah satu control panel hosting terpopuler yang banyak digunakan oleh provider hosting. cPanel menyediakan interface yang user-friendly dan memudahkan para pengguna untuk mengelola hosting, termasuk mengelola domain, file, database, dan aplikasi.

2. Plesk

Merupakan control panel hosting yang juga populer dan banyak digunakan oleh provider hosting. Selain menyediakan fitur-fitur yang sama dengan cPanel, Plesk juga menyediakan fitur untuk mengelola server virtual private (VPS) dan dedicated server.

3. DirectAdmin

Merupakan control panel hosting yang memiliki interface yang sederhana dan mudah digunakan. DirectAdmin juga menyediakan fitur-fitur yang sama dengan cPanel dan Plesk, termasuk mengelola domain, file, database, dan aplikasi.

4. Webmin

Merupakan control panel hosting yang berbasis web dan ditujukan untuk para pengguna yang memiliki pengetahuan tentang server dan sistem administrasi. Webmin menyediakan fitur-fitur untuk mengelola server, termasuk mengelola user, file system, dan aplikasi.

5. ISPConfig

Merupakan control panel hosting yang open source dan bisa digunakan secara gratis. ISPConfig menyediakan fitur-fitur yang sama dengan cPanel, Plesk, dan DirectAdmin, termasuk mengelola domain, file, database, dan aplikasi.

Baca juga: Yuk Ketahui Tips Memilih Control Panel Hosting yang Tepat

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Control Panel Hosting

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih control panel hosting:

1. Kebutuhan dan Kemampuan Pengguna

Pertimbangkan kebutuhan dan kemampuan Anda dalam mengelola hosting. Jika Anda seorang pemula, maka control panel yang lebih user-friendly seperti cPanel atau Plesk mungkin lebih cocok untuk Anda. Namun, jika Anda memiliki pengetahuan yang lebih mendalam tentang server dan sistem administrasi, maka Anda mungkin lebih cocok menggunakan control panel seperti Webmin atau ISPConfig.

2. Fitur yang Ditawarkan

Pastikan control panel yang dipilih menawarkan fitur-fitur yang Anda butuhkan untuk mengelola hosting Anda. Misalnya, jika Anda memerlukan fitur untuk mengelola server VPS atau dedicated server, maka pilihlah control panel yang menyediakan fitur tersebut, seperti Plesk.

3. Harga

Pertimbangkan juga harga control panel yang dipilih. Biasanya, control panel yang lebih canggih dan memiliki fitur yang lebih banyak akan lebih mahal harganya.

4. Dukungan Teknis

Pastikan control panel yang dipilih memiliki dukungan teknis yang baik, sehingga Anda bisa mendapatkan bantuan jika mengalami kesulitan dalam mengelola hosting.

5. Kompatibilitas dengan Sistem Operasi dan Server

Pastikan control panel yang dipilih kompatibel dengan sistem operasi dan server yang Anda gunakan. Apabila tidak kompatibel, tentunya tidak dapat berjalan secara optimal.

Nah, itulah informasi mengenai jenis-jenis control panel hosting yang perlu Anda ketahui. Sebelum memilih salah satu jenis control panel hosting, pastikan Anda telah menyesuaikan kebutuhan dengan budget yang disiapkan. Apabila merasa ragu menggunakan control panel hosting, konsultasikan dengan jasa ahli profesional.

Membutuhkan jasa pembuatan website untuk bisnis Anda? Semua dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, mulai dari fitur, visual hingga budget sekali pun. Yuk hubungi Alan Creative sekarang juga, konsultasikan kebutuhan website Anda bersama kami.

id_IDID

Konsultasi aja dulu. Gratis!

Hubungi kami untuk mendapatkan proposal penawaran jika project brief/requirement (dokumen proyek) sudah ada dan lengkap.
Konsultasi yuk ->
Butuh konsultasi?
Hai,

Alan Creative disini, kami berharap anda tersenyum dan bahagia hari ini. Ada yang dapat kami bantu? Jika iya, jangan sungkan menghubungi kami.

Salam hangat,
Alan Creative